Pengertian, Jenis, Sifat, Dan Manfaat Radioaktif Serta Efek Yang Ditimbulkannya

Pengertian, Jenis, Sifat, Dan Manfaat Radioaktif Serta Efek Yang Ditimbulkannya

Pengertian, Jenis, Sifat, Dan Manfaat Radioaktif Serta Efek Yang Ditimbulkannya – Radioaktif ialah unsur yang dengan tiba-tiba memancarkan radiasi. Unsur yang termasuk dalam radioaktif biasanya memilki nomor atom diatas 83 seperti uranium yang memiliki nomor atom 92.

Pemanfaatan material ini secara spesifik yakni berdasarkan kemampuan radiasi yang dapat memunculkan peruabahn seperti dapat mengionkan nuklida atau molekul, memutuskan ikatan antara atom sehingga dapat dihasilkan radikal bebas, terbuatnya nukleon menjadi radioaktif akan melepaskan beberapa energi panas.

Suapay bisa memanfaatkan radioaktif emgam efektif dan efisien maka lebih dahulu melakukan identifikasi untuk dapat mengetahui jenis dan jumlah yang akan digunakan. Ini penting karena masing-masing jenis radiasi memiliki sifat yang berbeda sehingga untuk dapat menemukannya keberadaannya bai itu dalam jenis dan jumlah radiasi juga penting untuk memakai cara dan teknik yang khas untuk masing – masing jenis radiasi.

Peluruhan radioaktif terjadi dalam tiga jenis yakni Alpha, Beta dan Gamma dengan simbol huruf pertama dari alfabet Yunaji. Peluruhan ada pada inti atom yang tidak stabil yaitu tidak memiliki energi ikat yang cukup untuk menahan inti bersamakarena kelebihan proton atau neutron.

Radiasi Gamma ialah radiasi yang peling kuat dan dapat menembus beberapa sintimeter dari timah. Partikel dari beta dapat diserap oelh beberapa milimeter alumunium sedagkan alpha akan terhenti jika sudah beberapa sentimeter di udara atau selembar kertas.

Jenis Radio Aktif

1. Alpha
– Tersusun dari inti helum yang didalamnya mengandung 2 rpoton dan 2 neutron.
– Ditemukan tahun 1903 oleh Ernest Rutherford
– Tenaga ionisasi tinggi namun tenaga tembus pada suatu benda lemah.
– Tenaga tembus, sinar a hanya mempunyia daya jangkau 2,8 sampai 8,5 cm dalam udara dan dapat ditahan oleh selembar kertas.

BACA JUGA :   Pengertian Kecepatan dan Rumus Kecepatan Beserta Contohnya

2. Beta
– Tersusun atas elektron yang geraknya cepat.
– Ditemukan tahun 1903 oleh Ernest Rutherford.
– Bermuatan negatif sehingga dalam medan listrik membelok ke kutub positif.
– Tenaga tembus lebih besar dari Alpha, Beta bisa menembus lempeng alumunium yang tebal.
– Dapat mengionkan benda yang dilewati.

3. Gamma

– Ialah gelombang elektromagnetik, sama dengan sinar C namun mempunyai panjang gelombang yang sangat pendek hanya 1-10-3
– Ditemukan Paul Ultich Villard
– Tidak mempunyia muatan istrik.
– Tenaga tembus sangat besar dan hanya dapat ditahan selapis beton atau baja.
– Dapat mengionkan materi yang ia lewati namun tidak sekuat sinar Alpha atau Beta.

Sifat Radioaktif

– Mempunyai daya tembus besar
– Dapat mengionkan gas
– DApat berpendar bila jatuh pada permukaan zat yang berlapis seng sulfida atau seng blende

Manfaatnya Dalam Bidang Pertanian

– Memberantas hama dengan tekhnik jantan mandul
radiasi yang diakibatkan dapat mengakibatkan efek biologis seperti pada hama kubis, telah dikembangbiakan hama kubis dalam bentuj serta jumlah yang banyak kemudian diradiasi sehingga hama jantan mandul lalu dilepas diarea yang diserang hama.

Dengan begitu maka hama yang ada di areal akan kawin dnegan hama yang disebar dan saat bertelur maka telurnya tidak akan menetas sehingga populasinya akan berkurang.

– Memuliakan Tanaman
Pembentukan bibit unggul atau pemuliaan tanaman dapat dilakukan dengan memanfaatkan radiasi, seperti pada bibit padi maka bibit padi akan diradiasi dari dosis yang terkecil hingga mematikan, kemudian biji yang sudah diradiasi disemai dan ditanam bekelompok sesuai ukuran dosis yang diberi.

– Menyimpan Makanan
Kentang merupakan salah satu bahan makanan yang jika disimpan maka akan bertunas maka sebelum disimpan kentang diradiasi dnegan dosis tertentu shingga tidak akan bertunas saat disimpan dalam waktu lama.

BACA JUGA :   Manfaat Mandi Air Hangat Yang Jarang Orang Tahu

Efek Radioaktif Bagi Manusia

2 efek yang dapat terjadi pada kesehatan manusia karena radiasi yang dilakukan yakni dalam jangka pendek dan panjang serta dalam jarak pendek dan lebih besar. Radiasi ini dapat menyebabkan masalah kesehatan dengan membunuh sel dalam tubuh serta jumlah dan jenis kerusakan yang diakibatkan tergantung pada dosis radiasi yang diberikan serta kapan dosis itu disebar.

Bahan radioaktif yang tersebar pada bagian tubuh yang kebih luas dapat menyebabkan efek kesehatan jangka panjang dengan eksposur yang lama, terlebih jika bahan tersebut masuk melalui makanan, tertelan atau terhirup dnegan langusng. Isoptopradioaktif yodium mengalami peluruhan beta dapat menumpuk pada kelenjar toroid dan dapat mengakibatkan kanker tiroid.

Itulah sekilas penjelasan tentang Pengertian, Jenis, Sifat, Dan Manfaat Radioaktif Serta Efek Yang Ditimbulkannya, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>

You May Also Like

About the Author: Estriana Fiwka