Hindari Makanan Ini Agar Terhindar dari Penyakit Asam Urat

Hindari Makanan Ini Agar Terhindar dari Penyakit Asam Urat

Masterpendidikan.com – Salah satu penyakit yang sudah ada sejak 2000 tahun yang lalu, adalah asam urat. Penyakit yang menyerang persendian ini sangat rentan terjadi pada lelaki usia 40 tahunan ke atas dan juga wanita yang telah menopouse dan paling sering mengenai sendi lutur, pergelangan kaki hingga jari jempol kaki.

Umumnya penyakit ini terjadi pada pria yang sudah berusia lanjut, namun ternyata penyakit ini juga dapat menimpa orang dengan tanpa memandang umur dan jenis kelamin. Penyakit ini awalnya juga hanya menunjukkan gejala ringan, namun bisa mengganggu aktivitas kita bila diabaikan. Sehingga kita tidak boleh menganggap sepele akan penyakit ini.

Tanda – Tanda Tubuh Terkena Penyakit Asam Urat

Penyakit asam urat memiliki gejala umum seperti nyeri persendian, pembengkakan pada persendian, kulit menjadi kemerahan pada area persendian yang sakit, hingga menimbulkan rasa panas da persendian. Tentunya hal ini akan sangat mengganggu keseharian kita bila penyakit ini semakin tinggi tingkat keparahannya.

Penyebab Penyakit Asam Urat

Penyakit asam urat terjadi karena disebabkan terlalu banyak asam urat pada tubuh, asam urat sendiri merupakan zat kimia yang dihasilkan oleh tubuh kita saat memecah zat purin yang masuk ke dalam tubuh saat mengonsunsi beberapa makanan tertentu. Biasanya yang menjadi alasan tingginya asam urat pada tubuh adalah faktor genetika, melakukan diet ketat dan tidak sesuai anjuran ahlinya, obesitas hingga stress.

BACA JUGA :   Pengertian Polusi dan Polutan Beserta Contohnya Lengkap

Makanan Yang Bisa Memicu Penyakit Asam Urat

Untuk menghindari dan mengurangi risiko terkena penyakit asam urat, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu makanan – makanan yang menjadi pemicu penyakit ini. Dan beberapa makanan berikut merupakan makanan yang memiliki zat purin tinggi, sehingga lebih mudah mengumpulkan asam urat pada persendian.

Kacang – kacangan

Makanan yang sering menjadi camilan ini cenderung mengandung zat purin yang tinggi, terlebih untuk kacang polong yang mengandung 5 – 100mg zat purin per 3.5 ons. Jadi, kurangilah mengkonsumsinya agar terhindar dari penyakit asam urat.

Jamur

Kandungan purin yang ada pada jamur adalah 92 – 97 gram per 100 gramnya. Jadi kamu bisa menghindari makanan ini jika ingin membatasi kadar asam urat pada tubuh kamu.

Jeroan

Hati, otak, ginjal dan jeroan hewan merupakan makanan yang paling mudah meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh, karena makanan ini mengandung tinggi zat purin. Kamu bisa mengonsumsi makanan ini dengan batasa tidak boleh melebihi 85g untuk sebulan.

Kembang kol

Salah satu jenis sayuran ini memiliki kandungan zat porin sebanyak 51g per 100g kembang kol, oleh karena itu kamu harus membatasi konsumsi ini agar bisa mengurangi potensi terkena penyakit persendian ini.

Makanan olahan yang mengandung gula tambahan

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa makanan yang mengandung gula tambahan memiliki potensi untuk menyebabkan tingginya kadar asam urat pada tubuh.

Jika kamu memang ingin terhindar dari penyakit ini, kamu bisa menghindari makanan tersebut. Karena jika sudah terkena penyakit ini, kamu akan menjadi kesulitan dalam menjalani aktivitas sehari – hari. Semoga bermanfaat dan kita semua terhindar dari penyakit yang menyerang persendian ini.

BACA JUGA :   6 Fungsi Hati Manusia

You May Also Like

About the Author: Herianto Fitriadi