Pengertian dan Sejarah Prasasti Di Indonesia

Posted on

Pengertian dan Sejarah Prasasti Di Indonesia

Pengertian Prasasti Beserta Sejarahnya Di Indonesia

Prasasti ialah dokumen atau piagam yang ditulis pada bahan yang tahan lama dan keras. Penemuan sebuah prasasti pasa sebuah situs arkeologi seagai tanda akhir dari zaman prasejarah yaitu babakan dalam sejarah kuno Indonesia yang masyarakatnya belum mengenal tulisan, mulai menuju zaman sejarah, dimana masyarakat mulai mengenal tulisan. Ilmu yang mempelajari tentang prasastir ini disebut dengan Epigrafi.

Diantara banyak sumber sejarah kuno Indonesia, Seperti berita asing dan naskah – naskah, prasasti juga dianggap sebagai sumber yang penting karena bisa memberikan kronologi dari suatu peristiwa. Banyak hal yang membuat sebuah prasasti menjadi sangat menguntungkan dunia bagi penelitian masa lampau. Selain adanya unsur pengenalan, prasasti juga bisa mengungkapkan nama dan alasan kenapa prasasti itu dikeluarkan.

Dalam pengertian modern di Indonesia, prasasti dihubungkan dengan tulisan di batu nisan atau pada nisan gedung, khususnya ketika peletakan batu pertama pada sebuah proyek pembangunan. Pada berita media massa, seperti kita sering mendengar presiden atau wakil presiden, menetri atau kepala daerah yang meresmikan sebuah gedung dengan melakukan pengguntingan pita dan menandatangani prasasti. KArena hal ini maka istilah prasasti masih tetap ada hingga sekarang.

Definisi Dari Prasasti

Prasasti berasal dari bahasa Sansekerta yakni “Pujian”. Namun dianggap sebagai “Maklumat, Piagam, Surat Keputusan, Undang – Undang atau Tulisan”. Di kalanagan Arkeolog prasasti disebut dengan inskripsi dan di kalangan orang awam disebut dnegan batu bersurat atau batu bertulis.

Meski memiliki arti “Pujian” akan tetapi tidak semua prasasti mengandung pujian. Mayoritas prasasti diketahui memuat sebuah keputusan mengenai sebuah penetapan daerah atau seda menjadi sebuah sima. Sima ialah tanah yang diberikan oleh raja atau oleh penguasa pada masyarakat yang dianggap berjasa, ini karena tanah sima dilindungi oleh kerajaan.

Sejarah Prasasti DI Indonesia

Hingga sekatang prasasti tertua di Indonesia teridentifikasi berasal dari abad ke 5 M, yakni prasasti Yupa yang berasal dari Kerajaan Kutai, Kalimantan Timur. Prasasti ini berisi tentang hubungan genealogi pada masa pemerintahan raja Mulawarman. Prasasti ini ialah prasasti batu yang ditulis dengan huruf Pallawa dan dengan bahasa Sansekerta. PEriode terbanyak mengeluarkan prasasti terjadi pada abad 8 hingga 14. Pada masa itu aksara yang banyak digunakan ialah Pallawa, Prenagari, Sansekerta, Melayu Kuno, Jawa Kuno, Bali Kuno dan Sunda Kuno. Bahasa yang dipakai juga bervariasi dan biasanya ialah bahasa Sansekerta, Sunda Kuno, Jawa Kuno dan Bali Kuno.

Sebuah prasasti bisa ditemukan dalam bentuk angka tahun atau berupa tulisan singkat. Angka tahun dapat ditulis dengan angka atau Candrasengkala, baik itu tulisan atau kata – kata. Tulisan singkatan dapat di temukan di dinding candi, di ambang pintu di bagian atas dan batu – batu pada candi.

Sekian penjelasan dari kami tentang Pengertian dan Sejarah Prasasti Di Indonesia, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat

Baca Juga >>>


Loading...