25 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

25 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

25 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli – Kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pengertian pendidikan menurut beberapa ahli. Dan untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasannya berikut ini :

25 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

1. Prof. H. Mahmud Yunus

Pendidikan sebagai suatu usaha yang dilakukan dengan sengaja untuk mempengaruhi dan membantu anak – anak didik yang betujuan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan, jasmani dan kahlak sehingga dengan perlahan dapat mengantarkan anak pada tujuan dan cita – citanya yang paling tinggi. Sehingga mereka dapat memperoleh kehidupan yang bahagia dan yang dilakukannya dapat memberikan manfaat agri dirinya sendiri, masyarakat, agama, bangsa dan negara.

2. Abdullah Ibnu Al-Muqafah

Pendidikan ialah kebutuhan untuk mendapatkan sesuatu yang akan menguatkan dan mencapai peradapan yang tinggi atau kesempurnaan yang merupakan santapan akan serta rohaninya.

3. Plato

Pendidikan ialah sesuatu yang dapat membantu perkembangan individu dari jasmani dan akal dengan sesuatu yang dapat memungkinkan tercapainya sebuah kesempurnaan.

4. Mary McLeod Bethune

Ia menjelaskan Pendidikan dalam arti sempit ialah suatu perbuatan atau proses untuk memperoleh sebuah pengetahuan.

5. Edgar Dale

Pendidikan ialah suatu usaha yang dilakukan dengan sadar oleh keluarga, masyarakat atau pemerintah melalui bimbingan, pengajaran, pembelajaran dan pelatihan yang berlangsung, baik dilakukan disekolah maupu diluar sekolah sepanjang hidup untuk mempersiapkan peseta didik agar dapat menjalankan perannya dalam lingkungan untuk masa yang akan datang.

6. Prof.Dr.John Dewey

Ia menjelaskan bahwa pendidikan ialah suatu pengalaman karena hidup merupakan pertumbuhan maka pendidikan artinya dapat membantu pertumbuhan batin manusia tanpa adanya batasan usia dimana proses pertumbuhan itu sendiri bisa diperoleh dari pendidikan.

BACA JUGA :   Perbedaan Dunia Hewan Dan Dunia Tumbuhan Lengkap

7. M.J.Langveld

Ia mengemukakan pendidikan sebagai upaya dalam membimbing manusia yang belum dewasa menuju arah kedewasaan. Juga dapat diartikan sebagai usaha untuk mencapai penentukan diri dan usaha untuk membantu anak melakukan tugas dalam hidupnya agar lebih mandiri dan bertanggung jawab.

8. Prof.Herman H.Horn

Pendidikan ialah sebuah proses dari penyesuaian kearah lebih tinggi bagi individu yang telah berkembang secara fisik dan mental dan kadar kepada Tuhan seperti termanifestasikan pada alam disekitarnya, emosional, intelektual serta kemauan dari manusia.

9. Driyarkara

Pendidikan sebagai upaya dalam memanusiakan manusia atau pengangkatan manusia muda pada taraf yang lebih tinggi atau insani.

10. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Pendidilan merupakan suatu proses pembelajaran bagi setiap individu untuk dapat mencapai pengetahuan dan pemahaman yang lebih tinggi tentang objek tertentu dan lebih spesifik. Pengetahuan yang di dapat secara formal akan berakibat pada setiap individu yakni memiliki pola pikir, erilaku dan akhlak sesuai dengan pendidikan yang telah diperolehnya.

11. Ki Hajar Dewantara

Menjelaskan bahwa pendidikan ialah suatu tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak, Jadi, pendidikan itu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada setiap individu atau peserta didik supaya sadar sebagai manusia dan anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan hidup setinggi-tingginya.

12. Stella van Petten Henderson

Pendidikan ialah suatu kombinasi dari pertumbuhan dan perkembangan manusia dengan warisan sosial.

13. Kohnstamm dan Gunning

Menurut mereka pendidikan ialah sebuah pembentukan hati nurani manusia. Pendidikan ialah sebagai suatu proses pembentukan dan penentuan diri secara etis yang sesuai dengan hati nurani.

