Dampak Positif Dan Negatif Perkembangan Iptek

Dampak Positif Dan Negatif Perkembangan Iptek

Masterpendidikan.comDampak Positif Dan Negatif Perkembangan Iptek. Adanya teknologi  memiliki pengaruh besar dalam kehidupan manusia saat ini, karena hampir semua hal yang ada dibuat dengan teknologi. Sehingga tidak heran lagi jika semakin hari teknologi semakin berkembang seiring adanya inovasi terbaru yang bermunculan. Bukan tanpa alasan dikembangkannya teknologi, yakni banyak sekali bidang pekerjaan yang membutuhkan teknologi dan kita pun tertolong karenanya.

Namun, segala sesuatu di dunia, pastinya ada sisa buruk dan baiknya. Begitu pula dengan teknologi yang selain memiliki manfaat, teknologi juga memiliki dampak positif dan negatif. Apa sajakah itu? Berikut ulasan mengenai dampak positif dan negatif dari perkembangan IPTEK.

Apa itu IPTEK?

IPTEK atau Ilmi Pengetahuan dan Teknologi adalah sumber informasi untuk meningkatkan pengetahuan serta wawasan seseorang pada bidang pengetahuan dan teknologi. Namun untuk lebih singkatnya, definisi dari IPTEK adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan teknologi.

Adanya IPTEK juga membuat pengetahuan masyarakat akan teknologi semakin berkembang sehingga mereka pun paham dengan perkembangan zaman modern kini. Bahkan, IPTEK juga dapat dijadikan sebagai alat penyebar informasi dan pengetahuan dengan cepat dan mudah.

Manfaat IPTEK

Selain memudahkan kehidupan manusia, nyatanya IPTEK juga memiliki manfaat lainnya, yakni:

  1. Memudahkan Komunikasi

Tentunyabkiga tahu, smartphone yang kita gunakan untuk berkomunikasi saat ini sudah dibekali dengan teknologi canggih yang dapat mendukung kita dalam berkomunikasi dengan jarak yang jauh sekalipun tanpa mengenal batas.

  1. Membantu Dalam Berbisnis

Seperri halnya smartphone dengan teknologi canggih, kini pun bertebaran aplikasi – aplikasi yang dapat kita manfaatkan untuk berbisnis secara online.

  1. Menyelesaikan Masalah
BACA JUGA :   Sejarah Sepak Bola Indonesia

Meski terdengar tidak mungkin, namun nyatanya teknologi saat ini mampu menyelesaikan hampir semua permasalahan yang ada. Misalnya saja mencari orang yang hilang, atau menemukan cara untuk memperbaiki sebuah alat. Semuanya bisa kita selesaikan dengan menggunakan teknologi.

Dampak Positif dan Negatif IPTEK

Walaupun memiliki banyak manfaat, IPTEK juga memiliki beberapa dampak positif dan negatifnya. Berikut ini diantaranya:

  1. Dampak Positif
    • IPTEK Membuat semua menjadi lebih cepat dan mudah.
    • Meringankan permasalahan yang ada.
    • Mengurangi penggunaan bahan alam yang langka.
    • Membawa manusia ke arah yang lebih maju serta modern.
  2. Dampak Negatif
    • Bisa merusak moral, seperti adanya konten atau video negatif yang tentunya dapat mempengaruhi moral seseorang
    • Membuat orang lebih malas. Karena segala sesuatunya sudah lebih mudah dan cepat, sehingga manusia pun bisa lebih malas dengan mengandalkan teknologi yang ada.

Itulah penjelasan tentang dampak positif dan negatif dari perkembangan IPTEK yang perlu kita ketahui. Pastikan kamu menggunakan teknologi sesuai dengan fungsinya, sehingga tidak terlalu bergantung dan akhirnya membuat kamu tidak bisa apa – apa tanpa adanya teknologi. Semoga bermanfaat dan dapat menambah informasi untuk kita semua.

You May Also Like

About the Author: Herianto Fitriadi