Pengertian, Jenis dan Manfaat dari Blog

Pengertian, Jenis dan Manfaat dari Blog

Masterpendidikan.comPengertian, Jenis dan Manfaat dari Blog. Untuk pengguna internet, pasti pernah bahkan sering membuka suatu blog untuk membaca atau sekedar mencari informasi yang memang kamu butuhkan. Namun, apakah kamu sudah tahu apa yang dimaksud dengan blog? Dan apakah kamu tahu bahwa blog juga terbagi menjadi beberapa jenis? Jika kamu belu tahu, kamu bisa mengikuti postingan ini karena akan membahas pengertian, jenis serta manfaat dari blog. Simak baik –baik ya.

Apa yang Dimaksud Dengan Blog?

Pada umumnya, blog merujuk pada sebuah aktifitas menulis secara online. Sehingga dulunya, sebagian orang menggunakan blog untuk menulis cerita tentang kehidupan sehari – hari yang juga dapat penulis blog bagikan dan  semua orang baca secara online. Namun, seiring kemajuan dalam teknologi, blog menjadi suatu tempat untuk menyampaikan informasi dan konten lainnya.

Blog adalah website yang berisikan konten – konten seperti tulisan, gambar, link, video ataupun perpaduan yang dapat juga berisikan pengalaman pribadi, opini serta observasi yang penulis buat atau biasa kita sebut sebagai blogger.

Jenis – Jenis Blog

Blog terbagi menjadi beberapa jenis yang juga dapat penulis manfaatkan sesuai dengan kebutuhan, seperti berikut ini:

Blog Resmi

Biasanya blog ini sebuah perusahaan yang membuatnya, tentunya bertujuan untuk memberikan informasi mengenai produk mereka.

Blog Pribadi

Biasanya blog ini perseorangan yang mengelolanya dengan isi pengalaman pribadi ataupun tentang keseharian dari penulis dan pembuatan secara sederhana dan sifatnya santai.

BACA JUGA :   Pengertian, Elemen dan Jenis Teori Komunikasi

Blog Profesional

Bersifat tematik, blog ini biasanya mengangkat tema yang penting bagi oprang banyak sehingga bahasa yang digunakan pun lebih tertata rapi.

Blog Citizen

Dikelola oleh beberapa orang dalam satu kelompok dan membahas bermacam topik yang dapat dinikmati para pembacanya seperti isu – isu terkini dan sedang ramai diperbincangkan.

Blog Niche

Membahas tema tertentu dengan menggunakan kata kunci atau keywords agar memudahkan orang – orang untuk mengakses blog sesuai dengan kata kunci yang digunakan dalam pencarian. Blog ini juga menggunakan adsense untuk menambah pemasukan.

Blog Bisnis

Biasanya blog ini perusahaan yang mengelola, bertujuan untuk mempromosikan barang atau jasa yang menjajakan produk mereka seperti Lazada, Tokopedia dan lainnya.

Manfaat dari Blog

Tidak hanya sebagai media untuk menuangkan hobi menulis, blog juga memiliki manfaat lainnya seperti berikut ini:

Media untuk bertukar informasi

Sebagai pengunjung suatu blog, kita pastinya akan mendapatkan informasi baru yang belum kita ketahui. Begitu pula bagi penulis blog yang memiliki tujuan untuk membagikan informasi kepada pembaca setianya.

Dapat mengasah kemampuan menulis

Seperti yang kita tahu bahwa tulisan yang ada dalam sebuah blog bisa semua orang baca secara online. Bahkan para blogger juga dapat menambahkan kolom komentar agar para pembaca dapat memberi masukan baik perihal materi maupun tulisan.

Menambah pemasukkan

Bagi sebagian blogger yang memiliki blog bisnis, niche dan resmi juga bisa menambahkan adsesnse yang tentunya dapat menambah pemasukkan.

Dapat menjadi tempat promosi maupun penjualan produk

Ini berkaitan dengan blog resmi yang telah kita bahas sebelumnya, karena dengan blog resmi para pengusaha dan perusahaan dapat mempromosikan produk mereka.

Itulah sedikit ulasan mengenai pengertian, jenis dan manfaat blog yang perlu kita ketahui. Semoga bermanfaat dan dapat menambah informasi bagi kamu yang membutuhkan.

BACA JUGA :   Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis, Kriteria, Manfaat dan Prinsip Adiwiyata

You May Also Like

About the Author: Herianto Fitriadi