Pengertian, Penyebab Dan Dampak Polusi Air Serta Cara Penanggulangannya

Posted on

Pengertian, Penyebab Dan Dampak Polusi Air Serta Cara Penanggulangannya – Polusi air ialah perubahan keadaan di tempat penampungan air seperti pada danau, lautan, sungai dan air tanah karena aktivitas manusia. Semua tempat itu ialah bagian penting dari siklus kehidupan manusia dan maerupakan salah satu bagian siklus hidrologi. Selain mengalirkan air, juga mengalirkan sedimen dan polutan, fungsinya yang beragam membantu kehidupan manusia.

Pemanfaatan danau, dungai, air tanah dan laut ialah untuk irigasi di pertanianm bahan baku air minum, siklus air hujan dan sebagai air limbah buangan bahkan potensi nyata dapat digunakan sebagai tempat objek wisata. Meski banayk kejadian alam yang memberi pengaruh terhadap kualitas air namun itu bukan polusi.

Penyebaba Pencemaran

– Penyebab Alam

Ini tidak dapat dihindari oleh makhluk dibumi, untuk meningkatkan tingkat nutrisi bahan organik dan hasil dari metabolisme makhluk hidup dan sistem pencernaan. Ini akan mengakibatkan eutrofikasi, proses ini akan berlangsung dan terjadi dalam jangka waktu yang panjang bahakn bisa mencapai ribuan tahun.

– Sampah Organik

Ini mungkin saja menjadi penyebab pencemaran air, sampah organik yang sudah terakumulasi dalam selokan – selokan akan menyebabkan siran mengeluarkan bau yang dikenal sebagai limbah yang berakibat buruk bagi kehidupan.

– Limbah Pabrik yang Tak Disaring

Limbah akan menjadis angat menakutkan jika menyebar ke hulu dan air yang digunakan oleh manusia. Polusi udara yang disebabkan oleh limbah sangat berbahaya karena mengandung banayk bahan kimia yang bisa merusak organ internal dan eksternal.

– Penggunaan Zat Kimia

Karena manusia menggunakan zat kimia atau bahan peledak untuk menangkap ikan maka unsur yang terdapat pada zat tersebut akan menyebabkan pencemaran air.

Dari Jenis Bahan Pencemaran Air Dibagi

  • Kontaminan Fisik

Ini meliputi lumpur, sampah, pasir dan lain sebagainya.

  • Kontaminan Kimia

Termasuk didalamnya zat organik yang mencakup lemak, minyak, deterjen, pewarna, sabun, karbohidrat, protein atau zat anorganik lainnya dan zat radioaktif.

  • Kontaminan Biologis

kontaminan ini dibagi dalam dua mikroorganisme patogen dan mikroorganisme yang tumbuh tidak terkendali atau bloming karena eutrofikasi. Mikroorganisme patogen yang biasanya berasal dari kotoran manusia, terdapat empat kelompok mikroorganisme dalam kotoran yakni bakteri, virus, protozoa dan cacing. Pertumbuhan yang tidak terkendali termasuk didalamnya alga, fitoplankton dan enceng gondok.

Dampak Pencemaran Bagi Kehidupan

Jumlah zat yang ada dalam limbah karena pencemaran akan menyebabkan penurunan kadar oksigen dalam air. Sehingga akan mengakibatkan kahidupan dalam air terganggu karena membutuhkan oksigen dan mengurangi perkembangan didalamnya.

Karena bakteri mati maka proses pemurnian air limbah secara alamiah harus terjadi dalam air limbah juga terhambat. Dengan air yang sudah terkontaminasi limbah maka akan sangat sulit untum terurai. Suhu panas dari industri juga akan berdampak kematian pada organisme, jika air limbah tidak didinginkan.

Dampak Negatif Pencemaran Air Tanah

Air tanah yang tercemar tinja dapat diukur dengan coliform fekal telah terjadi dalam skala yang luas, ini terbukti denga survei dari sumur yang dangkal di Jakarta. Banyak penelitian yang menunjukan terjadinya kontaminasi.

Efek Pencemaran Air Pada Kesehatan

Air sebagai pembawa berbagai banyak penyakit, diantaranya :

  • Sebagai media untuk hidup mikroba patogen
  • Vektor serangga sarang
  • Media untuk hidup vektor penyakit

Akibat Polusi Air Untuk Keindahan Lingkungan

Dengan meningkatnya jumlah zat organik yang dibuang ke air maka akan semakin tercemar perairan tersebut dan biasanya ditandai dengan bau yang sangat menyengat dan disamping tumpukan yang bisa mengurangi keindahan lingkungan. Masalah limbah lemak atau minyak juga bisa mengurangi keindahan.

Cara Mengatasi Polusi Air

  • Mempertahankan sumber air bersih tidak terkontaminasi

Sumber air harus dipertahankan agar tetap bersih karena jika sudah terkontaminasi akan sulit untuk membersihkannya.

  • Menanam tanaman yang berkayu tebal

Tanaman yang berkayu tebal bisa menyerap air sumur, dengan begitu pasokan air akan cukup dan air bisa dipertahankan.

  • Tidak membuang sampah ke sungai

a. Jika limbah dibuang datu satu rumah saja bisa mencemari sungai bagaimana jika setiap rumah membuang sampah disungai maka akan banyak yang tercemar.
b. Karena itu maka sungai akan tercemar.
c. Singai akan dangkal dan akan menjadi banjir.
d. Banjir mengalirkan air yang tercemar ke perumahan dan menyebabkan wabah penyakit.

  • Melakukan daur ulang

a. Sampah yang bisa didaur ulang sebaiknya didaur ulang.
b. Tidak membuang sampah daur ulang ke sungai.
c. Ini dilakukan supaya air disekitar masyarakat tidak tercemar.
d. Jika tercemar akan mengeluarkan bau.
e. Sangat meresahkan masyarakat untuk melaksanakan kegiatan.

  • Penyuluhan pembuangan limbah pabrik

a. Industri yang mengeluarkan limbah cair harus diberi konseling hingga mereka harus melakukan pengobatan sebelum dibuang kesungai.
b. Mempertahankan kontrol ketat dari pemerintah karena hingga sekarang masih banyak industri yang membuang limbah cair ke sungai.
c. Tidak mengabaikan dampak yang timbul pada orang yang tinggal di daerah.

  • Konseling untuk pengguna transprtasi laut

Bagi pengguna transportasi laut harus diberi konseling untuk memastikan kendaraan mereka tidak bocor sehingga tidak mencemari laut.

  • Peraturan tegas pada pengusaha minyak

a. Peraturan dibuat supaya tidak membuat kilang minyak dekat pemukiman.
b. Berdirikan kilang sejauh mungkin dari pemukiman agar tidak membahayakmasyarakat.
c. Jika terjadi kebocoran dan mencemari laut maka hewan laut dan ekosistem akan terganggu.

  • Pemerintah harus membuat peraturan yang ketat untuk buangan limbah beracun

a. Dengan praturan yang ketat maka pengusaha akan berfikir berkali – kali untuk membuang limbah cair.
b. Pengolahan limbah yang mahal menjadi resiko untuk mereka sebagai pengusaha.

Sekian penjelasan dari kami tentang Pengertian, Penyebab Dan Dampak Polusi Air Serta Cara Penanggulangannya, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat

Baca Juga >>>

Related posts: