Pengertian Negara Kesatuan Dan Contohnya

Posted on

Pengertian Negara Kesatuan Dan Contohnya

Pengertian Negara Kesatuan

Negara kesatuan ialah negara yang berdaulat, diselenggarakan sebagai satu kesatuan yang tunggal, pemerintah pusat ialah yang tertinggi dan satuan – satuan subnasionalnya hanya menjelaskan sebuah kekuasaan yang telah dipilih oleh pemerintah pusat untuk didelegasikan. Bagian dalam pemerintahan kesatuan diterapkan oleh banyak negara di dunia.

Negara Kesatuan yang bertentangan secara langsung dengan negara federala atau federasi

1. Di negaa kesatuan, sauan subnasional diciptakan dan dihapus oleh pemerintah pusat dan kekuasaan subnasional bisa diperluas atau dipersempit terhadap pemerintah pusat. Meski kekuasaan politik pada negara kesatuan bisa didelegasikan lewat sebuah proses devolusi pada pemerintah daerah dengan berdasarkan pada perundang – undangan yang dibulat oelh parlemen, pemerintah pusat tetap yang mempunyai kekuasaan, daoat membatalkan peraturan – peraturan daerah atau membatasi kekuasaan mereka.

– Britania Raya ialah contoh dari negara kesatuan, Irlandia Utara, Skotlandia, Wales, bersama dengan Inggris ialah negara – negara konstituen dari Britania Raya. Negara – negara ini memiliki satu taraf kekuasaan devolutif otonom yakni Eksekutif Irlandia Utara dan Majelis Irlandia Utara yang terletak di Irlandia Utara, Pemerintah Skotlandia dan Perlemen Skotlansia, MAjelis Pemerintahana Wales dan Majelis Nasional Wales. Akan tetapi kekuasaaan devolutif itu hanya didelegasikan oleh Pemerintah Britania Raya, yang tertinggi dibawah doktrin kedaulatan suatu parlementer. Dengan lebih jauh, pemerintah – pemerintah dovolutif secara konstitusional tidak dapat menentang undang – undang yang dihasilkan pada parlemen Britania Raya dan kekuasaan pemerintah dovolutif tidak dapat diperluas atau dipersempit oleh pemerintah pusat. seperti Majelis Irlandia Utara pernah dibubarkan hingga sebanyak empat kali, dam kekuasaannya dialihkan pada Kantor Irlandia Utara yang dijalankan oleh pemerintah pusat.

2. Dan sebaliknya, negara federal, negara bagian bermacam kedaulatan dnegan pemerintah pusat dan negara bagian memiliki fungsi kekuasaan yang tidak bisa diubah secara sepihak oleh pemerintah pusat. Dalam beberapa kasus seperti di Amerika Serikat hanya pemerintah federasi yang secara langsung memiliki kekuasaan pendelegasian.

– Contohnya negara federal ialah Amerika Serikat, dibawah Konstitusi Amerika Serikat. Kekuasaannya dibagi dengan pemerintah federal AS dan semua negara bagiannya. Terdpat ebberapa negara federal yang memiliki satuan pembagian wilayah yang rendah berbentuk kesatuan. AS ialah negara federal, dan hampir semua negara bagian ialah kesatuan dibawah aturan Dillon-country dan munisipalitas hanya memiliki wewenang yang telah diberikan pada mereka terhadap masing – masing pemerintah negara bagian di AD dengan berdasarkan konstitusi negara pada bagian atau aturan daerah.

Hampir semua negara yang menjalankan sistem pemerintahan Watsminster ialah negara kesatuan kecuali Kanada, India, Malaysia dan Australia yang berbentuk negara federal. Negara ini bisa dipandang sebagai campuran dari dua sistem, keduanya menggunakan sistem kesatuan pada tingkat federal dan berbagi kesatuan dengan negara bagian provinsi atau teori yang ditemui dalam sistem federal.

Sekian penjelasan dari kami tentang Pengertian Negara Kesatuan Dan Contohnya, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat

Baca Juga >>>


Loading...