Cara Mendaftar BPJS Kesehatan Online

Cara Mendaftar BPJS Kesehatan Online

MasterPendidikan.comCara Mendaftar BPJS Kesehatan Online. Pemerintah telah menyediakan program yang bisa memberikan layanan kesehatan untuk masyarakat secara gratis, yakni BPJS Kesehatan. Menjadi peserta BPJS Kesehatan merupakan suatu keuntungan karena peserta bisa memanfaatkan kepesertaannya dalam melakukan konsultasi, pemeriksaan hingga pengobatan terkait kesehatannya. Untuk menjadi peserta pun tidaklah sulit, karena kini sudah bisa dilakukan secara online. Jika kamu belum tahu caranya, maka silakan simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Mendaftar BPJS Kesehatan Online

Pemerintah mewajibkan semua lapisan masyarakat untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan tanpa terkecuali, baik dari orang dewasa hingga bayi yang masih dalam kandungan. Selain banyaknya manfaat yang bisa dirasakan, pemerintah juga telah menyediakan platform online untuk masyarakat yang ingin mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan. Dengan cara online, tentu masyarakat tidak perlu lagi lama mengantri di kantor cabang BPJS Kesehatan dan bisa melakukannya hanya dari rumah.

Cara Mendaftar BPJS Kesehatan Online

Untuk melakukan pendaftaran BPJS Kesehatan secara online, kita bisa menggunakan aplikasi Mobile JLN atau dengan menghubungi nomor care center 1500 400. Berikut ini adalah cara mendaftar BPJS Kesehatan secara online melalui aplikasi Mobile JKN.

  • Unduh terlebih dahulu aplikasi Mobile JKN melalui Play Store ataupun App Store.
  • Setelah selesai mengunduh, langsung saja buka dan tap “Daftar” lalu tap “Pendaftaran Peserta Baru”.
  • Selanjutnya kamu baca terlebih syarat dan ketentuan yang berlaku sebelum mulai melakukan pendaftaran sebagai peserta BPJS Kesehatan. Jika kamu sudah memahami dan memenuhi persyaratan yang berlaku maka bisa tap kolom “Saya Setuju” dan tap juga “Selanjutnya”.
  • Kemudian masukkan Nik atau E-KTP kamu beserta kode captcha pada kolom yang tersedia dan tap “Selanjutnya”.
  • Setelah itu kamu masukkan data diri yang sesuai dengan E-KTP kamu dan tap “Selanjutnya”.
  • Lanjut dengan memilih Faskes atau Fasilitas Kesehatan dan Faskes gigi yang bisa dengan mudah kamu akses.
  • Masukkan juga alamat email yang aktif dan tap “Simpan”, dengan begitu kamu bisa mendapatkan email verifikasi dari JKN.
  • Apabila kamu sudah mendapatkan email verifikasi dari JKN maka salin nomor verifikasi yang ada ke aplikasi Mobile JKN kamu untuk melihat data peserta yang berhasil didaftarkan.
  • Kamu juga akan mendapatkan nomor virtual account untuk kemudian digunakan dalam melakukan pembayaran premi BPJS Kesehatan.
  • Kepesertaan kamu akan langsung diaktifkan apabila kamu telah melakukan pembayaran premi.
BACA JUGA :   Pengertian K3LH

Itulah caranya mendaftar BPJS secara online yang bisa kamu gunakan. Semoga dengan informasi ini kamu bisa lebih mudah dalam melakukan pendaftaran BPJS Kesehatan yang tentunya akan sangat membantu kamu dalam urusan layanan kesehatan. Selamat mencoba.

You May Also Like

About the Author: Herianto Fitriadi