5 Jenis Drama Tradisional

Posted on

5 Jenis Drama Tradisional – Jenis teater atau drama tradisional yang ada di Nusantara ini sangat banyak dan tersebar diberbagai daerah, antara lain sebagai berikut.

Jenis Drama Tradisional

1. Ketoprak

Jenis-Drama-Tradisional-Ketoprak
Jenis Drama Tradisional Ketoprak

Ketoprak berasal dari Jawa (Yogyakarta). Dahulu dikenal dengan ketoprak ongkek atau sering disebut ketoprak barangan yang hampir setingkat dengan mengamen.

Para pemain ketoprak sendiri terdiri dari pria dan wanita yang lebih membawakan gerak laku, meskipun pada awal munculnya ketoprak di temukan terdapat unsur tari didalamnya.

Ketoprak sendiri merupakan seni panggung yang sangat khas dengan membawakan kisah-kisah legenda, pahlawan, atau kehidupan sehari-hari masyarakat jawa.

2. Wayang Orang

Jenis-Drama-Tradisional-Wayang-Orang
Jenis Drama Tradisional Wayang Orang

Wayang orang berasal dari Jawa. Pementasannya mengambil lakon kisah Mahabarata dan Ramayana. Wayang orang ini menggunakan sajian tari.

Selain itu wayang orang juga tidak hanya menghibur penonton dalam setiap pentasnya tetapi ada pesan-pesan moral yang disampaikan didalamnya yang didapat di resapi oleh para penonton. Karena wayang orang berbeda dengan pentas seni drama lainnya.

3. Randai

Jenis-Drama-Tradisional-Randai
Jenis Drama Tradisional Randai

Randai berasal dari Minangkabau. Pertunjukan randai dilakukan dalam bentuk arena, formasi penonton, dan permainan yang disuguhkan melingkar.

Unsur seni yang terkandung dalam kesenian randai adalah seni tari, seni drama, seni suara, seni musik, seni tradisional dan seni beladiri silat.

Pada Umumnya dalam satu kelompok terdiri dari 14 sampai 25 orang. Biasanya anggota randai disebut juga anak randai dan banyak berasal dari kalangan pedagang, pengrajin, dan petani warga sekitar.

4. Mamanda

Jenis-Drama-Tradisional-Mamanda
Jenis Drama Tradisional Mamanda

Mamanda berasal dari Kalimantan Selatan. Pertunjukan ini disuguhkan dengan busana yang serba gemerlapan, tetapi dengan peralatan permainan sederhana yang bersifat sugestif.

Mamanda bisa dibilang mirip dengan lenong dilihat dari segi hubungan yang terjadi antara penonton dan pemain. Dengan adanya interakasi seperti itu, membuat penonton kerap menyampaikan komentar yang lucu sehingga membuat suasana theater menjadi hidup.

5. Topeng Bonjet

Jenis-Drama-Tradisional-Topeng-Bonjet
Jenis Drama Tradisional Topeng Bonjet

Topeng bonjet terdapat di daerah Jawa Barat. Seni ini tersusun dari beberapa elemen artistik yang mempesona.

Topeng boncet juga merupakan seni pertunjukan rakyat yg biasanya di awali dengan lawakan menggukan topeng boncet. Tari boncet sendiri libih tepatnya berasal dari daerah karawang yang berupakan kesenian tradisional khas daerah setempat.

Selain itu topeng boncet sangat khas dengan penggunaan bahasa sundanya yg kasar dan waditra pengiringnya.

Terima kasih telah berkunjung, baca juga artikel lainnya yang tak kalah menarik.

Related posts: