Pengertian Pencemaran Tanah dan Dampaknya Lengkap

Pengertian Pencemaran Tanah dan Dampaknya Lengkap

Pengertian Pencemaran Tanah dan Dampaknya Lengkap – Pencemaran Tanah banyak sekali diakibatkan oleh sampah rumah tangga, industri, pasar, kegitan pertanian dan pertenakan. sampah – sampah dapat dihancurkan oleh jasad renik sehingga menjadi mineral, Gas, air dan terbentuklah humus. Yang termasuk sampah organik dedaunan, jaringan hewan, kertas, dan kulit yang berasal dari alam, Sampah tersebut mudah terurai. sedangkan sampah anorganik seperti besi, plastik, alumunium, dan kaca serta bahan sintetis lain tidak atau sulit dapat diuraikan.

Pengertian Pencemaran Tanah dan Dampaknya Lengkap
Pengertian Pencemaran Tanah dan Dampaknya Lengkap

Bahan anorganik tersebut akan tetap utuh hingga ratusan tahun yang akan datang. Sebaiknya sampah yang dibuang harus dipisahkan menjadi 2 wadah yaitu sampah organik dan anorganik. Sampah organik dapat dimanfaatkan menjadi pupuk kompos dan cacing yang diperoleh dapat dijual untuk pakan ternak. Sedangkan sampah anorganik dapat dimanfaatkan ulang seperti botol bekas selai dapat di gunkan sebagai tempat bumbu.

Akibat dari Pencemaran Tanah antara lain, sebagai berikut:

1. Terganggunya kehidupan organisme, terutama mikroorganisme yang berada dalam tanah.

2. Berubahnya sifat kimia atau fisika dari tanah, sehingga tidak baik untuk perkembangan tanaman.

3. mengubah dan mempengaruhi keseimbangan ekologi.

Itulah sekilah penjelasan tentang pencemaran tanah, semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung, sampai jumpa lagi dikesempatan selanjutnya diartikel bermanfaat lainnya tetap di Seputar Pendidikan.

BACA JUGA :   Pengertian Asam Cuka dan Rumus Kimia Asam Cuka

You May Also Like

About the Author: admin