Pengertian SKS

Pengertian SKS

Masterpendidikan.com – Jika anda sedang atau belum kuliah, tentu saja anda akan mendengar kata SKS. Artikel ini akan membahas lengkap Pengertian SKS.

Anda yang saat ini sudah berada di tahun terakhir SMA tentu harus segera bersiap untuk mengikuti SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru). Nah sebagai calon mahasiswa tidak ada salahnya mempelajari istilah-istilah penting yang akan segera akrab dengan keseharian di kampus.

Tidak jarang mahasiswa baru bertanya-tanya apa itu SKS yang seringkali di bahas di lingkungan akademis kampus.

SKS atau sistem kredit semester adalah bobot dari masing-masing mata kuliah yang diampu oleh mahasiswa.

Apa itu SKS? Pengertian SKS

SKS adalah kependekan dari Satuan Kredit Semester yang merupakan beban studi pada setiap mata kuliah. SKS ini jumlahnya berlainan pada tiap mata kuliah, misalnya 2, 3, atau 4 SKS. Untuk mata kuliah yang penting beban SKSnya juga biasanya berat yaitu 4 SKS.

Secara umum, SKS digunakan sebagai tolak ukur:

  • Besarnya beban studi mahasiswa.
  • Pengakuan kuantitatif atas keberhasilan usaha belajar mahasiswa.
  • Besar usaha belajar yang diperlukan mahasiswa untuk menyelesaikan suatu program, baik program semesteran maupun program lengkap.
  • Besarnya usaha penyelenggaraan pendidikan bagi tenaga pengajar.

Umumnya ini untuk mata kuliah-mata kuliah terkait jurusan yang anda ambil. Untuk skripsi yang konon merupakan tantangan terberat mahasiswa, bebannya bisa mencapai 6 SKS. Jadi kesimpulannya, semakin besar bobot SKS suatu mata kuliah, bebannya juga semakin berat dan menuntut kamu untuk berjuang keras.

Berikut contoh pengambilan beban SKS pada satu semester.

Pengertian SKS

Demikianlah penjelasan tentang apa itu SKS yang berhubungan dengan studi di perguruan tinggi. Semoga dapat menambah wawasan anda.

BACA JUGA :   Cara Registrasi Daftar Akun OSS Online

You May Also Like

About the Author: admin