14 Pengertian Analisis Menurut Para Ahli

14 Pengertian Analisis Menurut Para Ahli

14 Pengertian Analisis Menurut Para Ahli – Analisa berasal dari kata Yunani Kuno “analusis” yang memiliki arti melepaskan. Analusis terbentuk dari 2 (dua) suku kata yaitu “ana” yang berarti kembali dan “luein” yang berarti melepas. Sehingga pengertian dari analisa atau analisi yaitu suatu usaha dalam mengamati secara detail pada suatu hal ataupun benda dengan cara menguraikan komponen-komponen pembentuknya atau menyusun komponen tersebut untuk dikaji lebih lanjut. Kata analisa atau analisis sangat banyak digunakan dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan, baik itu ilmu bahasa, alam dan ilmu sosial. Didalam semua kehidupan ini sesungguhnya semua dapat dianalisa, hanya saja cara serta metode analisanya berbeda-beda pada tiap bagian kehidupan. Dan untuk mengkaji suatu permasalahan, dikenal dengan suatu metode yang sering disebut dengan metode ilmiah.

14 Pengertian Analisis Menurut Para Ahli

Pengertian Analisis Menurut Para Ahli

Terlepas dari penjelasan dari definisi Analisis diatas, ada beberapa definisi lain dari Analisis menurut beberapa ahli. Dan berikut ini kami bagikan beberapa Pengertian Analisis Menurut Para Ahli :

1. Menurut Wiradi
Menjelaskan Analisis merupakan sebuah aktivitas yang memuat kegiatan memilah, mengurai, serta membedakan sesuatu untuk digolongkan dan dikelompokkan menurut kriteria tertentu lalu dicari ditaksir makna dan kaitannya.

2. Menurut Komaruddin
Menjeaskan Analisis merupakan suatu kegiatan berfikir untuk menguraikan suatu keseluruhan menjadi komponen sehingga bisa mengenal tanda-tanda komponen, hubungan satu dengan yang lain dan fungsi masing-masing dalam satu keseluruhan yang terpadu.

3. Anne Gregory
Menjelaskan Analisis merupakan langkah pertama dari proses perencanaan.

4. Syahrul
Menjelaskan Analisis berarti melakukan evaluasi terhadap kondisi dari pos-pos atau ayat-ayat yang berkaitan dengan akuntansi serta alasan-alasan yang memungkinkan tentang perbedaan yang muncul.

BACA JUGA :   12 Pengertian Fungsi Sistem Informasi Akuntansi Menurut Para Ahli

5. Dwi Prastowo Darminto
Menjelaskan Analisis diartikan sebagai penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri, serta hubungan antar bagian untuk memperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan.

6. Effrey Liker
Menjelaskan Analisa merupakan waktu untuk mengumpulkan bukti, untuk menemukan sumber suatu masalah, yakni akarnya.

7. Hanif AL Fatta
Menjelaskan Analisa adalah tahap awal dalam pengembangan sistem yang tahap fundamental yang sangat menentukan kualitas sistem informasi yang dikembangkan.

8. Husein Umar
Menjelaskan Analisa merupakan suatu proses kerja dari rentetan tahapan pekerjaan sebelum riset di dokumentasikan melalui tahapan penulisan laporan.

9. Minto Rahayu
Menjelaskan Analisa merupakan suatu cara membagi suatu subjek ke dalam komponen-komponen; yang artinya melepaskan, menanggalkan, menguraikan sesuatu yang terikat padu.

10. Robert J. Schreiter, 1991
Menjelaskan Analisa merupakan “membaca” teks, yang melikalisasikan tanda-tanda yang menempatkan tanda-tanda itu dalam interaksi yang dinamis, serta pesan-pesan yang disampaikan.

11. Rifka Julianty
Menjelaskan Analisis merupakan sebuah penguraian pada pokok atas bagiannya dan penelaahan itu sendiri, serta hubungan antara bagian untuk mendapatkan pengertian yang tepat serta pemahaman arti keseluruhan.

12. Mohammad Afdi Nizar

Menjelaskan Analisis merupkan sebuah evaluasi tentang kondisi dari ayat-ayat yang berkaitan dengan akuntansi dan alasan yang memungkinkan suatu perbedaan yang muncul.

13. Gorys Keraf
Menjelaskan Analisa merupakan sebuah proses untuk memecahkan sesuatu ke dalam bagian-bagian yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya.

14. Kamus Akuntansi
Menjelaskan Analisis ialah melakukan evaluasi terhadap kondisi dari ayat-ayat yang berkaitan dengan akuntansi serta alasan-alasan yang memungkinkan tentang perbedaan yang muncul.

Itulah sekilas penjelasan tentang 14 Pengertian Analisis Menurut Para Ahli, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

BACA JUGA :   Perbedaan ROI, ROA dan ROE dalam Keuangan

Baca Juga >>>

You May Also Like

About the Author: Estriana Fiwka