Ciri-Ciri Hipotesis Yang Baik

Posted on

Ciri-Ciri Hipotesis Yang Baik – Setelah pada kesempatan sebelumnya kita membahas tentang Pengertian Hipotesis, Ciri dan Jenis serta Contohnya. Nah pada kesempatan kali ini pembahasan kita lebih mengerucut yaitu tentang Ciri-Ciri Hipotesis Yang Baik. Dan silahakan simak ulasannya berikut ini :

Pengertian Hipotesis

Ciri-Ciri Hipotesis Yang Baik

Kami akan mengingatkan kembali pengertian Hipotesis. Hipotesis merupakan jawaban yang sementara terhadap suatu masalah / peristiwa. Dan Kebenaran dari jawaban tersebut masih perlu untuk diuji. Seorang peneliti tentunya akan mengamati sesuatu gejala, peristiwa, atau masalah yang menjadi fokus perhatiannya. Sebelum menghasilkan fakta yang benar, para peneliti akan membuat dugaan tentang gejala, peristiwa, atau masalah yang menjadi titik perhatiannya tersebut.

Ciri-Ciri Hipotesis Yang Baik

DIbawah ini bebea penjelasan mengenai ciri hipotesis yang baik :

  • Sebuah Hipotesis harus menduga Hubungan yang terdapat diantara beberapa variabel

Sebuah Hipotesis harus dapat menduga hubungan antara dua variabel atau lebih, dalam hal ini harus dianalisis variabel-variabel yang dianggap turut mempengaruhi gejala-gejala tertentu, selanjutnya bisa diselidiki sampai dimana perubahan dalam variabel yang satu akan membawa perubahan pada variabel yang lain.

  • Sebuah Hipotesis harus Dapat Diuji kebenarannya

Sebuah Hipotesis harus bisa di uji untuk dapat menerima atau menolak hipotesis tersebt, hal ini bisa dilakukan dengan cara mengumpulkan data-data empiris.

  • Sebuah Hipotesis harus konsisten dengan keberadaan sebuah ilmu pengetahuan

Hipotesis tidak bertentangan dengan pengetahuan yang sudah ditetapkan sebelumnya. Dalam beberapa masalah yang ditemui, dan khususnya pada permulaan penelitian, harus berhati-hati untuk mengusulkan sebuah hipotesis yang sependapat dengan ilmu pengetahuan yang telah siap ditetapkan sebagai dasar. Dan poin ini harus sesuai dengan yang dibutuhkan untuk memeriksa literatur dengan tepat oleh karenanya maka suatu hipotesis harus dirumuskan bedasar dari laporan penelitian sebelumnya.

  • Sebuah Hipotesis Dinyatakan dengan cara Sederhana

Suatu hipotesis dipresentasikan kedalam rumusan yang berbentuk kalimat deklaratif, hipotesis harus dinyatakan dengan singkat dan sempurna dalam menyelesaikan apa yang dibutuhkan oleh peneliti untuk membuktikan hipotesis tersebut.

Sekian ulasan dari kami tentang Ciri-Ciri Hipotesis Yang Baik, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>


Loading...