Pengertian Iklan Slogan dan Poster

Pengertian Iklan Slogan dan Poster

Masterpendidikan.com – Pengertian Iklan Slogan dan Poster – Iklan merupakan salah bagian dari industri perdagangan. Dalam hal ini perusahaan-perusahaan ataupun perorangan menawarkan barang atau jasa yang dimilikinya melalui iklan. Secara umum iklan dapat diartikan sebagai pemberitahuan yang bertujuan mendorong atau membujuk khalayak. Dengan iklan tersebut kamu sebagai anggota masyarakat terbujuk untuk membeli barang atau jasa yang diberitahukan itu.

Istilah iklan sudah familiar dengan dengan kehidupan sehari-hari, entah itu iklan di tv, internet, majalah, koran, banner, selebaran, baliho dan sebagainya. Dalam pelajaran di sekolah pun iklan juga merupakan salah satu materi yang dipelajari.

Pengertian Iklan Slogan dan Poster

Di bawah ini adalah pengertiannya:

Pengertian Iklan

Iklan merupakan salah bagian dari industri perdagangan. Dalam hal ini perusahaan-perusahaan ataupun perorangan menawarkan barang atau jasa yang dimilikinya melalui iklan. Secara umum iklan dapat diartikan sebagai pemberitahuan yang bertujuan mendorong atau membujuk khalayak. Dengan iklan tersebut kamu sebagai anggota masyarakat terbujuk untuk membeli barang atau jasa yang diberitahukan itu.

Pengertian Slogan

Kata atau kalimat pendek yang digunakan untuk dasar pegangan atau prinsip utama dari sebuah usaha, organisasi, dan lainnya. Slogan juga biasa disebut semboyan atau moto yang mengutamakan kepadatan makna dan kehematan kata.

Pengertian Poster

Kata-Kata dan Gambar (Plakat) yang dipajang di tempat umum, yang memberitahukan suatu ide,hal baru, atau hal penting kepada banyak orang dengan mengandalkan perpaduan kata-kata dan gambar.

Perbedaan

  • Poster adalah ajakan yang mengutamakan kekuatan gambar dan kata-kata.
  • Iklan adalah ajakan yang memadukan unsure gambar, kata, gerak, dan suara.
  • Slogan adalah ajakan yang mengutamakan unsur kata-kata.
BACA JUGA :   Pengertian, Sejarah, Fungsi dan Jenis Huruf Beserta Contohnya

Unsur-unsur Iklan, Slogan, dan Poster

Dari penjelasan sebelumnya, kita sudah tahu pengertian dan fungsi dari iklan, slogan, dan poster. Sedangkan penjelasan unsur-unsur yang ada pada ketiga hal tersebut yaitu:

  • Iklan adalah teks persuasif yang menghadirkan perpaduan unsur gambar dengan kata-kata, gerak, dan suara
  • Slogan adalah teks persuasif yang memprioritaskan unsur kata-kata
  • Poster adalah teks persuasif yang memprioritaskan gambar dan kata-kata yang dipajang di tempat-tempat umum.

You May Also Like

About the Author: admin