Pengertian Likuifaksi atau Pencairan Tanah Baru

Posted on

Pengertian Likuifaksi atau Pencairan Tanah Baru

Pengertian Likuifaksi atau Pencairan Tanah Baru – baru ini Indonesia kembali berduka dengan terjadinya gempa dan stunami di Palu, Sigi dan Donggala. Kejadian tersebut meninggalkan duka yang dalam bagi para korban dan seluruh masyarakat Indonesia. Selain terjadi gempa dan stunami, terjadi juga keadaan alam dimana tanah mencair dan akhir na bergeser dari tempat semula atau Likuifaksi. Apa itu likuifaksi ? Dalam artikel kali ini akan kita bahas tentang likuifaksi.

Pengertian Likuifaksi

Pencairan tanah atau Likuifaksi ialah fenomena alam yang terjadi saat tanah yang jenuh atau agak jenuh mengalami kehilangan kekuatan dan karena adanya tegangan, seperti terjadi getaran karena gempa bumi atau terjadinya ketegangan lain yang terjadi dengan mendadak sehingga tanah yang tadinya padat akan berubah wujud menjadi cairan atau air berat.

Dalam mekanika dunia tanah, istilah kata mencair pertama kali digunakan oleh Allen Hazen, ini mengacu pada kegagalan yang terjadi di Bendungan Calaveras di California pada tahun 1918. Allen menjelaskan mekanisme aliran pencairan tanggul sebagai berikut ini :

Apa bila tekanan air dalam pori – pori cukup besar untuk bisa membawa semua beban, maka tekanan itu akan memberi efek membawa partikel – partikel untuk menjauh dan menghasilkan suatu kondisi yang dnegan praktis seperti pasir hisap. Gerakan awal pada beberapa bagian material bisa menghasilkan tekanan yang akan terus bertambah, awalnya hanya satu titik dan selanjutnya akan ada titik – titik lainnya secara beruntun dan menjadi titik konsentrasi awal yang mencair.

Kejadian ini sangat sering diamati pada tanah berpasir yang jenuh dan kepadatan yang rendah atau longgar, tidak padat. Ini terjadi karenapasir yang longgal mempunyai kecenderungan untuk menjadi sumbatan saat terjadi tekanan aatu diberikan beban, dan sebaliknya pada pasir yang padat cenderung meluas dalam volume atau melebar. Apa bila tanah jenuh dengan air, yakni suatu kondisi yang sering terjadi saat tanah yang ada di bawah permukaan air tanah atau permukaan laut, maka air akan mengisi kesenjangan yanga da diantara butir – butir tanah. Sebagai sebuah respn pada tanah yang memampat maka air ini akan meningkatkan tekanan dan mencoba untuk mengalir keluar dari dlam tanah ke wilayah yang bertekanan rendah.

Namun jika pembebanan berlangsung dnegan cepat dan cukup besar atau mengalami pengulangan berkali – kali seperti pada gempa bumi dan gelombang badai maka air tidak mengalir keluar sesuai dengan waktunya sebelum siklus pembebanan selanjutnya terjadi, tekanan air bisa saja bertambah melebihi tekanan kontak antara butir tanah yang menjaga mereka agar tetap saling bersentuhan.

Kontak yang terjadi antara butir tanah ini ialah media pemindahan berat bangunan dan lapisan tanah yang berada diatas permukaan tanah ke lapisan tanah atau batuan pada lapisan yang lebih dalam. Dengan hilangnya struktur tanah maka akan menyebabakan tanah kehilangan semua kekuatan dan kejadian ini akan terlihat seperti mengalir menyerupai sebuah pencairan.

Walau efek dari pencairan ini sudah lama dipahami akan tetpi fenomena ini lebih menarik perhatian pada insinyur setelag gempa bumi terjadi di Niigata pada tahun 1964 dan Alaska juga apda tahun yang sama.

Sekian penjelasan dari kami tentang Pengertian Likuifaksi atau Pencairan Tanah Baru, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat

Baca Juga >>>


Loading...