Urutan Kejadian Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Kejadian Seputar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

KetigaMasterpendidikan.com – Urutan Kejadian Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Posisi urutan kejadian seputar proklamasi kemerdekaan Indonesia sebagai berikut ini:

Urutan Kejadian Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Kejadian Seputar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Kejadian Seputar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

6 Agustus 1945

Pertama, kota Hiroshima yang berada pada negara Jepang dijatuhkan bom atom pertama oleh Amerika Serikat.

7 Agustus 1945

Kedua, BPUPKI dibubarkan dan dibuat PPKI. Pada dasarnya selain perubahan nama ini adalah sebuah perubahan beberapa visi misi yang menyesuaikan dengan keadaan saat itu.

9 Agustus 1945

Ketiga, kota Nagasaki Jepang dijatuhkan bom atom ke-2 oleh Amerika Serikat, dan Jenderal Terauchi panggil Soekarno, Moh Hatta dan Radjiman Wedyodiningrat ke Dalat, Saigon (Vietnam).

12 Agustus 1945

Soekarno, Moh Hatta dan Radjiman Wedyodiningrat ke Dalat berjumpa Marsekal Terauchi yang memperjelas Jepang akan memberikan kemerdekaan ke bangsa Indonesia.

14 Agustus 1945

Soekarno, Moh Hatta, Radjiman Wedyodiningrat kembali pada Indonesia. Sutan Syahrir menekan Soekarno Hatta untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

15 Agustus 1945

Jepang berserah tiada persyaratan ke Sekutu dan berlangsung kekosongan kekuasaan (vacuum of power) di Indonesia, dan Kelompok muda menekan Soekarno selekasnya memproklamasikan kemerdekaan paling lamban 16 Agustus 1945. Soekarno menampik sebab pengin minta opini beberapa anggota PPKI.

16 Agustus 1945

Pagi hari, Soekarno dan Moh Hatta dlcuri oleh kelompok muda ke Rengasdengklok Karawang dan dlminta selekasnya memproklamasikan kemerdekaan Indonesia lewat radio. Malamnya , Soekarno dan Moh Hatta kembali pada Jakarta. Di dalam rumah Laksamana Maeda Tadashi beberapa figur nasional bergabung untuk berdialog mengenai penyiapan proklamasi kemerdekaan RI. sampai pagi Soekarno dan Moh Hatta bersama kelompok muda dan kelompok tua mengulas perumusan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia.

BACA JUGA :   Sejarah Singkat Kerajaan Islam di Sulawesi

17 Agustus 1945

Pada pukul 10 pagi Soekarno dan Moh Hatta membacakan text naskah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia di Jalan Pegangsaan Timur 56.

18 Agustus 1945

PPKI menetapkan UUD 1945 selaku landasan dan dasar dari negara Indonesia. UUD 1945 inilah yang melnadasi semua peraturan dan hukum yang ada pada indoesia hingga saat ini.

Kesimpulan

secara singkat, kejadian proklamasi kemerdekaan dengan berawal dari peristiwa jatuh nya bom atom pada Hiroshima dan Nagasaki oleh Amerika. Dan seteresnya berlanjut dengan berlangsungnya Rengasdengklok. Sesudahnya, pembicaraan naskah proklamasi lalu tulis, dan selanjutnya tanggal 17 Agustus 1945 Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta membacakan text naskah proklamasi. keesokannya dkuti dengan legitimasi UUD 1945 selaku landasan negara Indonesia oleh PPKI.

You May Also Like

About the Author: yudha