Macam-Macam Tenaga Eksogen

Macam-Macam Tenaga Eksogen

Macam-Macam Tenaga Eksogen – Hujan dan angin merupakan sebagian dari tenaga eksogen. Tenaga eksogen merupakan tenaga-tenaga pembentuk bumi yang berasal dari luar. Dan berikut merupakan tenaga eksogen dibedakan menjadi 4 (empat) macam, yaitu:

Macam-Macam Tenaga Eksogen

1. Pelapukan

Pelapukan merupakan proses hancurnya suatu batuan karena tenaga eksogen (tenaga dari luar bumi). Pelapukan ini di bagi menjadi 3 (tiga) yaitu:

  • Pelapukan fisis, merupakan proses pelapukan yang dipengaruhi oleh tenaga-tenaga fisik. dengan tenaga tersebut, batuan akan menjadi hancur. Tenaga fisis yang menyebabkan pelapukan ialah suhu.
  • Pelapukan kimia merupakan proses pelapukan yang disebabkan oleh zat kimia. Dan pelapukan oleh suatu zat kimia menyebabkan terjadinya perubahan susunan kimia batuan. Contoh pelarut kimia tersebut ialah air.
  • Pelapukan biologis merupakan pelapukan yang dilakukan oleh makhluk hidup. Dalam pelapukan ini akan terjadi penghancuran batuan yang disebabkan oleh adanya makhluk yang hidup disitu. Contohnya ialah penghancuran batuan oleh lumut.

2. Erosi (Pengikisan)

Erosi (pengikisan) merupakan proses perusakan batuan yang disebabkan oleh tenaga dari luar bumi. Tenaga eksogen yang dapat menyebabkan erosi ialah, sebagai berikut:

  • Erosi air yang mengalir, Batuan yang terkena air mengalir, lambat laun akan mengalami pengikisan. Dan contohnya: pengikisan yang terjadi di sungai.
  • Erosi gelombang laut, Gelombang laut mengikis daerah pantai sehingga daerah pantai menjadi rusak. Dan pengikisan oleh gelombang laut disebut juga abrasi.
  • Erosi gletsyer, Gletsyer merupakan salju yang mencair. Salju ini akan mengikis daerah daerah yang di lewatinya.
  • Erosi angin, Angin dapat mengakibatkan terjadinya pengikisan pada batuan yang dilewatinya. Sebenarnya yang dapat mengikis merupakan benda-benda yang terbawa oleh angin. Pengikisan oleh angin disebut juga deflasi.
BACA JUGA :   12 Tanda-Tanda Globalisasi Dalam Kehidupan Nyata

3. Sedimintasi (Pengendapan)

Sedimentasi merupakan proses pengendapan materi yang merupakan hasil dari proses pengikisan. Sedimentasi bisa dilakukan oleh materi berikut ini.

  • Air sungai yang mengalir dan mengikis daerah tertentu sehingga materi yang dikikis dibawa & diendapkan di daerah lainnya. Contohnya sedimentasi ialah terbentuknya delta (endapan di muara sungai)
  • Gletsyer yang mengalir mengikis daerah yang dilewatinya & di endapkan didaerah lain sebagai hasil dari materi yang di bawanya.
  • Angin yang membawanya materi yang dilaluinya & diendapkan didaerah lain, sehingga membentuk daerah pengendapan. Dan contohnya bukit pasir di daerah padang pasir.
4. Gerak massa batuan (Mass Wasting)

Gerak massa batuan merupakan sistem pengangkutan massa puing – puing batuan menuruni lereng yang diakibatkan pengaruh langsung tenaga gravitasi. Ketika gaya gravitasi yang bekerja pada lereng melebihi kekuatannya melawan kemiringan kegagalan (Mass Wasting) terjadi. Kekuatan material lereng & kohesi jumlah gesekan internal antara bantuan bahan menjaga stabilitas lereng & dikenal secara kolektif sebagai kekuatan geser lereng itu. Sudut yang curam pada kemiringan kohesi dapat menjaga aktivitas ini tanpa kehilangan stabilitas serta juga dikenal sebagai sudut atas istirahat. Ketika lereng memiliki sudut ini, kekuatan geser yang sempurna dapat menahan gaya gravitasi yang bekerja di atasnya.

Itulah penjelasan mengenai Macam-Macam Tenaga Eksogen, semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan adik-adik tentang apa itu tenaga eksogen. Terima Kasih.

Baca Juga >>>

BACA JUGA :   Jenis Hutan Beserta Fungsinya

You May Also Like

About the Author: admin