Pengertian Pencemaran Air dan Macam-Macamnya Lengkap

Limbah Industri

Pengertian Pencemaran Air dan Macam-Macamnya Lengkap – Pencemaran air merupakan peristiwa masuknya zat, unsur, energi, komponen lainnya kedalam air sehingga mengakibatkan kualitas air terganggu. Kualitas air yang terganggu ini ditandai dengan adanya perubahan bau, rasa dan warna. Ditinjau dari asal pencemarannya, pencemaran air dapat dibedakan sebagai berikut:

1. Limbah Pertanian

Limbah pertanian
Limbah Pertanian

Limbah ini dapat mengandung insektisida atau pupuk organik. Insektisida inilah yang dapat mematikan biota sungai. Jika biota sungai tetap hidup kemudian dimakan hewan ataupun manusia maka akan mengalami keracunan. Untuk mencegahnya dapat dilakukan dengan memilih insektisida yang berspektrum sempit atau hanya khusus membunuh hewan sasaran serta bersifat biodegradeble atau dapat terurai oleh mikroba dan melakukan penyamprotan sesuai dengan aturan, jangan membuang sisa obat kesungai. Sedangkan pupuk organik yang larut kedalam air dapat menyuburkan lingkungan air atau eotrofikasi. Karena air kaya akan nutrisi ganggang dan tumbuhan air tumbuh subur atau blooming. Hal yang demikianlah akan mengancam kelestariam bendungan karena akan cepat dangkal dan biota air akan cepat mati.

2. Limbah Rumah Tangga

Limbah Rumah Tangga
Limbah Rumah Tangga

Limbah rumah tangga yang cair adalah sumbur pencemaran air. Dari limbah ini dapat dijumpai bebagai bahan organik seperti ikan, sisa sayur, nasi, minyak, lemak dan air buangan manusia yang terbawa air parit atau got kemudian ikut kealiran sungai. Adapun limbah jenis ini yang bahn-bahannya anorganik seperti almunium, botol dan plastik yang hanyut terbawa arus air bertimbun dan menyumbat saluran air serta mengakibatkan banjir. Bahan pencemar lain dari jenis limbah ini ialah pencemar biologis berupa bibit penyakit, bakteri dan jamur.

BACA JUGA :   Karakteristik Lapisan Bumi

Bahan organik yang larut kedalam air mengalami penguraian serta pembusukan. Mengakibatkan kadar oksigen dalam air turun drastis sehingga biota air akan mati. Apabila pencemaran bahan organik meningkat kita bisa menjumpai cacing tubifex berwarna kemerahan dan bergerombol yang merupakan indikator parahya pencemaran oleh bahan organik dari limbah jenis ini.

3. Limbah Industri

Limbah Industri
Limbah Industri

Adanya sebagian pelaku industri yang membuang limbahnya ke air. Dan macam-macam pencemaran yang dihasilkan tergantung dari jenis industri mungkin berupa pencemaran organik yang berbau busuk, anorganik yang berbuih dan berwarna, atau mungkin bisa berupa pencemaran yang mengandung belerang atau juga berupa suhu air yang menjadi panas. Pemerintah sendiri telah menetapkan tata aturan agar mengendalikan pencemaran air oleh limbah industri contohnya limbah industri harus diolah terlebih dahulu sebelum dibuang kesungai agar tidak terjadi pencemaran.

Dilaut sering terjadi kebocoran tangker minyak karena bertabrakan dengan kapal lain sehingga minyak dalam kapal tersebut tumpah dan menggenangi lautan dalam jaralk ratusan kilometer karena hal ini ikan, teriumbun karang, burung laut serta hewan-hewan laut lainnya banyak yang mati. dan untuk mengatasinya pencemaran harus dibatasi dengan pipa mengapung agar tidak tersebar kemudian permukaan oencemaran ditaburi dengan zat yang dapat menguraikan minyak.

4. Pengakapan Ikan Menggunakan Racun

Pengakapan Ikan Menggunakan Racun
Pengakapan Ikan Menggunakan Racun

Sebagian penduduk dan nelayan memakai tuba atau racun dari tumbuhan dan potasuntuk menangkap ikan, namun juga semua biota air keracunan. Racun ini tidak hanya meracuni hewan-hewan dewasa namun juga hewan yang masih kecil. Dengan demikian racun yang disebarkan akan memusnahkan seluruh jenis makhluk hidup yang ada didalamnya. Kegiatan tersebut manyebabkan pencemaran dilingkungan perairan dan menurunkan sumber perairan.

Akibat yang ditimbulkan oleh pencemaran air diantaranya sebagai berikut:

  1. Terganggunya kehidupan organisme air karena berkurangnya kadar oksigen.
  2. Terjadinya ledakan populasi ganggang dan tumbuhan air atau eutrofikasi dan pendangkalan dasar perairan.
  3. Punahnya biota air seperti ikan, yuyu, udang dan serangga air.
  4. Mengakibatkan banjir karena got yang tersumbat sampah.
  5. Menjalarnya wabah muntaber.
BACA JUGA :   Gejala Penyakit Jantung yang Wajib Kita Waspadai

Sekian ulasan tentang pencemaran air. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa diartikel selanjutnya.

You May Also Like

About the Author: admin