Pengertian, Syarat dan Tujuan Taman Hutan Raya

Pengertian, Syarat dan Tujuan Taman Hutan Raya – Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang Taman Hutan Raya, Apa sih Taman Hutan Raya itu. Untuk menjawab pertanyaan tersebut silahkan simak ulasan berikut ini :

Pengertian Taman Hutan raya

Ini ialah sebuah wilayah pelestarian hutan alam dnegan tujuan untuk mengkoleksi tumbuhan atau hewan yang alami dan tidak alami, jenis asli dan tidak asli, yang dimanfaatkan untuk kepentingan umum. Kepentingan yang dilakukan dalam taman ini diantaranya ialah penelitian, pengembangan ilmu pengetahuan serta pendidikan, sebagai tempat perlindungan hewan dan tumbuhan. Selain dimanfaatkan sebagai tempat kepentingan umum, taman ini juga digunakan sebagai tempat budidaya, pariwisata, budaya dan rekreasi.

Pengertian, Syarat dan Tujuan Taman Hutan Raya

Taman ini merupakan bagian dari hutan konservasi di Indonesia yang telah diatur dalam undang-undang No. 5 tahun 1990. Taman ini memiliki beberapa kriteria suapay bisa ditetapkan sebagai taman hutan raya.

Kriteria yang Menjadi Syarat Taman Hutan Raya

– Mempunyia Ciri Khas

Suapay suatu kawasan bisa ditetapkan sebagia taman hutan raya maka harus meiliki ciri khas, ciri ini bisa asli atua buatan, keunikan atau ciri juga bisa berada dalam kawasan yang ekosistemnya masih utuh atau yang ekosistemnya sudah mengalami perubahan.

– Mempunyai Suatu Keindahan Alam

Wilayah yang dipilih menjadi taman hutan raya jika mempunyai keindahan alam, selain memiliki keindahan alam, wilayah ini juga memiliki gejala alam, seperti terdapat sumber air panas, mata air alami dan lainnya.

BACA JUGA :   5 Pengertian Iklim Menurut Para Ahli

– Wilayah Berukuran Luas

Wilayah yang dipilih memiliki luas yang cukup untuk bisa menampung bermacam tumbuhan dan satwa jenis asli wilayah tersebut atau bukan asli wilayah tersebut.

Tujuan Taman Hutan Raya

Tujuan diakannya taman huutan raya ini bukan berarti tidak memiliki maksud atau tujuan, taman ini sengaja diadakan untuk menunjang program pemerintah. Keberadan taman ini sangat diharapkan berfungsi sebagai tempat perlindungan sistem penyangga kehidupan beraneka ragam jenis tumbuhan dan hewan serta keindahan alamnya bisa dimanfaatkan sebagai tempat rekreasi.

Selain manfaat sebelumnya, keberadaan taman ini juga sebagai tempat konservasi, koleksi, edukasi serta dengan tidak langsung bisa meningkatkan taraf sosial ekonomi masyarakat yang berada disekitar taman tersebut, lebih bjelasnya tujuan pemerintah mengadakan taman ini antara lain :

– Terjaminnya Kelestarian Hutan dan Ekosistem

Ini seolah menjadi tujuan utama diadakannya taman ini, taman ini sebagai salah satu bagian dari hutan konservasi diperuntukan untuk menjaga kelestarian hutan serta ekosistem yang terdapat didalmnya, seperti keberadaan hewan dan tumbuhan supaya tidak menjadi objek perburuan liar.

– Terbinanya Koleksi Flora dan Fauna

Dikelolanya taman ini juga sebagai tempat memperbanyak jenis hewan dan tumbuhan. Dengan bertambhnya koleksi ini juga supaya tumbuhan dan hewan selalu terjaga dan terawat, perkembang biakan flora dan fauna tersebut akan terhindar dari ancaman kepunahan.

– Sumber Daya Alam

Dengan adanya taman ini, maka akan banyak sekali potensi sumber daya alam. Hewan dan tumbuhan yang ada didalamnya juga termasuk dalam sumber daya alam, khususnya sumber dya alam yang bisa diperbarui. Tanaman yang berada disana mempunyai banyak sekali fungsi, begitu juga hewan yang ada didalmnya juga banyak memiliki fungsi.

BACA JUGA :   Letak Geografis Indonesia

– Menunjang Berbagai Proses Dalam Kehidupan

Adanya taman ini sangat penting, daro pengelolaan tamannya yakni untuk menunjang bermacam-macam aktovotas manusia, aktivitas ini mrupakan aktivitas yang penting dan bermacam – macam. Contoh aktivitas yang bisa dilakukam di taman ini antara lain rekreasi, pengembangan ilmu pengetahuan, pendidikan, kegiatan budaya dan kegiatan adat istiadat masyarakat.

Sekian penjelasan dari kami tentang Pengertian, Syarat dan Tujuan Taman Hutan Raya, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>

You May Also Like

About the Author: Estriana Fiwka