Pengertian Hasad, Riya, Dzolim, Aniaya, Dan Diskriminasi

Pengertian-Hasad

Pengertian Hasad, Riya, Dzolim, Aniaya, Dan Diskriminasi – Di Kesempatan kali ini seputar pendidikan akan membahas pengertian tentang Hasad, Riya, Dzolim, Aniaya, Dan Diskrriminasi dan berikut ini penjelasan dari ke limanya:

Hasad

Hasad merupakan kata yang berasal dari bahasa Arab yang berarti iri dan dengki. Iri merupakan rasa tidak senang dan cemburu akan keberuntungan atau kesenangan orang lain. Iri pula ialah salah satu bentuk dari gangguan mental dikarenakan seringnya melihat kesenagan dari orang lain, dan semakin gelisah pula hatinya. Dan dengki itu merupakan akibat dari adanya sikap iri.

Larangan bersikap hasad dijelaskan Rasulullah SAW dalam sebuah hadits berikut :

إِيَّاكُمْ وَالْحَسَدَ فَإِنَّ الْحَسَدَ يَأْكُلُ الْحَسَنَاتِ كَمَا تَأْكُلُ النَّرُ الْحَطَبَ.

Artinya :

”Jagalah dirimu dari hasad, karena sesungguhnya hasad itu merusak kebaikan. Sebagaimana api memakan kayu bakar (HR. Abu Daud No. 4257 dari Abu Hurairah)”

Pengertian-Hasad

Riya

Merupakan kata yang berasal dari bahasa Arab yang berarti bersikap pamer.

اِنَّ اَخْفَ مَا اَخَافَ عَلَيْكُمْ ا لشِّرْ كُ الْاَ صْغَرُ قَالُوْا يَا رَسُوْ لَ اللهِ وَمَا ا لشِّرْكُ قَالَ الرِّيَاءُ

Artinya :

”Sesungguhnya perkara yang paling aku khawatirkan dari beberapa hal yang aku khawatirkan adalah syirik kecil.Sahabat bertanya,”Apa syirik kecil itu, ya Rasulallah ? ” Beliau menjawab,”Riya.” (HR Ahmad nomor 225828 dari Mahmud bin Labidin)

Dzolim

Dalam ajaran Islam Dzolim merupakan meletakkan sesuatu perkara bukan pada tempatnya. Orang yang melakukan zalim disebit zalimin dan lawan dari zalim ialah adil.

وَعَنْ جَابِرِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: اِتَّقُوْ الظُّلْمَ فَاِنَ الظُّلْمَ ظُلُمَاتٌ يَوْمَ القِيَامَةِ

BACA JUGA :   Pengertian Kedudukan Dan Fungsi Al-Qur'an

( واه مسلم )

Artinya :

”Diterima dari Jabir ra bahwa Nabi SAW. bersabda: “Takutilah kezaliman itu sebab sesungguhnya kezaliman itu merupakan kegelapan pada hari kiamat ( HR. Muslim )

Aniaya

Aniaya merupakan berasal dari kalimat zholim yang berarti aniaya, perbuatan melampaui batas, menempatkan sesuatu bukan pada tempatnya serta menentang pada kebenaran.

وَعَنْ جَابِرِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: اِتَّقُوْ الظُّلْمَ فَاِنَ الظُّلْمَ ظُلُمَاتٌ يَوْمَ القِيَامَةِ

Artinya :

“Diterima dari Jabir ra bahwa Nabi SAW. bersabda: “Takutilah kezaliman itu sebab sesungguhnya kezaliman itu merupakan kegelapan pada hari kiamat”. (HR. Muslim)

Diskriminasi

Diskriminasi merupakan perbedaan atau bersikap membeda-bedakan serta memisahkan antara sesama manusia, baik itu karena perbedaan derajat, suku dan bangsa, warna kulit, jenis kelamin, usia, golongan, ideologi serta sebagainya

وَلا تَكُونُوا مِنَ الْمُشْرِكِينَ . مِنَ الَّذِينَ فَرَّقُوا دِينَهُمْ وَكَانُوا شِيَعًا كُلُّ حِزْبٍ بِمَا لَدَيْهِمْ فَرِحُونَ

Artinya :

“Dan janganlah kamu Termasuk orang-orang yang mempersekutukan Allah, Yaitu orang-orang yang memecah-belah agama mereka dan mereka menjadi beberapa golongan. tiap-tiap golongan merasa bangga dengan apa yang ada pada golongan mereka”. (QS. ar-Rum: 31-32)

Itulah Pengertian Hasad, Riya, Dzolim, Aniaya,dan Diskriminasi, semoga dapat menambah wawasan kita.

You May Also Like

About the Author: admin