Sejarah, Teori dan Proses Masuknya Islam Ke Indonesia

Sejarah, Teori dan Proses Masuknya Islam Ke Indonesia

Sejarah, Teori dan Proses Masuknya Islam Ke Indonesia – Indonesia merupakan wilayah yang terkenal dengan rempah-rempahnya, sehingga banyak para pedagang maupun saudagaar dari seluruh Dunia datang ke wilayah Indonesia, tidak terkecuali bangsa Arab (Muslim). sambil berdagang mereka para pedagang muslim sembari berdakwah di Wilayah Indonesia untuk memperkenalkan ajaran Islam kepada para penduduk di Indonesia. Dan berikut ini ada beberapa cara masuknya Islam ke daratan Indonesia.

Teori Masuknya Islam Ke Indonesia

Menurut beberapa sejarawan, pada abad ke-13 Masehi, Islam telah masuk ke Nusantara yang di bawa oleh para pedagang muslim. Dan untuk lebih jelasnya para ahli memiliki perbedaan dalam pendapat. Dan setidaknya terdapat 3 teori tentang masuknya Islam ke Nusantara.

Sejarah, Teori dan Proses Masuknya Islam Ke Indonesia

1. Teori Gujarat
Teori Gujarat dipelopori oleh ahli sejarah yang bernama Snouck Hurgronje, beliau menuturkan bahwa masuknya Agama Islam ke Indonesia dibawa oleh para pedagang Gujarat pada abad ke-13 M.

2. Teori Persia
Teori Persia dipelopori oleh P.A Husein Hidayat, yang menyatakan bahwa masuknya Agama Islam ke Indonesia dibawa oleh pedagan Persia (Iran), hal tersebut berdasarkan kesamaan antara kebudayaan Islam di Indonesia dengan yang ada di Persia.

3. Teori Mekkah
Menyatakan bahwa masuknya Islam ke Indonesia langsung dibawa para pedagang Mekkah, teori ini berdasarkan dari sebuah cerita dari China yang menyatakan bila pada abad ke-7 sudah terdapat perkampungan Muslim dipantai barat Sumatera.

Proses Masuknya Islam Ke Indonesia

Masuknya Islam ke Indonesia berlangsung dengan damai & menyesuaikan dengan adat & istiadat penduduk lokal. Ajaran Islam yang tidak mengenal perbedaan kasta membuat ajaran ini sangat diterima penduduk lokal. Dan berikut ini ada beberapa cara masuknya Islam ke Indonesia.

BACA JUGA :   Sejarah Singkat Agama Hindu

1. Perdagangan
Letak Indonesia yang begitu strategis pada jalur perdagangan di masa itu yang membuat Indonesia disinggahi oleh banyak pedagang dari seluruh Dunia termasuk pedagang muslim. Banyak dari mereka yang akhirnya menetap & tinggal serta membangun suatu perkampungan muslim, tak jarang juga mereka sering mendatangkan para ulama-ulama dari negeri asal mereka untuk berdakwah di Indonesia. Hal tersebutlah diduga memiliki peran yang penting dalam penyebaran ajaran Islam di Indonesia.

2. Perkawinan
Beberapa penduduk lokal beranggapan jika para pedagang muslim merupakan kalangan yang terpandang, sehingga banyak mereka penguasa pribumi yang akhirnya menikahkan anaknya dengan pedagang muslim. Sebagai syaratnya sang gadis harus masuk atau memeluk Agama Islam terlebih dahulu, hal tersebut yang diduga memperlancar dalam penyebaran ajaran islam di Nusantara.

3. Pendidikan
Setelah terbentuk perkampungan islam, mulailah mereka mendirikan fasilitas pendidikan yang berupa pondok pesantren dan dipimpin langsung oleh guru agama & para ulama. Para lulusan pesantren tersebut yang akan pulang ke kampung halaman & menyebarkan ajaran Agama Islam di daerah masing-masing.

4. Kesenian
Kesenian wayang merupakan warisan dari budaya yang masih terjaga hingga sampai saat ini, dalam penyebaran ajaran Islam wayang sangat memiliki peranan yang sangat konkrit. Contohnya seperti, sunan kalijaga yang merupakan salah satu tokoh Islam yang menggunakan pementasan wayang untuk berdakwah.

Itulah sekilas tentang cara-cara masuknya ajaran Islam ke Indonesia. Semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi kita semua.

BACA JUGA :   Prasejarah Zaman Batu

You May Also Like

About the Author: admin