Pengertian, Bentuk Dan Proses Realitas Sosial Dalam Masyarakat

Pengertian, Bentuk Dan Proses Realitas Sosial Dalam Masyarakat

Pengertian, Bentuk Dan Proses Realitas Sosial Dalam Masyarakat – Realitas sosial ialah kenyataan atua fakta yang terjadi dalam kehidupan masyarakat. Hal ini nerhubungan dengan kestabilan dalam keadaan yang normal atau tidak normal yang sedang terjadi pada pola – pola hubungan di masyarakat.

Pengertian Realitas Menurut Para Ahli

1. Thomas Luckman dan Peter Berger

Realitas ialah kualitas yang berkaitan dengan fenomena yang kita anggap berada diluar kemauan kita karena ia tidak bisa dienyahkan.

2. Emile Durkheim

Realitas sosial ialah cara bertindakm apa tetap atau tidak, yang bisa menjadi suatu pengaruh atau hambatan eksternal bagi individu. Itu artinya bahwa fakta sosial ialah cara berfikir, bertindak dan perasaan yang ada di luar individu dan dibentuk sebagai pola di masyarakat.

Jenis Realitas Sosial

– Realitas Sosial Objektif

Yakni gejala sosial yang ada di kehidupan sehari – hari dan biasanya dihadapi oleh seseorang sebagai suatu fakta.

– Realitas Sosial Subjektif

Yakni sebuah realitas sosial yang terbentuk pda diri seseorang yang berasal dari realitas sosial simbolik dan realitas sosial objektif.

– Realitas Sosial Simbolik

Yakni bentuk simbolik dari realitas sosial objektif yang biasanya diketahui oleh semua orang dalam bentuk karya seni fiksi dan isi di media.

Proses Yang Terjadi

Berger dan Luckman mempunyia pandangan bahwa kenyataan atau realitas yang dibangun secara sosial dalam pengertian individu dalam masyarakat tersebut yang membangun masyarakat. Karenanya pengalaman seseorang tidak bisa terlepas dari masyarakat. BErger memandang manusia sebagai pencipta sebuah kenyataan sosial yang objektif melalui tiga moment dialeksi yang memberi stimulasi, seperti :

BACA JUGA :   Kemajemukan Berdasarkan Ras Berikut Penjelasannya

1. Eksternalisasi

Usaha untuk berekspresi diri manusia yang ada di dunia, baik dalam keadaan fisik atua mental. Proses ini merupakan bentuk dari ekspresi diri suapa bisa menguatkan eksistensi individu dalam masyarakat. Di tahap tersebut masyarakat dilihat dalam kacamata produk manusia.

2. Objektifikasi

Yakni sebuah produk yang sudah dicapai, baik itu fisik atai mental dari kegiatan eksternalisasi manusia. Hasil ini breupa realitas yang bisa menghadapai dari penghasil itu sendiri sebagai suatu faktisitas yang ada diluar dan berlainan dengan manusia yang menghasilkannya. Ralitas objektif berbeda dengan kenyataan pada subjektif preorangan. Ia akan menjadi nyata dan bisa dialami oleh smeua orang. Dalam tahap ini masyarakat dilihat sebagai realitas yang objektif atau suatu proses interaksi sosial pada dunia intersubjektif yang dikembangkan.

3. Internalisasi

Yakni penyerapan kembali dunia objektif ke dalam kesadaran sedemikian rupa sehingga subjektif seseorang yang dipengaruhi oleh struktur dunia sosial. Bermacam struktur dari dunia yang sudah terobjektifikasi akan ditangkap sebagai gejala realitas diluar kesadarannya. sekaligus juga sebagai gejala internal untuk kesadaran. Dengan internalisasi manusia menjadi hasil dari masyarakat.

Dasar Pembentukan

Mengartikan kembali pengertian dari kenyataan dan pengetahuan pada konteks sosial. Dalam teori ini sosiologi harus bisa memberikan pemahaman pada masyarakat bahwa kehidupan di bangun dengan terus menerus. KArenanya pusat perhatian seharusnya tercermin pada bentuk penghayatan kehidupan pada msyaralat seacara menyeluruh dengan semua aspkenya. Kenyataan sosial ini ditemukan dalam pergaulan sosial yang tersimpan dalam sebuah tindakan. Kenyataan sosial ditemukan dalam pengalaman intersubjektif dan dengan pengalaman ini juga masyarakat dapat terbentuk secara berkesinambungan.

Metodologi atau cara penelitian pengalaman intersubjektif dalam sebuah kerangka membangun kenyataan. Yakni menemukan esensi masyarakat yang implisit pada gejala sosial tersebut. Dalam hal ini diperlukan adanya kesadaran bahwa yang dinamakan masyarakat pasti bida dibangun dari dimensi objektif dan semuanya dalam dimensi subjektif karena masyarakat sesungguhnya buatan kultural dari masyarakat. Dan manusia ialah pencipta dunia sendiri.

BACA JUGA :   26 Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli Terlengkap

Sekian penjelasan dari kami tentang Pengertian, Bentuk Dan Proses Realitas Sosial Dalam Masyarakat, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat

Baca Juga >>>

You May Also Like

About the Author: Estriana Fiwka