Pengertian, Sejarah, Teori Terbentuk, Sifat, Karakteristik dan Klasifikasi Black Hole ( Lubang Hitam )

Pengertian, Sejarah, Teori Terbentuk, Sifat, Karakteristik dan Klasifikasi Black Hole ( Lubang Hitam )

Pengertian Black Hole atau Lubang Hitam

Lubang hitam atua black hole ialah sebuah fenomena di luar angkasa yang merupakan pemusatan massad dari pelengkungan ruang dan waktu dengan gaya grafitasi yang sangat kuat. Kejadian ini akan menyebabkan semua benda yang ada disekitarnya dapat terserap bahkan sebuah cahaya sekalipun. Balck holeh umumnya digambarkan dengan sebuah lubang yang berwarna hitam pekat namun sebenarnya bentuk nyata dari balck hole bukan berupa lubang.

Sejarah dan Teori

Teori yang menyatakan adanya black hole pertama kali dikenalkan pada abas 18 oleh John Michell dan Pierre Simon Laplace. Selanjutnya teorit ini dikembangkan oleh Karl Schwarzschild dengan berdasarkan dari teori relativitas Tahun 1916 yang dikemukakan oleh Albert Einstein. kemudian istilah black hole semakin terkenal karena dipopulerkan lagi oleh Stephen Silliam Hawking.

Mulanya suatu bintang terbentuk dengan kondisi tingkat radiasi dan gravitasi yang sama ata seimbang. Semakin lama maka bintang ini akan kehabisan bahan bakar untuk melakukan fusi pada tingkat radiasinya akan semakin lemah. Tidak seimbang anatar gravitasi yang lebih kuat akan membuat bintang tersebut mengalami hancur pada bintang tersebut. Ketika mencapai suatu titik tertentu maka bintang ini akan kolaps dan akan menyebabkan ledakan yang dikenal dengan ledakan supernova.

Ledakan akan membuat kepadatan pada benda terus meningkat dan akan memaksa gravitasi untuk terus meningkat juga. Kekuatan gravitasi ini yang kemudian bisa menciptakan sebuah black hole.

BACA JUGA :   Teknik Membaca Cepat

Lama – lama black hole ini bisa mati dengan sendirinya seiring dengan waktu berjalan balck holeh ini akan terus mengecil karena tekanan gravitasi sendiri. Sehingga pad aakhirnya akan menghasilkan ledakan yang amat besar. Namun proses ini akan terjadi dalam waktu yang sangat lama sehingga kemungkinan besar manusia tidak dpat mengamati kejadian ini. Terdapat beberapa teori yang terkenal tentang black hole, yakni :

– Teori Relativitas Umum

Dalam teori ini dinyatakan bahw alubang hitam terbentuk dari bintang raksasa yang tekanan gravitasinya amat kuat sehingga bisa menarik energi dan materi yang ada didekatnya. Energi dan materi ini akan musnah setelah sitelan oelh black hole.

– Fisika Kuantum

Salam teori ini dinyatakan bahwa energi dan materi yang terserap pada balck hole tidak akan musnah akan tetapi akan disimpan dalam waktu yang lama. Selanjutnya saat black holeh mati maka materi dan energi yang pernah diserap akan dilepaskan lagi secara tercerai berai.

– Evolusi Bintang

Dinyatakan dalam teori ini bahwa balck hole berasal dari suatu bintang biru dengan suhu permukaan melebihi 25.000 derajad celsius, pembakaran hidrogen yang berlangsung sekitar 10 jt tahun pada bintang ini maka akan membuat bintang tersebut menjadi bintang biaru raksasa.

Dengan berjalannya waktu bintang ini akan menjadi dingin dan menjadi bintang merah raksasa. Dalam tahap ini tarikan gravitasi bintang merah akan membuatnya mengalami ledakan yang sangat besar, ledakan ini akan membuat black hole.

Sifat dan Karakteristik

Suara Balck Hole

Seorang ilmuan dari NASA mengungkapkan bahwa ketika black hole beraksi maka terdapat gelombang suara dengan irama tertentu yang akan keluar dari black hole. Gelombang suara ini mungkin sja muncul dari penyerapan suatu objek oleh lubang hitam.

BACA JUGA :   Sejarah Sepak Bola Indonesia

Mendeteksi Keberadaan Lubang Hitam

Sampai sekarang para ilmuan belum bisa menemukan cara yang pasti untuk bisa mendeteksi keberadaan lubang hitam. Luabng hitam tidak terlihat dan tidak menggalkan jejak yang membuatnya sulit unutk terdeteksi. Cara yang saat ini dipakai untuk mendeteksi ialah dengan mengamati bintang yang hilang dnegan tiba – tiba.

Pertumbuhan Black Hole

Dari hasil penelitian menunjukan bahwa lubang hitam dnegan pertumbuhan galaksi saling berkaitan satu sam lain. Semakin padat suatu galaksi maka akan semakin besar kemungkinannya black hole akan bisa menyerap bintang – bintang itu, dengan menyerap objek yang ada disekelilingnya maka massa lubang hitam pun akan bertambah.

Cara Kerja Lubang Hitam

CAra kerjanya seperti vacum cleaner raksasa yang tidak terlihat, gerakannya sulit terdeteksi dan penyerapan benda disekitarnya berlangsung dengan sangat cepat. Pergerakannya terjadi terus terusan dan teratur.

Macam – Macam Lubang HItam

Miniature Black Hole

Sama dengan namanya, jenis ini ialah yang paling kecil. Jenis ini be,um pernah ditemukan sekalipun namun para ilmuan mengasumsikan bahwa lubang hitam yang massanya jauh lebih kecil dari matahari ini ada disuatu tempat. Jenis ini terbentuk tidak lama setelah pembentukan tata surya dengan berdasarkan teori big bang yang ada sekitar 13 milyar tahun lalu.

Stellar Black Hole

Yakni black hole yang terbentukdari bintang yang massanya besar, lebih dari 20 kali massa dari matahari, lubang hitam jenis ini teletak di runag antara bintang atau insterstellar.

Supermassive Black Hole

Jenis ini mempunyai ukuran dan kekuatan yang sangat besar dan umumnya terletak di pusat galaksi. KArena sangat besar maka massa black hole jenis ini bisa mencapai meilyaran kali massa matahari, bimasakti. Memiliki satu black hole jenis ini di pusatnya.

BACA JUGA :   Cara Sukses Mengajari Anak Belajar Menulis Sejak Dini

Sekian penjelasan dari kami tentang Pengertian, Sejarah, Teori Terbentuk, Sifat, Karakteristik dan Klasifikasi Black Hole ( Lubang Hitam ), terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat

Baca Juga >>>

You May Also Like

About the Author: Estriana Fiwka