Pengertian, Fungsi dan Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Pengertian, Fungsi dan Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Masterpendidikan.com – Pengertian, Fungsi dan Cara Membuat Surat Lamaran Kerja. Saat melamar sebuah pekerjaan, pastinya kita harus memberikan surat lamaran kerja yang nantinya akan menjadi bahan pertimbangan bagi bagian personalia untuk melihat apakah kita cocok mengisi kekosongan pada posisi yang kita lamar.

Kita tidak boleh sepele dalam membuat surat lamaran kerja agar lebih terlihat menarik dan berkesan. Karena hingga saat ini banyak sekali para pelamar kerja yang membuat surat lamaran secara asal, bahkan ada yang menggunakan form surat lamaran yang ada di toko penjualan alat tulis sehingga menjadi tidak menarik.

Untuk itu, kita harus mengetahui bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang benar. Seperti yang akan kita bahas kali ini, mengenai pengertian, fungsi hingga cara membuat surat lamaran kerja. Berikut penjelasannya.

Pengertian Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja merupakan surat yang yang dibuat seseorang untuk diberikan kepada orang ataupun perusahaan yang sekiranya dapat memberikan pekerjaan. Surat ini bersifat resmi atau formal karena ditujukan untuk melamar sebagai karyawan pada posisi tertentu sesuai dengan info yang didapatkan sebelumnya.

Fungsi dari Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja yang kita tujukan kepada seseorang ataupun perusahaan memiliki beberapa fungsi sebagai berikut:

1. Sebagai bukti tertulis

Bersamaan dengan surat ini para pelamar kerja akan memasukkan informasi seputar identitasnya mulai dari riwayat hidup, fotokopi KTP, fotokopi ijazah, pas foto hingga tanda tangannya yang nantinya berfungsi sebagai bukti tertulis yang bisa menjamin dan dipertanggungjawabkan atas apa yang sudah dituliskan oleh penulis atau pelamar kerja tersebut.

BACA JUGA :   Contoh dan Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di Bank

2. Sebagai alat komunikasi

Sama seperti surat pada umumnya yang memiliki fungsi sebagai alat komunikasi. Surat lamaran kerja juga memiliki fungsi tersebut karena sudah tertera semua data diri beserta lampiran lainnya yang berperan sebagai perwakilan dari sang pelamar kerja tersebut.

3. Sebagai bahan pertimbangan

Seperti yang sudah dijelaskan diawal, surat lamaran kerja berfungsi sebagai bahan pertimbangan bagian personalia untuk melihat apakah kita cocok untuk ditempatkan pada posisi yang sedang dibutuhkan.

Syarat – Syarat Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja memiliki beberapa syarat yang harus diperhatikan, yaitu:

  • Menggunakan bahasa Indonesia yang benar dan baik.
  • Merupakan tulisan tangan yang tersusun rapi.
  • Menggunakan bahasa yang sopan.
  • Berisikan tentang maksud, identitas, riwayat pendidikan dan pekerjaan sebelumnya, serta lampiran lain.

Ciri – Ciri Surat Lamaran Kerja

Terdapat beberapa ciri – ciri dalam surat lamaran kerja yang harus kamu tahu, agar surat lamaran kerjamu menjadi lebih tersusun rapi serta menarik. Berikut ciri – cirinya:

  • Memuat tempat dan tanggal pembuatan surat.
  • Cantumkan perihal dan lampiran.
  • Masukkan alamat surat.
  • Buat salam pembuka.
  • Alinea pembuka diisi dengan maksud dan tujuan dari surat tersebut.
  • Pada bagian isi cantumkan semua data diri hingga lampiran lainnya.
  • Tutup surat dengan menunjukkan keantusiasan kita pada posisi yang dilamar.
  • Tanda tangan dan nama jelas.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Benar

Selain isi dari surat lamaran yang sudah seharusnya mengikuti syarat – syarat di atas, kita juga harus memperhatikan cara lainnya agar surat lamaran kerja kita semakin bagus dan berkesan, seperti beberapa cara di bawah ini:

1. Perhatikan kerapihan dan kebersihan

Pastikan amplop tidak kusam dan terlipat karena hal ini juga dapat menunjukkan karakter kamu yang sebenarnya. Jadi, alangkah baiknya kamu memperlihatkan kerapihan dan kebersihan dimulai dari amplop dan juga kertas lamaran kamu yang bersih dari noda dan coretan.

BACA JUGA :   Contoh dan Cara Membuat Surat Niaga

2. Tuliskan identitas dengan lengkap

Lengkapi semua yang berkaitan dengan identitas diri kamu karena hal ini akan mempermudah perusahaan dalam menimbang dan menghubungi kamu untuk lanjut ke tahap berikutnya.

3. Tulis tujuan surat

Pastikan kamu sudah menuliskan alamat tujuan surat lamaran kerja kamu secara lengkap agar sampai ke orang atau perusahaan yang di tuju.

Demikianlah pengertian dan penjelasan lainnya mengenai surat lamaran kerja. Semoga bermanfaat dan secepatnya kamu mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuan kamu.

You May Also Like

About the Author: Herianto Fitriadi