Perdagangan Internasional adalah

Perdagangan Internasional adalah

Masterpendidikan.com – Perdagaan internasional adalah perdagangan barang atau jasa yang dilakukan antar negara atas dasar kesepakatan.

Perdagangan internasional telah mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang cukup pesat saat ini. Berbagai faktor seperti teknologi, internet, kerjasama antar negara, dan pasar bebas mendukung perkembangan tersebut.

Pengertian

Secara umum dapat diartikan sebagai sebuah kegiatan jual beli yang dilakukan dua pihak yang berbeda negara. Sistem ini melibatkan antar negara, pihak individu, dan perusahaan yang melakukan perdagangan dengan pihak dari negara lain.

Tujuan

Tujuan yang paling utamanya adalah untuk memenuhi kebutuhan di suatu negara yang tidak tersedia di negara tersebut, namun kebutuhannya terdapat di negara lain. Sebagai contoh, negara Indonesia membutuhkan produk mesin, namun produk tersebut hanya tersedia di Jepang.

Bentuk perdagangan internasional

  • Perdagangan bilateral
    Adalah perdagangan yang dilakukan antar dua negara
  • Perdagangan regional
    Adalah perdagangan yang dilakukan oleh negara-negara yang berada pada lingkup kawasan tertentu, misalnya ASEAN, negara uni Eropa
  • Perdagangan multilateral
    Adalah perdagangan antar negara tanpa dibatasi kawasan tertentu.

Manfaat

Dengan melakukan perdagangan secara internasional, sudah pasti setiap negara akan mendapatkan manfaat yang besar.

Memperoleh barang yang tidak dapat diproduksi di negara sendiri
Masyarakat negara Indonesia dapat mengkonsumsi kurma walaupun tidak dapat tumbuh di Indonesia.

Memperluas pasar sehingga meningkatkan efisiensi produksi
Dengan adanya perdagangan internasional maka pasar untuk barang yang diproduksi di suatu negara akan bertambah sehingga akan meningkatkan skala ekonomis sehingga biaya produksi semakin murah.

Mendorong alih teknologi
Dengan melakukan perdagangan dengan negara maju, negara berkembang dapat mempelajari teknologi yang digunakan, sehingga mendorong peningkatan pengetahuan akan teknologi di negara berkembang.

BACA JUGA :   Definisi, Asal Usul, Kepercayaan, Bahasa dan Mata Pencaharian Suku Baduy

Keuntungan Internal dan Eksternal
Keuntungan secara internal tentu bisa dirasakan oleh negara yang bersangkutan. Semtara eksternalnya adalah dirasakan oleh negara lain yang terlibat di dalamnya. Sehingga dalam sebuah perdagangan terjadi hal yang saling menguntungkan satu sama lain.

 

You May Also Like

About the Author: admin