Pengertian Pramuka serta Sejarah Pramuka di Dunia dan Indonesia

Pengertian pramuka serta Sejarah Pramuka di Dunia dan Indonesia

Pengertian pramuka serta Sejarah Pramuka di Dunia dan Indonesia – Di dunia Pramuka dikenal dengn Scout atau Scouting atau Scout Movement yang bertujuan utnuk mengembangkan para pemuda secara fisik, mental dan spiritual. Pramuka di dunia dimulai pada 25 Jui 1907 saat Lprd robert Baden Powell yang saat itu menjabat sebagai Letnan Jendral tentara Inggris untuk pertama kalinya mengadakan perkemahan pramuka dipulau Brown Sea, Inggris yang berlangsung selama delapan hari. Lalu pada tahun 1908 Beliau menulis buku tentang prinsip dasar kepramukaan yang berjudul “Scouting For Boys” yang artinya pramuka untuk laku-laki.

Lalu dengna bantuan adik peempuan Baden Powell pada tahun 1912yang bernama Agnes maka terbentuklah sebuah organisasi pramuka untuk perempuan dengan sebutan “Girls Guides” dan irganisasi ini dilanjutkan oleh istri baden Powell.

Pada tahun 1916 didirikanlah keompok pramuka siaga dengan nama CUB atauAnak Srigala. Kegiatan ini erpedoman apda dasar dari sebuah buku yang berjudul “The Jungle Book” yang dikarang oleh Rudyard Kipling. Baden Powell kembali membentuk Rover Scout pada 1918 yakni organisasi pramuka bagi mereka yang usianya tlah mencapai17 tahun. Lalu empat tahun kemudian yakni tahun 1922 Boden Powell menerbitkan buku yang berjudul “Recovering To Succes”, dalam buku ini menggambarkan seorang pemuda yang harus mengayuh sampannya untuk meunju kepantai bahagia.

Jambore Dunia

Tahun 1920 ialah tauh yang sangat berpengaruh dalam sejarah pramuka dimana saat itu untuk pertama kalinya diadakan jambore di dunia dan ditahun yang sama dibentuklah Dewan Internasional Pramuka yang beranggotakan sembilan orang biro dan biro pusat di London. Biro pramuka putra dunia mempunyai lima kantor wilayah yakni Costa Rica, Mesir, Filipina, Swiss dan Nigeria dan untuk Pramuka Putri mempunyai lima kantor pusat sekretaris di London dan biro kantor wilayah di Amerika Latin, Arab, Eropa dan Asia Pasifik.

BACA JUGA :   Sejarah Bola Basket di Dunia dan Indonesia

Jambore dunia pertama dilaksanakan di Olympia Hall, diundang juga peserta dari ua puluh tujuh (27) Negara dan pada saat itu Baden Powell diangkat sebagai Bapak Pandu Sedunia atau Chief Scout of The World.

Pelaksanaan Jambore dunia selanjutnya:

  • Tahun 1924 ke II di Ermelunden, Copenhagen, Denmark
  • Tahun 1929 ke III di Arrow Park, Birkenhead, Inggris
  • Tahun 1933 ke IV di Godollo, Budapest, Hongaria
  • Tahun 1937 ke V di Vogelenzang, Blomendaal, Belanda
  • Tahun 1947 ke VI di Moisson, Prancis
  • Tahun 1951 ke VII di Salz Kamergaut, Austria
  • Tahun 1955 ke VIII di Sutton Park, Sutton coldfild, Inggris
  • Tahun 1959 ke IX di Makiling, Philipina
  • Tahun 1963 ke X di Marathon, Yunani
  • Tahun 1967 ke XI di Idaho, Amerika Serikat
  • Tahun 1971 ke XII di Asagiri, Jepang
  • Tahun 1975 ke XIII di Lillehammer, Norwegia
  • Tahun 1979 ke XIV di Neishaboor, Iran (tetapi dibatalkan)
  • Tahun 1983 ke XV di Kananaskis, Alberta, Kanada
  • Tahun 1987 ke XVI di Cataract Scout Park, Australia
  • Tahun 1991 ke XVII di Korea Selatan
  • Tahun 1995 ke XVIII di Belanda
  • Tahun 1999 ke XIX di Chili, Amerika Serikat
  • Tahun 2003 ke XX di Thailand

Sejarah Pramuka Di Dunia

Ternyata gagasan organisasi yang dibentuk oleh Baden Powell tersebut menyebar dalam waktu singkat ke berbagai negara termasuk ke Belanda. Di negara tersebut gerakan pramuka dinamai Padvinder dan saat Belanda menguasai Indonesia, mereka membawa gagasan tersebut ke Indonesia. Lalu mereka mendirikan organisasi tersebut d Indonesia dinamakan NIPV atau Nederland Indische Padvinders Vereeniging yang artinya Persatuan Pandu-Pandu Hindia Belanda.

Pengertian pramuka serta Sejarah Pramuka di Dunia dan Indonesia

Dalam perkembangannya para pemimpin gerakan nasional membentuk organisasi kepanduan dengan tujuan untuk membentuk manusia Indonesia yang baik dan siap untuk menjadi kader pergerakan nasional. Dalam waktu yang singkat terlahirlah berbagai organisasi kepanduan antara lain JPO atau Javaanse Padvinders Organizatie, JJP atau Jong Java Padvindery, Nationale Islamitsche Padvindery, SIAP atau Sarekat Islam Afdeling Padvindery dan HW atau Hisbul Wathon.

BACA JUGA :   Perkembangan Negara Tradisional Islam di Indonesia

Lalu pemerintah Hinda Belanda memberikan larangan penggunaan istilah Padvindery. Karenanya K.H.Agus Salim mengganti nama Padvindery menjadi Kepanduan atau Pandu dan menjadi cikal bakal dalam SejarahPramuka di Indonesia.

Setelah kejadian sumpah pemuda, kesadaran nasional juga semakin meningkat, karenanya banyak dari tokoh Pandu yang beralih dan memilih untuk masuk dalam Keibondan, PETA dan Seinendan. Setelah Proklamasi kemerdekaan diumumkan kembali dibentuk organisasi kepanduan yakni Pandu Rakyat Indonesia pada 28 Desember 1945 dan menjadi satu-satunya organisasi kepanduan.

Organisasi Kepanduan Indonesia pada tahun 1961 terpecah menjadi 100 organisasi kepanduan dan terhimpun dalam tiga federasi organisasi yakni Ikatan Pandu Indonesia atau IPINDO yang berdiri pada 13 September 1951, Persatuan Pandu Puteri Indonesia atau POPPINDO pada tahun 1954 dan Persatuan Kepanduan Puteri Indonesia atau PKPI. Sadar dengan kelemahan karena terpecah maka akhirnya ketiga federasi tersebut bergabung menjadi satu dengan nama PERKINDO atau Persatuan Kepanduan Indonesia.

Sejarah lahirnya Pramuka di Indonesia dianggap lahir pada tahun 1961,ini karena didasarkan pada Keppres RI No. 112 tahun 1961 tanggal 5 April 1961, mengenai Panitia Pembantu Pelaksana Pembentukan GErakan Pramuka degans usunan keanggotaan seperti yang disebutkan oleh presidenpada 9 Meret 1961.

Kenapa peringatan hari Pramuka jatuh pada tanggal 14 Agustus, itu karena pada tanggal 14 agustus 1961 ialah hari dimana Gerakan Pramuka di perkenalkan keseluruh Indonesia dan ditetapkan sebagai Hari Pramuka yang akan diikuti dengan pawai besar, Sebelumnnya presiden telah melantk Mapinas, Kwarnas dan Kwarnari.

Itulah sekilas penjelasan tentang Pengertian pramuka serta Sejarah Pramuka di Dunia dan Indonesia, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

BACA JUGA :   Tips Menabung Ibu Rumah Tangga

Baca Juga >>>

You May Also Like

About the Author: Estriana Fiwka