14.H. Horne

Pendidikan ialah sebagai proses yang dilakukan dengan konisten atau terus menerus dari penyesuaian yang lebih tinggi bagi individu yang sudah berkembang, baik secara fisik ataupun mnetal.

BACA JUGA :   12 Pengertian Musik Menurut Para Ahli

15. Frederick J. Mc Donald

Ia menjelaskan bahwa pendidikan ialah sebagai proses yang arah tujuannya ialah mengubah tabiat menusia kearah yang lebih baik.

16. Ahmad D. Marimba

Pendidikan ialah suatu proses bimbingan yang dilakukan dengan sadar oleh pendidik pada suatu proses perkembangan jasmani dan rohani peserta didinya, dengan tujuan untuk membentuk kepribadian yang lebih unggul.

17. Carter V. Good

PAndidikan ialah sebagia suatu proses perkembangan kecakapan seseorang atau peserta didik dalam bentuk sikap dan prilaku yang berlaku dalam masyarakat. Proses itu dipengaruhioleh lingkungan yang terpimpin, khususnya dlam lingkungan sekolah sehingga dapat tercapai kecakapan sosial dan dapat mengembangkan kepribadian secara utuh.

18. Ensiklopedia Pendidikan Indonesia

Pendidikanmerupakan proses membimbing manusia dari sebuah kegelapan, ketidaktahuan, lebodohan serta kecerdasan pengetahuan.

19. Undang-Undang SISDIKNAS No. 20 tahun 2003

Dalam UU dijelaskan bahwa pendidikan ialah usaha yang dilakukan dengan sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana dan proses pembelajran supaya peserta didik dengan aktif mampu mengmbangkan potensi yang ada dalam dirinya untuk mempunyai kekuatan spiritual keagamaan, kepribadian yang baik, berakhlak mulian, pengendalian diri, kterampila, dan kecerdasan yang diperlukan oleh dirinya dan masyarakat.

20. Thedore Brameld

Pendidikan ialah suatu proses yang lebih luas dari pada proses berlangsungnya dalam sekolah. Pendidikan adalah suatu kegiatan sosial yang memungkinkan masyarakat tetap ada dan terus berkembang.

21. Prof.Zaharai Indris, M.A.

Pendidikan ialah serangkaian kegiatan berkomunikasi yang bertujuan supaya manusia dewasa atau pendidik dengan peserta didik saling bertatap muka atau dengan menggunakanmedia dalam rangka ma\emberikan bantuan pada perkembangan anak dengan utuh.

22. Ahmad D. Marimba

Pendidikan ialah pimpinan atau bimbingan secara sadar oleh pihak pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rihani anak didik menuju terbentuknya kepribadian yang utama.

BACA JUGA :   18 Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli

23. An-Nahlawi

Pendidikan dalam bahsa Arab ialah tarbiyah, arti tarbiyah atau pendidikan ialah segala usaha dalam megurus, mengatur dan memperbaiki segala sesuatu atau potensi yang sudah ada dari lahir agar tumbuh dan berkembang menjadi lebih dewasa.

24. Ibnu Sina

Pendidikan atau pembelajaran berhubungan dengan seluruh aspek yang ada pada diri manusia, mulai dari fisik, mental ataupun moral. Pendidikan dilarang mengabaikan perkembangan fisik dan apapun yang memiliki pengaruh terhadap perkembangan fisik seperti olahraga, meinuman, makanan, kebersihan dan tidur. Jadi pendidikan tidak hanya memperhatikan aspek moralnya saja namun juga membentuk individu yang menyeluruh termasuk jiwa, karakter dan fikiran.

25. Godfrey Thimson

Pendidikan ialah pengaruh lingkungan atas individu untuk menghsilkan perubahan tepat di dalam kebiasaan atau adat tingkah laku, pikiran dan perasannya.

Itulah ulasan sekilas penjelasan tentang 25 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>

You May Also Like

About the Author: Estriana Fiwka