Pengertian, Tugas, Ciri dan Jenis Karyawan

Pengertian, Tugas, Ciri dan Jenis Karyawan

Posted on

Pengertian Karyawan

Umumnya yang dimaksud karyawan ialah orang yang bekerja di suatu perusahaan atau sebuah lembaga dan diberi gaji dengan uang. Atau bisa juga karyawan diartikan sebagai orang yang bretugas sebagai pekerja pada suatu perusahaan atau sebuah lembaga untuk melakukan oprasional tempat kerjanya dengan membrikan balas jasa berupa uang.

Tugas Karyawan

Karyawan bertugas sesuai dengan yang sudah ditentukan oleh seorang pemimpin atau atasannya, biasanya karyawan berkerja hanya melaksanakan tugas – tugas yang diberikan saja atau bisa juga mengekspresikan kreatifitasnya sesuai dengan instruksi yang diberikan.

Ketepatan, kegesitan, ketelitian atau kerapihan dalam bekerja ialah hal – hal yang sangat diperhatikan oleh setiap karyawan. Ini karena biasanya bisa menentukan penilaian karyawan oleh sang pemimpin. Yang biasa menjadi perhatian yakni ketepatan waktu atau sikap disiplin dlam bekerja, Banyak perusahaan yang sangat mementingkan hal ini dlam menilai karyawannya.

Biasanya tidak sulit untuk menjadi seorang karyawan jika kita sudah terbiasa dengan pekerjaan maka kita tidak perlu terlalu banyak berfikir untuk mencari cara dalam memecahkan masalah dalam pekerjaan, Karena umumnya pekerjaan yang dilakukan erperti rutinitas harian atau pekerjaan yang dilakukan hanya itu – itu saja.

Namun ada beberapa bidang yang karyawannya harus bisa memecahkan permasalahan tertentu namun permasalahan itu tidak terlalu kompleks karena semakin kompleks permasalahan itu akan ditangai oleh orang yang levelnya lebih tinggi dalam dunia pekrjaan.

Dalam sutau tempat bekerja umumnya terdapat beberapa karyawan yang bisa dikatakan menonjol atau mempunyai kemampuan yang lebih dalam memecahkan masalah. Pemimpin harus bisa menilai dan membedakan karyawan seperti ini dan harus memiliki nilai yang lebih dimatanya.

Umumnya bila seorang karyawan mempunyia kemampuan lebih maka akan mendapatkan kesempatan untuk bisa mengembangkan dirinya lagi seperti diberikan biaya untuk kuliah lagi sehingga ia bisa naik jabatan.

Ciri – Ciri Karyawan Berkualitas

– Mempunyai Sifat Jujur

Dalam bekerja dimanapun dan di posisi apapun sikap yang sangat utama yakni harus jujur pada pekerjaannya. KArena seorang yang jujur pasti disukai oleh orang lain dan akan selalu mendapatkan kepercayaan yang lebih.

– Bersikap Sopan Santun

Sopan pada rekan kerja atau pemimpin dan selalu beretika baik dlam bekerja ialah salah satu ciri karyawan yang baik. AKrena sikap ini akan dihargai oleh semua orang ditempat kerja dan mempunyai nilai tambah.

– Disiplin

Atasan atua pemimpin sangat menyukai karyawan yang disiplin baik itu dlam melakukan pekrejaan atau dalam ketepatan waktu. Contohnya datang tepat waktu, istirahat tepat waktu, tidak menunda untuk bekerja, tidak meninggalkan pekerjaan saat jam kerja dan lain sebagainya. Karyawan yang seperti ini pasti disukai oelh pemimpin karena ini menunjuka bahwa ia disiplin dalam bekerja.

– Memiliki Komunukasi Yang Baik

Seorang keryawan yang mempunyai kemampuan berkomunikasi dengan baik biasanya akan selalu disukai oleh pemimpin, Baik dalam cara berkomunikasi secara lisan atua tulisan. KArena jika komunikasi kurang baik maka bisa menyebabkan timbulnya masalah dalam bekerja.

– Pekerja Keras

Berkerja keras cukup sulit untuk dilakukan, dan mendapatkan karyawan yang bisa bekerja keras cukup sulit. Banyak keryawan yang menyatakan bahwa dirinya merupakan seorang pelrja keras padahal bukan.

– Bisa Bekerja Dengan Tim

Ini merupakan dalah satu ciri karyawan yang baik karena setiap perusahaan selalu butuh suatu tim untuk memecahkan suatu permasalahan, karenanya sering dibutuhkan karyawan yang bisa bekerja dengan baik dengan tim.

– Bisa Beradaptasi dan Belajar Hal Baru

Karyawan yang baik bisa tahu bagaimana cara untuk beradaptasi dengan tepat dengan lingkungan kerja atua pekerjaanya yang baru. Bisa menerima untuk belajar hal yang baru dan selalu memberikan yang terbaik dalam bekerja ialah ciri karyawan yang baik dan dibutuhkan oleh setiap perusahaan.

Jenis – Jenis Karyawan

– Karyawan Tetap

Yakni keryawan yang memiliki perjanjian atau kontrak dengan lembaga atua dengan perusahaan tempat kerja dengan jangka waktu yang tidak ditetapkan, dengan kata lain permanen. Biasanya keryawan jenis ini memiliki hak yang lebih dari pada keryawan tidak tetap.

Karyawan tetap bida dikatakan karyawan aman, artinya dia sudah mendapatkan kepastian mengenai pekerjaannya sehingga tdak memikirkan kapan kontrak kerjanya akan habis, akan diperpanjang atau tidak, sehingga akan fokus pada pekerjaannya saja.

– Karyawan Tidak Tetap

Yakni karyawan yang memiliki kontrak kerja dalam waktu yang sudah ditentukan, umumnya karyawan jenis ini hanya dipekerjakan saat dibutuhkan saja. Biasanya bisa diberhentikan sewaktu – waktu ketika jasanya sudah tidak dibutuhkan lagi. Karyawan jenis ini tetap mempunyai hak namun cenderung lebih sedikit dari karyawan tetap.

Sekian penjelasan dari kami tentang Pengertian, Tugas, Ciri dan Jenis Karyawan, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat

Baca Juga >>>


Loading...