3 Fungsi Dari Patung Monumen

3 Fungsi Dari Patung Monumen

Masterpendidikan.com Р3 Fungsi Dari Patung Monumen. Kita sering melihat ada bermacam-macam bentuk monumen yang berdiri pada banyak kota. Tak hanya Indonesia kamu juga dapat menemukan  berbagai macam bentuk monumen yang dapat kamu lihat.

3 Fungsi Dari Patung Monumen

3 Fungsi Dari Patung Monumen
Fungsi dari sebuah monumen

Namun, taukah kamu fungsi sebenanrya dari sebuah monumen? Berikut masterpendidikan akan menjabarkan beberapa fungsi dari patung monumen yang ada :

Peringatan Jasa

Salah satu fungsi utama dari sebuah patung monumen adalah untuk memperingati jasa dari seseorang ataupun kelompok orang. Hal ini di lakukan untuk memperingati jasa-jasa yang telah mereka lakukan untuk kota ataupun daerah tersebut. Jadi hingga kapanpun jasa dari orang itu akan selalu di ingat khususnya oleh penduduk setempat, agar menjadi sejarah yang selalu di ingat selalu.

Contoh :

  • patung dirgantara ataupun patung pancoran yang ada di jakarta.
  • Patung Jalesveva Jayamahe yang berada pada daerah jawa timur surabya.

Peristiwa Bersejarah

Selain untuk memperingati jasa dari seseorang ataupun kelompok, sebuah menumen juga melambangkan peristiwa-peristiwa bersejarah yang terjadi pada daerah itu pada masa lalu. Jadi untuk selalu mengenang peristiwa-peristiwa bersejarah pada masa lalu penduduk atau pemerintah setempat akan mendirikan sebuah monumen.

Contohnya :

  • Monumen panca sila sakti. Yang didirikan untuk menghormati jasa para pahlawan bangsa.
  • Tugu Proklamasi. Tugu ini di didirakan untuk memperingati jasa tokoh proklamator indonesia

Penandaan Kota

Biasanya beberapa kota besar yang ada di Indonesia memiliki sebuah monumen yang menandakan khas dari kota tersebut. Ataupun sebuah menumen yang menandakan kamu telah masuk ke kota tersebut, dan hal itu sering kita sebut dengan monumen selamat datang.

BACA JUGA :   Sejarah Mengenai Perang Buats Di Madinah

Contohnya :

  • Monumen selamat datang jakarta. Tugu ini sering kita sebut dengan bundaran HI, karena bentuk dari monumen ini adalah sebuah air pancur yang membentuk lingkaran yang terletak tepat pada simpang hotel Indonesia.
  • Patung ikan sura dan baya . Monumen sudah sangat terkenal dengan ke khasanya yang terbentuk dari 2 ekor bintang ikan dan buaya. Patung atau monumen ini terletak pada daerah surabaya, yang sudah menjadi icon kota surabaya saat ini.

Demikianlah artikel mengenai informasi 3 Fungsi Dari Patung Monumen. Semoga dapat membantu kamu.

You May Also Like

About the Author: yudha