Pengertian, Tugas, Peran dan Fungsi Customer Service Beserta Syaratnya

Pengertian, Tugas, Peran dan Fungsi Customer Service Beserta Syaratnya

Posted on

Pengertian, Tugas, Peran dan Fungsi Customer Service Beserta Syaratnya – Customer Service yakni sebuah aktivitas yang ditujukan dlam rangka memberikan informasi pada pelanggan berkenan dengan suatu produk baik itu dalam bentuk jasa atua bentuk barang. Pelayanan yang mencakup didalamnya ialah memberikan solusi dari permasalahan, jawaban dari keingintahuan pelanggan, informasi jelas dari suatu produk dan lainnya.

Tugas Customer Service

Tugas pokok atua utama dari seorang customer service ialag menjawab semua kebutuhan pelanggan, dalam hal ini keingintahuan atua informasi, keluhan dan berbagai hal yang berkaitan dengan produk yang dijual oleh perusahaan. Seorang customer service harus mempunyai syarat kecakapan khusus yang mencakup berbagai peran dan fungsi. Yang termasuk peran dan fungsi yang dimaksud ialah :

– Melayani Tamu

Seorang yang menjadi customer service harus mampu menjadi seorang pelayan yang baik bagi pelanggan. Dalam hal ini ialah para pelanggan yang datang atau berkunjung langsung ke perusahaan. Seorang customer service harus sanggup melayani tamu dnegan sebaik mungkin demi kenyamanan pelanggan. Sikap yang harus dimiliki oleh seorang customer service yakni ramah, sopan santun, antusias pada kebutuhan pelanggan dan berbagai sikap positif lainnya yang dibutuhkan untuk menghadapai pelanggan.]

– Customer Relation Office

Seorang customer service harus dapat menjalin hubungan baik dengan pelanggan atau klien. Hal seperti ini harus dilakukan supaya para pelanggan merasa dihargai dan puas pada pelayanan perusahaan, terlebih pada produk yang ditawarkan.

– Komunikator

Fungsi dari customer sebagai komunikator ialah sebagai penjawab dari semua persoalan pelanggan pada produk yang dijual oelh perusahaan. Fungsi seorang komunikator juga diharapkan bisa mengambil peranan yang lebih dari tugas pokoknya seorang customer service. Sepreti dengan menanyakan kabar pelanggan, membangun sebuha komunikasi yang baik diluar dari obrolan seputar produk dan lain sebagainya. Sebuah komunikasi yang intens juga dapat membangun hubungan emosional antara perusahaan dengan para pelanggan. Sehingga para pelanggan akan semakin setia pada produk atau jasa dari perusahaan ditempat customer servis tersebut bekerja.

Secara umum, seorang customer service harus memenuhi syarat umum, seperti :

1. Syarat Fisik

  • Memiliki penampilan yang menarik
  • Berat badan yang ideal atau tidak terlalu kurus atau tidak gemuk
  • Memiliki tinggi badan diatas rata – rata atau paling tidak proporsional
  • Sehat jasmani dan rohani

2. Syarat Mental

Seorang yang menjadi seorang customer service harus memiliki kesiapan mental yang cukup dalam hal perosonal. Ini berhubungan dengan rsa percaya diri, bangga akan provesi yang sedang di geluti, emiliki kepribadian yang baik, jujur, rendah hati, ramah dan lainnya.

3. Syarat Sosial

Soerang customer service juga di haruskan mempunyai syarat sosial yang di dalamnya mencakup :

  • Memiliki jiwa sosial
  • Mudah untuk bergaul
  • Memiliki wawasan yang laus
  • Bijaksana menghadapai segaal hal
  • Mempunyai kemmampuan negosiasi dan
  • Dapat bekerja dalam team

Sekian penjelasan dari kami tentang Pengertian, Tugas, Peran dan Fungsi Customer Service Beserta Syaratnya, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat

Baca Juga >>>


Loading...