Pengertian, Tujuan dan Ruang Lingkup Diplomasi

Posted on

Pengertian, Tujuan dan Ruang Lingkup Diplomasi – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Diplomasi, sering mendengar kata ini. Dan Apa sebetulnya Diplomasi itu. Untuk menjawab rasa penasaran dari pertanyaan tersebut, silahkan simak materi berikut ini :

Pengertian Diplomasi

Diplomasi merupakan caa beroganisasi untuk dapat mencapai tujuan yang dilakuka oleh seorng diplomat, yang menjadi wakil dari suatu negara atau suatu organisasi. Atau dalam ati lain diplomasi ialah cara menyampaikan suatu pesan yang mempunyai tujuan tertentu dengan mengirimkan pembicara dalam suatu perundingan khusus. Kata diplomasi biasanya selalu berkaitan dengan hubungan ekonomi, perdagangan, perdamaian, budaya dan lain sebagainya. Diplomasi menjadi sangat penting bagi suatu negara untuk melakukan hubungan internasional, salah satunya untuk mengurangi atau mencegah akan terjadinya konflik internasional.

Pengertian, Tujuan dan Ruang Lingkup Diplomasi

Salah satu hubungan diplomasi yang terkenal ialah diplomasi hubungan bilateral antar dua negara dan umumnya dilakukan oleh kedutaan besar suatu negara dengan melakukan kunjungan negara. Selanjutnya diplomasi multiteral yang melibatkan lebih dari dua pihak dan umumnya selalu mengadakan suatu perkumpulan atau kongres untuk bisa menemukan kesepakan bersama. Diplomasi menjadi sesuatu yang penting untuk negara dan menjadi sarana untuk bisa menangani masalah internasional, diplomasi bisa juga dikatakan sebagai usaha salingmempengaruhi yang sifatnya luas dan tentunya sangat sulit atau rumit dalam berbagai kegiatan internasioanl yang dilakukan oleh pemerintahan suatu negara.

Tujuan Diplomasi

Diplomasi memiliki Tujuan, dan berikut ini beberapa tujuan negara / organisasi melakukan Diplomasi, yang diantara lain :

  • Untuk melindungi serta mensejahterakan rakyat, terutama rakyat yang sedang berada di luar negeri sehingga keamanannya dapat terjamin.
  • Untuk menjaga kepentingan negara agar tidak dirugikan dalam politik luar negeri, Contohnya seperti mencegah terjadinya konflik internasional yang akan berpotensi merugikan negara sendiri.
  • Untuk memberikan informasi yang bermanfaat dan berguna bagi dunia internasional.
  • Untuk menjaga serta menyelenggarakan hubungan yang baik antar negara atau organisasi lainnya.
  • Untuk menunjukan eksistensi bangsa dan negara di kancah internasional.
  • Dalam tujuan ekonomi yang akan dicapai oleh suatu negara.

Ruang Lingkup Diplomasi

Diplomasi tentu tidak dapat begitu saja dipisahkan dari politik luar negeri, keduanya saling berpengaruh dalam menetapkan strategi dalam bernegosiasi. Diplomasi adalah cara-cara yang digunakan pada hubungan internasional, yaitu dengan cara perundingan, dimana pada umumnya diwakili oleh Dubes (Duta besar) yang sering disebut dengan diplomat.

Diplomasi merupakan cara dalam berkomunikasi yang dilakukan antara berbagai pihak yang mempunyai kepentingan dengan wakil-wakil yang telah di akui. Dengan begitu akan dapat terselesaikannya perbedaan-perbedaan serta dapat menjamin kepentingan negara-negara melalui negosiasi. Jika negosiasi tersebut ternyata gagal maka tidak akan menutup kemungkinan terjadinya konflik antar negara tersebut.

Itulah sekilas penjelasan tentang Pengertian, Tujuan dan Ruang Lingkup Diplomasi, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>


Loading...