Jenis Hutan Beserta Fungsinya

Jenis Hutan Beserta Fungsinya

Posted on

Jenis Hutan Beserta Fungsinya – Di bumi banyak sekali jenis-jenis hutan yang masih bisa kita temui hampir disemua daerah. Hutan memiliki fungsi yang sangat penting untuk kehidupan makhluk hidup yang ada di bumi.

Banyak sekali manusia yang belum mengerti akan pentingnya hutan untuk hidup kita di bumi ini karena mereka masih dengan mudahnya menebang hutan dengan sembarangan dengan tidak memikirkan dampak yang akan terjadi untuk keturunan kita nanti bahkan untuk diri sendiri.

Keberadaan hutan sangat penting bagi dunia atau sebagai penyuplai oksigen terbesar bagi dunia. Berikut jenis-jenis hutan dan penjelasannya :

Berdasarkan Fungsinya

– Hutan Lindung

Hutan yang keberadaannya dilindungi oleh pemerintah yang berfungsi untuk menjaga kelestarian tanah dan tata air di wilayah tersebut.

– Hutan Suaka Alam

Hutan yang karena di dalmnya terdapat ciri khas maka hutan ini dimanfaatkan dengan membuat suatu perlindungan khusus bagi alam hayati atau untuk dimanfaatkan lainnya, seperti dijadikan cagar alam atau dijadikan suaka marga satwa.

– Hutan Wisata

Hutan yang disengaja di peruntukan dengan binaan dan peliharaan untuk digunakan sebagai tempat pariwisata. Hutan wisata mempunyai ciri dengan keindahan alam yang memukau, terdiri dari keindahan alam dan hewan yang ada di dalamnya dan bisa manarik wisatawan untuk menjelajah.

– Hutan Produksi

Hutan yang dimanfaatkan kekayaan alamnya khusus untuk tumbuhannya bisa digunakan oleh manusia. Hutan ini dimanfaatkan dengan menghasilkan industri kayu dan obat-obatan.

Berdasarkan Jenis Pohonnya

– Hutan Heterogen

Hutan yang banyak ditumbuhi berbabagi jenis pohon, seperti hutan rimba. Hutan jenis ini terdapat pada daerah tropis seperti Afrika, Amerika Tengah dan Selatan, Asia Tenggara dan Australia Timur.

– Hutan Homogen

Hutan yang penuh ditumbuhi oleh satu macam tumbuhan, ini ditujukan dengan tujuan tertentu saja seperti untuk penghijauan, reboisasi atau industri.

Berdasarkan Proses Terjadinya

– Hutan Asli

Hutan yang terbentuk dengan alami tanpa campur tangan manusia di dalamnya.

– Hutan Buatan

Hutan yang dengan sengaja dibuat oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan atau tujuan tertentu. Hutan ini dibuat untuk keinginandari sekelompok manusia dan akan dibuat sesuai tujuannya.

Sekian penjelasan dari kami tentang Jenis Hutan Beserta Fungsinya, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat

Baca Juga >>>


Loading...