Permasalahan Dari Pertambahan Penduduk Terhadap Lingkungan

Permasalahan Dari Pertambahan Penduduk Terhadap Lingkungan

Posted on

Permasalahan Dari Pertambahan Penduduk Terhadap Lingkungan – Permasalah kependudukan bukan hanya tentang angka kepadatan penduduk yang tinggi namun juga mengenai kualitas hidup penduduk. Biasanya dampak masalah kependudukan yang kita ketahui hanya mengenai tingginya angka pengangguran, meningkatnya angka kriminal dan pemukiman penduduk yang semakin padat. Namun apa kita pernah berfikir mengenai bumi dan masalah penduduk karena kepadatan penduduk dangat berpengaruh pada kelestarian alam.

Semakin banyaknya jumlah penduduk maka semakin banyak juga kebutuhan yang harus dipenuhi dan semakin banyak sumber daya alam yang dibutuhkan. Dampak pertambahan penduduk pada lingkungan dan kelestarian alam ialah:

1. Kebutuhan Air Bersih

Air merupakan hal yang sangat dibutuhkan bagi keberlangusngan kehidupan. Sebagian dari tubuh makhluk terdiri dari air. Air ialah salah satu sumber daya alam yang sangat besar manfaatnya bagi semua makhluk hidup. Selian untuk dikonsumsi, air juga kita butuhkan utnuk menjaga kebersihan badan, pakaian, lingkungan dan lainnya. Hewan dan tumbuhan juga sangat membutuhkan air.

Dengan meningkatnya jumlah penduduk maka akan menyebabkan meningkatnya kebutuhan air. Meski 2/3 dari kpermukaan bumi berupa air akan tetapi tidak semua jenis air bisa dimanfaatkan dnegan langsung oleh makhluk hidup. Karenanya persediaan air bersih itu terbatas dan dapat menimbulkan suatu masalah yang serius. Cadangan air yang berada dalam tanah semakin lama akan berkurnag karena banyaknya kawasan yang tertutp oleh beton dan aspal yang akan membuat air tidak bisa meresap ke dalam lapisan tanah ini yang mengakibatkan sering terjadinya kekurangan ar saat usim kemarau.

2. Kebutuhan Bahan Pangan

Untuk bisa bertahan hidup, manusa dan makhluk hidup lainnya membutuhkan makanan. Dengan bertambahnya populasi penduduk maka jumlah makanan yang diperlukan juga akan semakin banyak. Adanya ktidak seimbangan antara jumlah penduduk dengan bertambahnya produksi pangan sangat memberi pengaruh pada kualitas hidup manusia. Ini berakibat pada penduduk yang bisa kekurangan gizi dan bahkan kekurangan pangan. Karenanya para petani harus bekerja ekstra untuk memenuhi kebutuhan pangan yang semakin hari maka semakin banyak yang dibutuhkan.

Meningkatnya jumlah penduduk juag mengakibatkan kebutuhan pemukiman dan sarana-sarana umum terus bertambah sehingga banyak tempat pertanian yang beralih fungsi, seperti menjadi tempat tinggal atau rumah, pabrik, rumah sakit dan lian sebagainya. Karena itu maka produksi pertanian akan mengalami penurunan sehingga bahan pangan harus kita impor dan menjadikan harga meningkat lebih tinggi.

3. Udara Bersih

Setiap makhluk hidup pasti bernafas untuk keberlangusngan hidupnya. Karenanya udara bersih dan sehat sangat dibutuhkan bagi kita semua. Bagi yang tinggal di daerah perkotaan pasti mengerti bahwa jumlah kendaraan semakin meningkat dan sisa pembakaran pada mesin menyebabkan pencemaran udara.

Karenanya sangat diperlukan pelestarian tumbuhan hijau dnegan melakukan penghijauan dan melakukan reboisasi untuk membersihkan udara.

4. Kebutuhan Lahan

Jumlah kepadatan penduduk ikut mendorong peningkatan akan kebutuhan lahan, baik itu lahan untuk tempat tinggal, lahan untuk sarana penunjang kehidupan, tempat bertani, industri dan lian sebagainya. Ini mengakibatkan banyak pepohonan dihutan yang ditebang untuk bisa mendapatkan lahan seperti yang diinginkan.

Meski kegiatan ini dianggap menjadi sebuah solusi namun sesungguhnya kegiatan ini dapat merusak lingkungan hidup yang akan mengganggu keseimbangan lingkungan. Sehingga peluang untuk terjadinya kerusakan lingkungan akan meningkat dengan seiring bertambahnya kepadatan penduduk.

Itulah sekilas penjelasan tentang Permasalahan Dari Pertambahan Penduduk Terhadap Lingkungan, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>


Loading...