Pengertian Geostrategi Indonesia

Pengertian dan Tujuan Geostrategi Indonesia

Posted on

Pengertian dan Tujuan Geostrategi Indonesia – Pada artikel kali ini kita aan membahas tentang Geostrategi Indonesia. Geostrategi sendiri pertama kali diartikan sebagai Geoppolitik yang digunakan untuk kepentingan perang atau militer. Di negara kita, Geostrategi sendiri diartikan sebagai metode untuk mewujudkan cita – cita proklamasi, sebagaimana yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 dengan melalui proses pembangunan nasional.

Karena tujuannya, maka menjadi sebuah doktrin bagi pembangunan dan diberi nama Keamanan Nasional, dengan mengingat geostrategi Indonesia memberi arahan mengenai cara membuat strategi untuk mengembangkan masa depan yang lebih baik, aman dan lain sebagainya. Karenanya ini menjadi wajah yang berbeda dengan yang diusulkan oleh Haushofer, Ratzel, Kjellen dan lainnya.

Aspek yang terlihat dari geostrategi Indonesia ialah aspek ideologis dan konstitusional, kesadaran, sosial, budaya dan agama, politik dan pemdagri, serta aspek ekonomi. Salah satu cara Indonesia dalam strategi ialah demokrasi.

Makmur dan rasa aman yang dibtuhkan untuk demokrasi yang akan menyatukan keragaman. Walau demokrasi bukan merupakan satu – satunya cara yakni hanya salah satu. Karena Indonesia ialah negara yang beragam, bukan sekumpulan orang kecil yang masih mengadopsi patternalistik.

Geostrategi Indonesia

1. Memahami Geostrategi Indonesia

Geostrategi berasal dari Geo yang artinya Bumi dan diartikan sebagai strategi bisnis dengan menggunakan semua SDA atau sumber daya alam dan keterampilan manusia untuk bisa melaksanakan kebijakan yang sudah ditetapkan.

Berhubungan dengan kehidupan suatu negara, geostrategi sendiri diartikan sebagai metode atau aturan untuk tujuan dan sasaran mewujdkan seuatu tujuan dengan melalui proses pembangunan yang membreikan arahan mengenai cara membuat strategi dan keputusan yang terukur dan terimajinasi untuk masa depan yang labih baik, aman dan bermartabat.

Indonesia sendiri mengartikan geostrategi sebagai metode untuk mewujudkan cita – cita proklamasi seperti yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945 dengan melalui proses pembangunan nasional.

Karenanya cara ini ialah sebagaisarana atau metode memanfaatkan smeua konstelasi geografi Indinesia untuk menentukan kebijakan, arahan dan sarana untuk bisa mencapai tujuan seluruh bangsa atau dasar prinsip – prinsip kemanusiaan dan keadilan sosial.

2. Konsep Geostrategi Indonesia

Pada dasarnya tidak mengembangkan kekuatan untuk penguasaanwilayah di luar Indonesia atau mengekspansi negara lain. Namun konsep strategi yang didasarkan pada kondisi metode atau cara mengembangkan potnsi dari kekuatan nasional yang memiliki tujuan untuk mengamankan dan mempertahankan kedaulatan negara Indonesia dan pembangunan nasional dari kemungkinan gangguan yang akan datang dari dalam atau luar.

Untuk bisa mewujudkan geostrategi Indonesia maka dirumuskan oleh Natinal Defense Republik Indonesia.

3. Pengembangakn Konsep Geostrategi Indonesia

Keonsepnya pertama kali diangkat oelh presiden pada 10 Juni 1948 di Kotaraja. Akan tetapi ide ini kurang dikembangkan oleh para pejabat bawahan karena seperti yang sudah kita ketahui bahwa Homeland diduduki oleh Belanda pada kahir Desember 1948, sehngga ini kurang memberi pengaruh dan pada akhirnya setelah pengakuan kemerdekaan dari 1.950 baris perkembangan politik dalam bentuk Bangsa dan Karakter Pembangunan, yang merupakan bentuk tidak langsung dari gegeostrategi Indoneisa seperti pengembangan jiwa nasional.

Beberapa Tahap Awal Pembentukan Geostrategi Indonesia Hingga Sekarang

1. Awalnya geostrategi yang diprakarsai oleh Perguruan Tinggi Angkatan Darat Staf dan Komando atau SESKOAD BAndung, Indonesia tahun 1962. Konsep pentingnya terumus yakni penilaian terhadap strategi pembangunan lingkungan di wilayah Indonesia dengan ditandai dengan komunis luas berpengaruh.

Geostrategi Indonesia saat ditafsirkan sebagai strategi untuk mengembangkan dan membangun kapasitas kemampuan teritorial dan utnuk bisa menghadapi ancaman gerilyawan komunis Indonesia.

2. Pakhir 1965 Badan Keamanan NAsional mengembangkan konsep geostrategis Indonesia untuk maju ke rumus :

Bahwa Geostrategi Indoneisa harus menjadi sebuah strategi rancangan untuk mengembangkan stamina dan daya taha tubuh dan penegmabanagn kekuatan nasional untuk bisa menghadapi dan menangkal ancaman, tantangan, gangguan dan hambatan baik dari dalam atau dari luar.

Gagasan ini sedikit lebih progresif akan tetapi terlihat sebagai konsep geo-strategis Indonesia di awal untuk membangun kemampuan nasional sebagai faktor kekuatan penangguh bahaya.

3. Sejak 1972, Badan Keamana Nasional terus melakukan studi mengenai geostrategi untuk bisa lebih sesuai dengan konstitusi Indonesia.

Di era konsepsi geo-strategi Indoneisa dibatasi sebagai sebuah metode untuk mengembangkan potensi pertahanan nasional dalam emnciptakan kesejahteraan dalam menjaga kesinambungan dan integritas identitas nasional.

4. Mulai tahun 1974 gepstratgeis Indonesia ditegaskan dalam sebuah formula berbentuk pertahanan nasional sebagai kondisi metode dan doktrin dalam pembangunan nasional.

Tujuan Geostrategi Indonesia

Bermacam konsepdasar dan pengemabangan pada dasarnya bertujuan untuk :

1. Menyusun serta mengembangkan potensi kekuatan nasional dengan berdasarkan aspek – aspek ideologi, soial, politik, bidaya dan alam. Ini untuk keberadaan kehidupan dan usaha untuk melestarikan Negara dan Bangsa dalam mewujudkan cita – cita proklamasi dan tujuan nasional.

2. Mendukung tugad utama pemerintah

  • Law and order atau Hukum dan Ketertiban
  • Welfare and prosperity atau peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran
  • Defense and prosperity atau pelaksanaan pertahan dan keamanan
  • Yuridical justice and social justice atau realisasi keadilan hukum dan keadilan sosial
  • Freedom of the people atau ketersediaan diri seseorang untuk mengekspresiakn diri

Geostrategi Indonesia berasal dari kesadaran bahwa bangsa dan negara mengandung banyak unsur yang dapat memecah belah unsur – undur yang sutau saat bisa seledak dan menyayat persatuan nasional.

Pada era Habibie bisa kita lihat dengan jelas bagaimana ini terjadi dan konsekwensinya. Tidak hanya itu, saat kita lemah karena bangsa tercabik – cabik maka dengan bersamaan juga martabat dan kehormatan dapat dengan mudah menjadi bahan tertawaan dalam forum internasional.

Sekian penjelasan dari kami tentang Pengertian dan Tujuan Geostrategi Indonesia, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat

Baca Juga >>>


Loading...