5 Pengertian Iklim Menurut Para Ahli

5 Pengertian Iklim Menurut Para Ahli

5 Pengertian Iklim Menurut Para Ahli – Kali ini kita akan membahas tentang Iklim. Yang mana pokok pembahasan kali ini yaitu Definisi Iklim menurut beberapa Ahli. Dan untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan berikut ini :

Pengertian Iklim

5 Pengertian Iklim Menurut Para Ahli

Iklim sendiri merupakan suatu keadaan rata-rata dari cuaca disuatu daerah dalam periode tertentu. Dan cuaca sendiri ialah suatu keadaan atmosfer selama periode waktu yang singkat. Cuaca ini dapat berubah dari jam ke jam, hari ke hari, bulan ke bulan dan bahkan tahun ke tahun. Suatu pola cuaca daerah, yang dilacak selama lebih dari 30 tahun, dianggap iklim.

Pengertian Iklim Menurut Para Ahli

1. World Climate Conference, 1979

Menurutnya iklim merupakan suatu Sintesis kejadian suatu cuaca selama jangka waktu yang lama atau panjang, yang secara statistik cukup untuk digunakan dalam menunjukkan suatu nilai statistik yang berbeda dengan suatu keadaan disetiap saatnya.

2. Glenn T. Trewartha, 1980

Menurutnya iklim merupakan suatu Konsep abstrak yang menyatakan suatu kebiasaan cuaca dan sebuah unsur-unsur atmosfer pada sebuah daerah selama jangka waktu yang lama.

3. Gibbs, 1978

Menurutnya iklim merupakan suatu peluang statistik dalam berbagai keadaan atmosfer, antara lain yaitu suhu, tekanan, angin kelembaban, yang terjadi pada suatu daerah selama dalam jangka waktu yang panjang.

4. Tjasyono, 2004

Menurutnya Iklim merupakan keadaan rata-rata cuaca di satu daerah yang cukup luas dan dalam kurun waktu yang cukup lama, minimal 30 tahun, yang sifatnya tetap.

5. Trewartha and Horn (1995)

Mereka mengatakan bahwa iklim merupakan suatu konsep yang abstrak, dimana iklim merupakan komposit dari keadaan cuaca hari ke hari dan elemen-elemen atmosfer di dalam suatu kawasan tertentu dalam jangka waktu yang panjang.

BACA JUGA :   Macam-Macam Tenaga Pembentuk Permukaan Bumi

Itulah sekilas penjelasan tentang 5 Pengertian Iklim Menurut Para Ahli, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>

You May Also Like

About the Author: Estriana Fiwka