16 Pengertian Budaya Politik Menurut Para Ahli

16 Pengertian Budaya Politik Menurut Para Ahli

16 Pengertian Budaya Politik Menurut Para Ahli – Kesempatan kali ini kita akan membahas Budaya Politik, lebih jelasnya silahkan simak ulasan berikut ini :

16 Pengertian Budaya Politik Menurut Para Ahli

Pengertian Budaya Politik Menurut Para Ahli

1. Alan R. Ball

Budaya politik ialah suatu susunan yang terdiri dari sikap, kepercayaan, emosi dan nilai-nilai masyarakat yang berhubungan dengan sistem politik serta isu-isu politik.

2. Austin Ranney

Budaya politik yakni seperangkat pandangan-pandangan tentang politik dan pemerintahan yang dipegang dengan bersama-sama, sebuah pola orientasi-orientasi terhadap objek-objek politik.

3. Gabriel A. Almond dan G. Bingham Powell, Jr.

Budaya politik sendiri berisikan sikap, keyakinan, nilai dan keterampilan yang berlaku untuk seluruh populasi, juga kecenderungan dan pola-pola khusus yang terdapat pada bagian-bagian tertentu dari populasi.

4. Sidney Verba

Budaya politik yakni suatu sistem kepercayaan empirik, simbol-simbol ekspresif dan nilai-nilai yang menegaskan suatu situasi dimana tindakan politik dilakukan.

5. Gabriel A. Almond

Budaya politik ialah dimensi psikologis dari sebuah sistem politik yang juga mempunyai peranan penting dalam berjalannya sebuah sistem politik.

6. Miriam Budiardjo

Budaya politik ialah keseluruhan dari pandangan-pandangan politik, seperti norma-norma dan pola-pola orientasi terhadap politik serta pandangan hidup pada umumnya.

7. Marbun.

Budaya politik merupakan pandangan politik yang mempengaruhi sikap, orientasi, dan pilihan politik seseorang, dan budaya politik ini lebih mengutamakan dimensi psikologis dari suatu sistem politik yakni sikap, sistem kepercayaan, simbol yang dimiliki individu dan yang dilaksanakan dalam masyarakat.

8. Larry Diamond.

Budaya politik ialah keyakinan, sikap, nilai-nilai, ide-ide, sentimen dan evaluasi suatu masyarakat tentang sistem politik negeri mereka dan peran masing masing individu dalam sistem itu.

BACA JUGA :   Pengertian Hukum Adat Menurut Para Ahli

9. Mochtar massoed.

Budaya politik yakni sikap dan orientasi warga suatu negara terhadap kehidupan pemerintahan negara dan politiknya.

10. Roy Macridis

Budaya politik ialah sebagai tujuan bersama dan peraturan yang diterima bersama.

11. Dennis Kavanagh

Budaya politik ialah sebagai pernyataan untuk menyatakan lingkungan perasaan dan sikap bagaimana sistem politik itu berlangsung.

12. Robert Dahl

Budaya politik yakni satu faktor yang menjelaskan pola-pola yang berbeda tentang pertentangan politik.

13. Rusadi Kantaprawira

Budaya politik ialah persepsi manusia, pola sikapnya terhadap berbagai masalah politik dan peristiwa politik terbawa juga ke dalam pembentukan struktur dan proses kegiatan politik masyarakat ataupun pemerintahan, karena sistem politik itu sendiri ialah interrelasi antara manusia yang menyangkut soal kekuasaan, aturan dan wewenang (Kantaprawira, 1999:26).

14. Brown (1977)

Budaya Politik yakni sebagai persepsi subyektif tentang sejarah dan politik, keyakinan serta nilai-nilai mendasar, lokus identifikasi dan loyalitas, serta pengetahuan dan harapan-harapan politik yang merupakan produk dari pengalaman sejarah khusus dari bangsa atau kelompok.

15. White ( 1979 )

Budaya politik digunakan sebagai matriks sikap dan perilaku dimana sistem politik berada.

16. Aaron Wildavskus

Budaya politik secara luas menjelaskan tentang orang-orang yang menganut nilai-nilai, keyakinan – keyakinan, dan pilihan – pilihan yang melegitimasi jalan hidup yang berbeda-beda atau menekankan pada keterbukaan terhadap berbagai pendekatan dalam kajian budaya politik.

Itulah sekilas 16 Pengertian Budaya Politik Menurut Para Ahli, terima kasih telah menyempatka membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami, dan anda bisa meninggalkan jejak pada komentar dibawah.

Baca Juga >>>

You May Also Like

About the Author: Estriana Fiwka