Gejala Penyakit Jantung yang Wajib Kita Waspadai

Gejala Penyakit Jantung yang Wajib Kita Waspadai

Masterpendidikan.com – Kesehatan adalah kunci utama dalam hidup, jika tubuh tidak sehat tentunya segala aktifitas tidak bisa klita tangani dengan mudah seperti biasanya. Untuk itu, kita harus lebih memperdulikan akan sesuatu yang berkaitan dengan kesehatan. Salah satunya mengetahui gejala penyakit jantung yang wajib kita waspadai, seperti yang akan kita bahas kali ini. Berikut ulasan selengkapnya.

Sekilas Mengenai Penyakit Jantung

Jantung adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting dan memiliki fungsi untuk mengalirkan darah serta oksigen ke seluruh tubuh. Jika jantung mendapati gangguan tentunya peredaran darah dalam tubuh kita juga akan terganggu.

Penyakit jantung sendiri merupakan kondisi ketika jantung kita mengalami gangguan yang dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti gaya hidup yang tidak sehat, adanya infeksi atau bisa juga merupakan penyakit bawaan lahir.

Beberapa Gejala Penyakit Jantung

Sering kali kita menganggap sepele beberapa hal yang kita rasakan tanpa mencoba mencari tahu apa yang sedang terjadi pada tubuh kita. Padahal bisa saja itu merupakan suatu gejala penyakit serius yang sedang kita alami. Begitu pula pada penyakit jantung yang identik dengan kematian mendadak atau yang biasa kita tahu dengan serangan jantung.

Untuk mencegah dan mengantisipasi sesuatu yang buruk, ada baiknya kita mengetahui beberapa gejala yang  terjadi pada penderita penyakit jantung. Sehingga kita bisa lebih mendeteksi dini tubuh kita sendiri. Dan, adapun gejala penyakit jantung yang wajib kita waspadai adalah sebagai berikut ini.

BACA JUGA :   Manfaat Mandi Air Hangat Yang Jarang Orang Tahu

1. Sering Merasa Pusing

Jangan pernah meremehkan rasa pusing yang kamu miliki, karena itu adalah salah satu gejala penyakit jantung yang perlu kita waspadai. Terlebih jika rasa pusing tersebut sering terjadi, kemungkinan ada gangguan pada irama jantung atau aritmia. Dan tentunya kamu harus konsultasi dengan dokter secara mendalam.

2. Mudah Lelah

Biasanya kita akan merasa lelah jika beraktifitas penuh seharian, namun berbeda dengan kondisi saat tubuh merasa lelah padahal tidak melakukan aktifitas apapun. Jika kamu mengalami hal tersebut, ada baiknya kamu lebih waspada karena mudah merasa lelah adalah salah satu gejala penyakit jantung.

3. Mendengkur

Umumnya kita menganggap mendengkur saat tidur adalah hal biasa, namun nyatanya kebiasaan ini bisa jadi salah satu gejala pada penderita penyakit jantung. Sleep Apnea adalah kebiasaan mendengkur yang memiliki periode henti dan ini merupakan gejala yang juga dapat menunjukkan tidak lancarnya aliran darah dalam jantung.

4. Pegal – Pegal

Kamu perlu berhati – hati jika merasakan pegal pada tubuh terutama bagian leher dan punggung. Karena ini salah satu gejala penyakit jantung yang disebabkan penumpukan kadar kolesterol. Sehingga kamu perlu lebih waspada jika kamu ataupun salah satu anggota keluarga memiliki keluhan pegal – pegal pada bagian leher dan punggung, lebih baiknya segera periksakan ke dokter.

5. Sesak Napas

Gejala ini yang paling wajib kita waspadai, karena umumya orang yang memiliki gangguan pada jantung akan merasakan sesak napas. Hal ini terjadi karena adanya ketidaklancaran aliran oksigen pada jantung, yang mana kondisi jantung telah tertutup lemak dan biasanya ini kita sebut dengan penyakit jantung coroner.

Itulah beberapa hal yang wajib kita waspadai. Semoga dengan ini membuat kita semua lebih meningkatkan kewaspadaan pada kesehatan tubuh kita terutama jantung. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Herianto Fitriadi