Tips Charge HP Agar Baterai Tahan Lama

Tips Charge HP Agar Baterai Tahan Lama

Masterpendidikan.com – Belakangan, banyak HP Android yang menawarkan kapasitas baterai yang beragam mulai dari 4.000 mAh, 5.000 mAh hingga ada Samsung M51 yang berkapasitas baterai mencapai 7.000 mAh. Namun meski memiliki baterai yang besar bukan berarti kita Bisa menyepelekan proses pengisian daya, sebab pengisian daya yang baik dan benar dapat membuat baterai lebih tahan lama. Untuk itu, kali ini kita akan membahas mengenai tips charge HP agar baterai bisa bertahan lebih lama. Berikut ulasan singkatnya.

Beberapa Tips Charge HP Agar Baterai Tahan Lama

Berikut beberapa tips yang bisa kamu gunakan saat melakukan charge HP agar baterai bisa bertahan lebih lama, yakni:

1. Menggunakan Charger Original

Hal penting dan sering kali disepelekan pengguna HP Android adalah menggunakan charger kw. Padahal pengisian daya yang menggunakan charger kw bisa membuat baterai HP kamu bisa cepat rusak. Sebab pada dasarnya setiap HP Android mempunyai batasan maksimum pengisian data yang telah disesuaikan dengan charger bawaannya. Oleh karena itu, apanila charger bawaan HP kamu rusak, usahakan untuk membeli yang ori kembali.

2. Charge Sebelum Baterai Benar – Benar Habis

Hal penting lainnya adalah dengan melakukan charge sebelum baterai benar – benar habis dan usahakan untuk mencharging HP kamu saat kondisi baterai minimal berada di 20% atau 30%.

BACA JUGA :   Cara Mudah Sembunyikan Channel Youtube Sementara

3. Hindari Penggunaan Power Bank

Biasanya ini penggunaan power bank terjadi saat sedang berpergian jauh dan tidak ada arus listrik untuk melakukan pengisian baterai. Namun sayangnya, penggunaan power bank bukanlah cara yang efektif sebab arus listrik yang dialirkan sering kali tidak stabil bahkan tidak sesuai dengan HP kamu.

4. Jangan Bermain Game Saat Melakukan Pengisian Daya

Meski menunggu adalah hal yang membosankan, namun jangan pernah kamu bermain game saat melakukan pengisian daya. Sebab HP yang terlalu sering digunakan saat charge HP apalagi digunakan untuk bermain game, bisa memperpendek usia baterai bahkan baterai bisa jadi cepat bocor.

5. Matikan HP Saat Sedang di Charge

Terakhir, kamu perlu mematikan HP saat sedang di charge. Sebab meski mengecas dengan kondisi HP yang menyala bukanlah hal yang salah, namun dengan mencharging sambil mematikan HP akan membuat proses pengisian menjadi lebih cepat.

Itulah tips yang bisa kamu gunakan saat melakukan charge HP agar baterai bisa bertahan lebih lama. Semoga bermanfaat dan bisa menambah informasi untuk kita semua.

You May Also Like

About the Author: Herianto Fitriadi