Cara Registrasi Daftar Akun OSS Online

Cara Registrasi Daftar Akun OSS Online

Masterpendidikan.com – Cara Registrasi Daftar Akun OSS Online – Berikut ini adalah panduan cara daftar atau registrasi akun OSS di https://oss.go.id.

OSS adalah sebuah platform perizinan yang dibuat oleh pemerintah untuk pengurusan izin berusaha pelaku usaha. Pelaku usaha ini dapat berupa badan usaha maupun perorangan; Usaha mikro, kecil, menengah maupun besar; dan juga Usaha perorangan atau badan usaha baik yang baru berdiri maupun yang sudah berdiri sebelum aturan OSS ini disahkan. Termasuk juga Usaha dengan modal yang seluruhnya berasal dari dalam negeri, maupun yang terdapat komposisi modal asing.

OSS digunakan dalam pengurusan izin berusaha oleh pelaku usaha dengan karakteristik diantaranya berbentuk badan usaha maupun perorangan (Usaha mikro, kecil, menengah maupun besar).

Cara Registrasi Daftar Akun OSS Online

Anda harus melakukan langkah-langkah ini jika ingin mengurus Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik atau Online Single Submission ( OSS).

Cara Registrasi Daftar Akun OSS Online

Username dan password yang dikirimkan ke alamat email masing-masing tersebut lantas digunakan untuk login ke akun OSS yang sudah teraktivasi. Setelah masuk ke akun masing-masing, Pengguna dapat melengkapi maupun mengubah data seperti email dan password. Setelah itu, akun siap digunakan untuk memperoleh Nomor Induk Berusaha (NIB).

Manfaat menggunakan OSS

  1. Mempermudah pengurusan berbagai perizinan berusaha baik prasyarat untuk melakukan usaha (izin terkait lokasi, lingkungan, dan bangunan), izin usaha, maupun izin operasional untuk kegiatan operasional usaha di tingkat pusat ataupun daerah dengan mekanisme pemenuhan komitmen persyaratan izin
  2. Memfasilitasi pelaku usaha untuk terhubung dengan semua stakeholder dan memperoleh izin secara aman, cepat dan real time
  3. Memfasilitasi pelaku usaha dalam melakukan pelaporan dan pemecahan masalah perizinan dalam satu tempat
  4. Memfasilitasii pelaku usaha untuk menyimpan data perizinan dalam satu identitas berusaha (NIB)

You May Also Like

About the Author: admin