2 Aspek Geografi Dan Penjelasannya Lengkap

2 Aspek Geografi Dan Penjelasannya Lengkap

2 Aspek Geografi Dan Penjelasannya Lengkap – Kajian geografi memiliki ruang lingkup yang luas sehingga disiplin ilmu lainnya banyak yang berkaitan dengan geografi. Keterkaitan geografi dengan disiplin ilmu lain dapat di bedakan menurut aspek fisik dan aspek sosial.

2 Aspek Geografi Dan Penjelasannya Lengkap
2 Aspek Geografi Dan Penjelasannya Lengkap

1. Aspek Fisik

Pada aspek ini geografi mengkaji semua fenomena yang terdapat di geosfer dan tentunya dapat mempengaruhi keberlangsungan hidup manusia. Aspek ini meliputi atas biologis, kimiawi, astronomis dan segala fenomena alam yang langsung dapat diamati. Dan berikut ini aspek fisik yang dapat dikaji atau diamati:

– Aspek Topologi
Aspek ini membahas tentang hal yang berkenaan dengan letak atau lokasi suatu wilayah, bentuk muka bumi, luas area dan batas-batas wilayah yang memiliki ciri-ciri khas tertentu.

– Aspek Biotik
Aspek ini membahas tentang hal yang berkenaan dengan unsur vegetasi seperti (tumbuh-tumbuhan atau flora, dunia binatang atau fauna) dan kajian penduduk.

– Aspek Non Biotik
Aspek ini membahas tentang hal yang berkenaan dengan unsur kondisi tanah, tata air (hidrologi) baik itu perairan, darat maupun laut dan kondisi iklim dari suatu wilayah.

2. Aspek Sosial

Ada aspek lain selain aspek fisik, kajian geografi pula mencakup aspek sosial. Geografi mengkaji manusia yang hidup didalamnya dari keterkaitannya dengan fenomena yang terjadi di geosfer. Aspek sosial pula meliputi aspek politis, antropologis, ekonomis, dan aspek yang berhubungan dengan kebudayaan atau pola hidup manusia. Pada aspek ini manusia dipandang sebagai fokus utama dari kajian geografi dengan memperhatikan pola penyebaran manusia dalam ruang dan kaitan perilaku manusia dengan lingkungannya. Ada beberapa aspek sosial yang dikaji, yaitu:

BACA JUGA :   14 Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

– Aspek Sosial
Aspek ini membahas tentang hal yang berkenaan dengan unsur adat-istiadat, tradisi, komunitas, kelompok masyarakat dan lembaga-lembaga sosial.

– Aspek Ekonomi
Aspek ini membahas tentang hal yang berkenaan dengan unsur pertanian, pertambangan, perkebunan, perikanan, perdagangan, industri, transportasi dan pasar.

– Aspek Budaya
Aspek ini membahas tentang hal-hal yang berkenaan dengan unsur agama, pendidikan, kesenian danbahasa.

– Aspek Politik
Aspek ini membahas mengenai hal-hal yang berkenaan dengan unsur kepemerintahan terjadi dalam kehidupan di masyarakat.

Itulah aspek-aspek dalam ilmu geografi semoga membantu dan menambah wawasan kita tentang ilmu kegeografian.

You May Also Like

About the Author: admin