20 Pengertian Politik Menurut Para Ahli

20 Pengertian Politik Menurut Para Ahli

20 Pengertian Politik Menurut Para Ahli – Kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pengertian politik menurut beberapa ahli. Dan untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasannya berikut ini :

20 Pengertian Politik Menurut Para Ahli

Pengertian Politik Menurut Para Ahli

1. Andrew Heywood
Politik ialah kegiatan suatu bangsa yang bertujuan untuk membuat, mempertahankan serta mengamandemen peraturan-peraturan umum yang mengatur kehidupannya, yang artinya tidak dapat terlepas dari gejala konflik dan kerjasama.

2. Roger F.Soltau
Politik yakni ilmu yang mempelajari tentang Negara,tujuan-tujuan Negara, dan lembaga-lembaga Negara yang akan melaksanakan tujuan tersebut dan hubungan antara Negara dengan warga negaranya serta Negara lain.

3. Robert
Politik ialah seni memerintah dan mengatur masyarakat manusia.

4. W.A Robson
Politik yakni ilmu yang mempelajari tentang kekuasaan dalam masyarakat, yakni sifat hakiki, dasar, proses-proses, ruang lingkup dan hasil-hasil.

5. Paul Janet
Politik ialah ilmu yang mengatur perkembangan Negara dan juga prinsip-prinsip pemerintahan.

6. Harold Laswell
Politik yaitu ilmu yang mempelajari tentang pembentukan dan pembagian kekuasaan.

7. Ramlan Surbakti
Politik merupakan proses interaksi antara pemerintah dan masyarakat untuk menentukan kebaikan bersama bagi masyarakat yang tinggal dalam suatu wilayah tertentu.

8. F.Isjwara
Politik ialah salah satu perjuangan untuk mendapatkan kekuasaan atau sebagai teknik menjalankan kekuasaan-kekuasaan.

9. Kartini Kartolo
Politik ialah aktivitas perilaku atau proses yang menggunakan kekuasaan untuk menegakkan peraturan-peraturan dan keputusan-keputusan yang sah dan berlaku ditengah masyarakat.

10. Cheppy H.Cahyono
Politik ialah macam-macam kegiatan dalam system politik atau Negara yang menyangkut dengan proses menentukan dan sekaligus melaksanakan tujuan-tujuan sistem tersebut.

11. Carl Schmidt
Politik ialah suatu dunia yang didalamnya orang-orang lebih membuat keputusan-keputusan daripada lembaga-lembaga yang abstrak.

BACA JUGA :   Contoh Surat Resmi Yang Baik dan Benar

12. Litre
Politik merupakan ilmu memerintah dan mengatur Negara.

13. Sri Sumantri
Politik ialah pelembagaan dari hubungan antar manusia yang dilembagakan dalam bermacam-macam badan politik baik itu suprastruktur politik dan infrastruktur politik.

14. Wilbur White
Politik yakni ilmu yang mempelajari tentang asal mula, bentuk-bentuk dan proses-proses Negara dan pemerintah.

15. Ossip K.Flechteim
Politik yakni ilmu sosial yang khusus mempelajari sifat dan tujuan dari Negara sejauh Negara merupakan organisasi kekuasaan, dan sifat serta tujuan gejala-gejala kekuasaan lain yang tak resmi yang dapat mempengaruhi Negara.

16. Seely dan Stephen Leacock
Politik ialah ilmu yang cocok dalam menangani pemerintahan.

17. Adolf Grabowsky
Politik yakni menyelidiki Negara dalam keadaan bergerak.

18. Aristoteles
Politik ialah usaha yang ditempuh warga Negara untuk mewujudkan kebaikan bersama.

19. Ibnu Aqil
Politik yakni hal-hal praktis yang lebih mendekati kebaikan bagi manusia dan lebih jauh dari kerusakan meskipun tidak digariskan oleh Rasulullah SAW.

20. Rod Hague
Politik ialah kegiatan yang menyangkut cara bagaimana kelompok-kelompok mencapai keputusan-keputusan yang bersifat kolektif dan mengikat dengan usaha untuk mendamaikan perbedaan-perbedaan diantara anggota-anggotanya.

Itulah sekilas 20 Pengertian Politik Menurut Para Ahli, terima kasih telah menyempatka membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami, dan anda bisa meninggalkan jejak pada komentar dibawah.

Baca Juga >>>

BACA JUGA :   Pengertian Hukum Adat Menurut Para Ahli

You May Also Like

About the Author: Estriana Fiwka