Rumah Adat Tradisional Di Pulau Jawa Yang Paling Terkenal

Rumah Adat Tradisional Di Pulau Jawa Yang Paling Terkenal

Posted on

Nama Rumah Adat Tradisional Di Pulau Jawa Yang Paling Terkenal – Indonesia merupaka sebuah negara yang sangat kaya dengan beragam budaya dan kekayaan alam yang dimiliki. Salah satunya ialah rumah adat tradisioonal, di negara kita banyak sekali rumah adat dan beraneka ragam, ini termasuk dalam nilai – nilai budaya Indonesia yang sangat kaya yang sudah seharusnya kita sebagai generasi peneurs bangsa tetap menjaga dan melestarikan bersama budaya dan kekayaan tersebut. Dalah satu pulau di negara klita yang terkenal yakni pulau Jawa terdapat beberapa rumah adat daerah yang sangat dikenal luas oleh masyarakat bahkan hingga ke luar negeri. Berikut kita akan menjabarkan dengan singkat tentang nama – nama rumah adat yang sangat terkenal yang terdapat di pulai Jawa. Mai kita simak dengan seksama ulasannya secara seksama berikut ini.

Nama – Nama Rumah Adat Di Pulau Jawa

Terdapat beberapa rumah adat di pulau Jawa yang terkenal, diantaranya :

– Rumah Badui

Yakni rumah adat tradisional dari Provinsi BAnten. Rumah adat daerah seperti ini bisa kita temui di daerah Kenekes Kabupaten Lebak, ini ialah daerah yang di mana masyarakat Suku badui tinggal.

– Rumah Joglo Jogja

Yakni rumah adat dari daerahJawa yang termasuk dalam daerah Yogyakarta. Akan tetapi tentu rumah adat yang ada di daerah Jogja Jawa TEngah dengan Jawa Timur mempunyai perbedaan.

– Rumah Joglo Jawa Tengah

Rumah Joglo JAwa Tengah merupakan rumah adat yang paling terkenal di kalangan masyarakat. RUmah Joglo ini sering dinilai sebagai ukuran tingginya status sosial dari pemiliknya di kalangan masyarakat sekitar.

– Rumah Joglo Jawa Timur

Sama seperti rumah yang ada di Provinsi Yogyakarta dan yang ada di Jawa Tengah. Provinsi JAwa Timur juga memiliki rumah adat yang dinamakan rumah Joglo. Rumah joglo ini bisa kita jumpai di daerah Pulau Madura yang masih banyak menggunakan rumah tradisional.

– Rumah Kesepuhan

Rumah KEsepuhan ialah rumah adat daerah yang berasal dari Provinsi Jawa Barat, rumah adat yang satu ini sudah sangat jarang bahkan sulit ditemukan di daerah perkotaan. Akan tetapi di pedasaan kita bisa menemukan rumah tradisonal yang satu ini karena masyarakat masih menggunakan rumah jenis ini untuk tempat tinggal.

– Rumah Kebaya

Rumah Kebaya merupakan rumah tradisional yang berasal dari daerah ibu kota negara yakni Jakarta. Selain menjadi salah satu ciri khas dari kota Jakarta, rumah tradisional yang satu ini juga memiliki ciri khas pada bentuknya yakni teras depan rumah yang luas yang bsia digunakan untuk tempat berkumpul keluarga dan para tamu yang datang kerumah. Rumah adat ini sudah sangat sulit untuk ditemui secara langsung terlebih di daerah perkotaan karena sudah banayk rumah modern yang berdiri akan tetapi didaerah – daerah tertentu masih bisa kita temui.

Sebenarnya secara umum rumah adat tradisional yang terdapat di Pulau Jawa tidak terlihat jelas perbedaannya akan tetapi jika kita perhatikan dnegan lebih seksama dan detail maka bisa kita temuka perbedaan walau tidak terlalu signfikan.

Sekian penjelasan dari kami tentang Nama Rumah Adat Tradisional Di Pulau Jawa Yang Paling Terkenal, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat

Baca Juga >>>


Loading...