Pengertian, Sejarah dan Ciri-Ciri Seni Abstrak

Pengertian, Sejarah dan Ciri-Ciri Seni Abstrak

Posted on

Pengertian Seni Abstrak

Seni tanpa wujud atau seni abstrak ialah satu dari beberapa jenis kesenian kontemporer yang tidak menunjukan objek dalam dunia asli, akan tetapi menggunakan warna dan bentuk dalam cara – cara non representasional.

Sedangkan pada lukisan abstrak ialah bentuk imajinasi yang di proses oleh seniman dalam mencari esensi bentuk objeknya menjadikan betuk dari wujudnya menjadi unik,lukisan ini tidak dikenali meski ditemukan dalam alam yang nyata.

Lukisan ini menggambarkan suatu wujud yang tidak nyata atau natural yang tidak menampilkan rupa yang dikenali sebagai rupa dari benda atau objek yang dapat dilihat dalam kenyataan.

Sejarah Seni Abstrak

Seni lukis abstrak sangat dekat dengan gambar. Peninggalan – peninggalan zaman prasejarah menunjukan bahwa dari ribuan tahun lalu nenek moyang manusia sudah mulai menciptakan gambar di dinding gua untuk memberi citra pada bagian penting dari kahidupan mereka.

Semua kebudayaan dunia mengenal seni lukis, karena lukisan abstrak sangat mudah untuk dibuat. Suatu gambar bisa dibuat dnegan hanya memakai materi atau bahan yang sangat sederhana seperti dnegan kapur, arang atau bahan yang lainnya.

Salah astu teknik yang terkenla yang digunakan oleh orang gua ialah dengan menempelkan tangan mereka di dinding gua kemudian menyemburkan kunyahan daun atau batuan mineral yang berwarna.

Awal perkembangan seni lukis sangat erat dengan perkembangan peradaban manusia, mulai dari sistem bahasa, cara untuk bertahan hidup dan kepercayaan ialah hal – hal yang memberi pengaruh pada perkembangan seni lukis.

Pengaruh diatas terlihat dari jenis objek, pencitraan serta narasi yang di ada didalamnya. Pada masa itu seni lukis memiliki manfaat khusus seperti sebagai media untuk pencatat.

Orang – orang pada masa prasejarah mengisi waktu mereka dengan menggambar dan melukis. cara untuk berkomunikasi dnegan memanfaatkan gambar dan akhirnya merangsang untuk terbentuknya sistem tulisan karena huruf sebenarnya berasal dari simbol – simbol gambar yang kemudian disederhanakan dan dibakukan.

Di satu sisi ada orang tertentu dalam satu kelompok masyarakat prasejarah yang lebih menghabiskan waktunya untuk menggambar dari pada mencari makanan. Mereka mulai ahli dalam menggambar dan mulai menemukan bahwa bentuk serta susunan rupa tertentu jika dibuat dnegan sedemikian rupa maka akan terlihat menarik untuk dilihat dari pada yang biasa saja.

Mereka juga mulai menemukan cita rasa keindahan dalam aktivitsnya dan terus untuk melakukan hal terseut membuat mereka semakin ahli.

Ciri Seni abstrak

Satu diantara banyak ciri snei ini ialah bentuknya tidak dikenali, tidak berhubungan dengan bentuk apapun yang pernah kita lihat akan tetapi jika kita amati akan terlihat seperti sesuatu.

Bentuk dan warna juga bahan tambahan lain dalam melukis abstrak ialah subjek lukisan abstrak untuk bisa terlihat lebih unik. Dalam pembuatannya, lukisan ini cukup peka pada komposisi warna dan lebih banyak menggunakan car air.

Seni abstrak yang lebih banyak menggunakan cairan juga biasanya dikategiruikan dengan seni abstrak ialah abstrak figuratif dan lukisan yang merupakan suatu hal yang tidak visual seperti emosi, pengalaman spiritual atau suara.

Abstrak figuratif ialah abstrak atau sebuah penyederhanaan realitas yang dibagian terperinci dihilangkan dari objek dikenalinya menyisakan sebuah esensi atau beberapa derajad bentuk dikenali.

Sekian penjelasan dari kami tentang Pengertian, Sejarah dan Ciri-Ciri Seni Abstrak, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat

Baca Juga >>>


Loading...