Pengertian, Jenis dan Contoh Resume Karangan

Pengertian, Jenis dan Contoh Resume Karangan

Posted on

Pengertian, Jenis dan Contoh Resume Karangan – Contoh-contoh Resume biasa banyak kita temukan untuk kebutuhan dunia kerja dan dunia pendidikan. Dalam dunia pendidikan, resume umumnya digunakan oleh dosen atau mahasiswa untuk bisa membuat sebuah ringkasan dari suatu karya ilmiah. Resume dalam dunia pendidikan mempunyai banyak manfaat, bentuknya bisa berupa jurnal, bukum makalah atau karya ilmiah lainnya.

Selain di dunia pendidikan, contoh resume juga digunakan dalam dunia karir atau kerja. Dilihat dari fungsinya, resume hampir sama dengan CV yang digunakan oleh pelamar kerja untuk menunjukan identitasnya dan latar belakangnya. Akan tetapi secara bentuk, resume lebih ringkas atau lebih simpel dari CV.

Pengertian Resume

Resume dalam dunia pendidikan berarti sebuah ringkasan dari sbeuah karangan panjang. Dari tulisan panjang tersebut di pangkas dan diambil beberapa bagian penting yang masuk dalam pokok pembahasan.

Contoh dari resume dalam dunia pendidikan umumnya digunakan oleh mahasiswa atau para dosen sebagai cara yang efektif menjelaskan suatu inti karangan. Dengan bantuan dari adanya resume maka orang lain dapat memahami pokok dari karangan tanpa harus membaca kesemua tulisan yang panjang.

Resume berawal dari karangan yang panjang, lalu dipotong atau dipangkas, hanya diambil pokok – pokoknya saja. Bagian yang merupakan ilustrasi dan rincian akan dibuang. Sebuah resume harus tetap mempertahankan pikiran dari sang pengarang asalnya dan harus tetap mempertahankan pendekatan aslinya.

Biasanya contoh resume yang banyak digunakan umumnya memakai bahasa yang lebih ringan. Ini karena tujuan dari resume ialah untuk dapat memnerikan penjelasan dengan sederhana.

Jenis Resume

Terdapat tiga ejnis resume yang kita kenal. BErikut ketiga jenis resume tersebut :

– Abstrak

Abstrak merupakan jenis ringkasan yang sangat singkat dan padat. Dalam pembuatan karya ilmiah, abstrak biasanya akan diletakkan di baian awal sebelum masuk pada materi utama. Dalam karangan karya ilmiah, abstrak ialah ringkasan yang menunjukan gambaran besar dari karangan yang ada. Apa bila contoh resume yang umum memakai bahasa yang seberhana maka dalam pembuatan abstrak gaya bahasa yang digunakan harus sama dnegan karangan aslinya, berikut juga dengan sudut pandangnya. Penilaian dalam abstrak harus disesuaikan dengan penilaian karangan aslinya. Bahasa sederhananya abstrak ialah contoh resume yang hanya boleh memndekan taks dan tidak boleh merubah bahasa ataupun sudut pandang.

– Ringkasan Stricto Sensu

Cotnoh dari resume jenis ini ialah hasil dari pencarian dari isi sebuah tulisan, wujud tulisan dari ringkasan ini menggunakan kata – kata sendiri. Ringkasan resume jenis ini hanya melakukan rangkuman pada pikiran utama. Detail, contoh – contoh, ilustrasi dan hal spesifik lainnya di kesampingkan. Resume jenis ini harus mengikuti proporsi dan juga urutan dari naskah aslinya, tidak boleh menambahkan pandangan pribadi. Dengan kata lain, semua yang diluar naskah asli tidak boleh dimasukan dalam resume ini. Resume dnegan jenis ini banyak dipakai dalam kebutuhan sekolah.

– Ikhtisar

Contoh dari resume jenis ini ialah yang memberikan kebebasan pada yang membuat ringkasan untuk mengikuti tatanan dari karangan asli maupun meringkas dengan mengguankan tatanan sendiri. Mengguanakn bahasa yang lebih fleksibel, dan inti dari resume jenis ini ialah bentuk tulisan disesuaikan dengan gaya oembuat resume. Kebebasan ini tentunya memiliki batasan. Pokok pikiran harus tetap sesuai dengan karangan yang asli.

Cara Membuat Resume

Untuk memudahkan kita agar bisa memahami mengenai resume, berikut ini akan diuraikan cara membuat resume. Terdapat beberapa tahap yang harus diikuti untuk bisa membuat sebuah resume karangan. Empat langkah yang dapat kita terapkan untuk bisa membuat sebuah resume karangan ilmiah adalah sebagai berukut :

  • Baca dnegan seksama karya ilmiah yang asli, silahkan pahami dnegan baik isi dari karangan itu. Lakukan ini dengan berulang – ulang hingga anda bisa mendapatkan pemahaman yang maksimal. Jika ada istilah yang sulit untuk dipahami maka brilah tanda pada kata tersebut dan cari penjelasan atua inti dari kata yang ditandai tersebut.
  • Setelah kita membaca dnegan seksama maka carilah gagasan utama dari karangan yang kita baca. Cari pokok – pokok pikiran yang akan disampaikan melalui karangan tersebut. Buatlah sebuah catatan dalam poin – poin agar mudah untuk ketahap selanjutnya. Dalam karanagn ilmiah yang panjang, mayoritas atau kebanyakan berisi data – data dan kutipan – kutipan, cari dnegan seksama dalam paragraf yang berisi pikran pokok.
  • Setelah itu mulailah membuat resume, setelah semua poin yang berisi gagasan dan pokok pikiran dari karangan ilmiah, silahkan untuk mulai unttuk menyusunnya. Kita tidka perlu untuk mengikuti susunan seperti pada karangan asli. Umumnya gaya bahasa yang digunakan dari karangan ilmiah terlalu kaku dan dalam resume kita bisa mengguanakn gaya bahasa kita sendiri sehingga naskah bisa dibuat dengan lebih sederhana dan mudah untuk dimengerti.
  • Setelah resume selesai disusun, silahkan baca kembali. PAstikan tidak ada salah penulisan atau typo, salah tanda baca dan tata bahasa sesuaikan dnegan EYD.

Sekian penjelasan dari kami tentang Pengertian, Jenis dan Contoh Resume Karangan, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat

Baca Juga >>>


Loading...