Pengertian Lapisan Matahari dan Fungsinya Bagi Kehidupan Manusia

Pengertian Lapisan Matahari dan Fungsinya Bagi Kehidupan Manusia

Pengertian Lapisan Matahari dan Fungsinya Bagi Kehidupan Manusia – Bicara tentang Matahari kali ini kami akan membahas pengertian, lapisan dan fungsi dari matahari. Baiklah silahkan disimak :

Pengertian Matahari

Matahari merupakan bola pijar yang sangat besar yang merupakan pusat dari tata surya. Ukurannya sendiri berkisar 1,4 juta km dan memiliki berat sekitar 300 ribu kali dari bumi dan mempunyai suhu sekitar 6000 derajat Celcius dari permukaan matahari. Matahari sendiri terbentuk dari kumpulan gas hidrogen & helium.

Pengertian Lapisan Matahari dan Fungsinya Bagi Kehidupan Manusia

Lapisan Matahari

Matahari sendiri terdiri dari beberapa lapisan yang tersusun, seperti inti matahari, fotosfer, kromosfer, dan korona. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasannya berikut ini:

1. Inti Matahari, merupakan bagian matahari yang bersuhu sekitar 15 juta derajat celsius. Suhu dan tekanan yang sangat tinggi ini sangat memungkinkan terjadinya pemecahan atom-atom menjadi elektron, proton & neutron. Neutron yang tdk bermuatan akan meninggalkan inti ke arah luar matahari. Rekasi Fusi (Pegerakan elektron & proton sangat cepat & bertabrakan satu dengan yang lain) berlangsung pada bagian ini & hasilnya dipancarkan keluar secara radiasi.

Beberapa zona pada inti matahari

  1. Zona Radiaktif merupakan lapisan yang menyelubingi pada bagian inti, Dan lapisan ini mempunyai suhu dari dalam keluar ialah sekitar 7 sampai 2 juta derajat celsius.
  2. Zona Konvektif merupakan lapisan yang suhunya sudah menurun. Suhu di lapisan ini sekitar 2 juta derajat celsius. Dan setelah keluar dari zona radiaktif atom-atom di bagian inti akan bergerak ke lapisan terluar dengan suhu yang lebih rendah.

2. Fotosfer, merupakan lapisan pada permukaan matahari tepat sekitar 350km. Dan lapisan ini disebut juga lapisan cahaya karena lapisannya memancarkan cahaya atau energi panas yang sangat kuat serta bagian cahayanya sampai ke Bumi. Suhu pada lapisan ini diperkirakan sekitar 6000 derajat celsius dengan ketebalan lapisan 500km.

BACA JUGA :   7 Manfaat Atmosfer Bagi Kehidupan Sehari-hari & Bahaya Kerusakan Lapisan Ozon

3. Kromosfer, merupakan lapisan diatas fotosfer yang bersuhu sekitar 6000 sampai 50.000 derajat celsius. Cahaya lapisan kromosom biasanya tdk terlihat karena lapisan fotosfer. Namun, pada saat gerhana matahari total, lapisan kromosfer akan terlihat berubah warna merah yang disebabkan begitu tingginya kandungan helium. Di lapisam kromosom ini terdapat lapisan gas yang paling dinamis karena seringkali muncul berupa cahaya yang berbentuk lidah api yang memaancar sampai ketinggian lebih dari 200.000 km yang juga disebut prominesia.

4. Korona, merupakan lapisan terluar dari matahari. Lapisan yang berwarna putih ini akan terlihat mengelilingi matahari pada saat terjadinya gerhana matahari. Dan suhu lapisan ini mencapai jutaan derajat Celsius. Dan lapisan ini merupakan lapisan gas tipis & bentuknya selalu berubah-ubah.

Adapun beberapa fungsi dari matahari, khususnya bagi manusia dan makhluk hidup dibumi ialah sebagai berikut:

  1. Pengaruh Sinar Infra merah
  2. Pengaruh terhadap sinar ultravilet yang bisa membasmi bibit penyakit
  3. Sinar matahari dapat digunakan sebagai sumber energi
  4. Sinarnya Mampu membunuh mikroba
  5. Dapat mengobati penyakit insomnia dengan menjemur diri dipagi hari
  6. Sinarnya dapat membantu suasana hati menjadi lebih baik karena sinarnya dapat merangsang sintesis edorfin
  7. Dapat meringankan penyakit sendi dan arthritis
  8. Vitamin D, yang dapat membantu menghambat pengembangan sel kanker serta dapat melawan penyakit usus, leukimia, dan kanker payudara
  9. Sinarnya dapat bermanfaat dalam mengurangi gula darah
  10. Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  11. Sinarnya mampu membentuk dan memperbaiki tulang-tulang
  12. Sebagai bahan dalam terjadinya proses fotosintesis dll

Itu sekilas penjelasan tentang lapisan matahari dan fungsinya, semoga bermanfaat, sampai jumpa & terima kasih.

BACA JUGA :   Peranan Komponen Abiotik Pada Lingkungan

You May Also Like

About the Author: admin