Pengertian dan Fungsi dari Otot Polos Pada Tubuh Manusia

Pengertian dan Fungsi dari Otot Polos Pada Tubuh Manusia

Masterpendidikan.com – Dalam tubuh manusia, ada lebih dari 600 sistem otot yang terbagi menjadi tiga jenis yakni otot polos, otot rangka dan otot jantung. Dari ketiga jenis otot tersebut, hanya otot rangka yang bisa kita kontrol secara sadar. Sedangkan untuk otot polos dan jantung bekerja secara otomatis tanpa kita sadari. Nah, untuk kali ini, kita akan membahas mengenai pengertian dari otot polos serta fungsinya pada tubuh manusia. Mari simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Apa itu Otot Polos?

Otot polos merupakan otot yang bekerja secara otomatis tanpa kita sadari atas perintah otot dan kebutuhan tubuh. Otot polos tersebar di seluruh tubuh, mulai dari saluran pernapasan, rahim, kandung kemih dan saluran pencernaan. Bentuk dari otot polos pun berbeda dengan otot rangka maupun otot jantung. Pada umumnya otot polos membentuk jaringan pendukung pembuluh darah dan organ dalam yang berongga, misalnya seperti lambung, usus ataupun kandung kemih.

Otot polos juga tidak memiliki garis mikroskopis yang terlihat seperti pada dua jenis otot lainnya, sehingga iniah mengapa disebut dengan otot polos. Apabila jaringan otot polos diamati menggunakan mikroskop maka akan terlihat serabut homogen dan tampak polos atau tidak memiliki garis.

Ciri – ciri lainnya dari otot polos pun seperti berikut ini:

  • Selnya berbentuk gelendong yang mana pada bagian tengah menggembung dan tepinya meruncing.
  • Terletak pada bagian organ dalam.
  • Bekerja secara otomatis atau diluar kesadaran.
  • Satu sel, satu inti.
  • Memiliki tanggapan yang lambat terhadap rangsangan dan tidak cepat lelah.
BACA JUGA :   Perkembangan Janin Usia Lima Bulan
pengertian dari otot polos
pengertian dari otot polos

Fungsi dari Otot Polos

Seperti yang telah kita sebutkan, bahwa otot polos bekerja secara otomatis tanpa kita sadari sebab otot ini bekerja atas perintah otak dan kebutuhan tubuh. Oleh karena itu pula, otot polos memiliki berbagai fungsi karena tersebar dalam organ tubuh dan tergantung pada letak dan posisinya dalam tubuh. Beberapa diantaranya adalah:

  • Otot polos yang ada pada saluran pencernaan berfungsi untuk membantu perjalanan makanan.
  • Otot polos yang ada pada kandung kemih berfungsi untuk menahan dan melepaskan urine.
  • Otot polos yang ada pada mata berfungsi untuk mengubah ukuran iris dan bentuk lensa mata.

Ketiga fungsi tadi merupakan beberapa contoh dari banyaknya fungsi otot polos pada tubuh manusia. Dan pada dasarnya jaringan otot memiliki fungsi yang sama yakni sebagai alat gerak aktif, namun berbeda dengan otot polos yang berfungsi diluar kendali kita dan memberikan gerakan tanpa pengaruh tubuh.

Gangguan yang Bisa Terjadi pada Sistem Otot Manusia

Setelah kita mengetahui pengertian dari otot polos beserta fungsinya, alangkah baiknya untuk selalu menjaga kesehatan dan kekuatan otot agar tidak mengalami masalah pada sistem otot. Sebab seperti yang kita tahu bahwa otot memiliki peran penting dalam tubuh dan kelangsungan hidup kita. Ada beberapa gangguan yang bisa terjadi pada sistem otot, diantaranya adalah:

  • LMS atau Leiomyosarcima, jenis kanker ganas yang menyerang sel otot polos dan biasanya menyerang otot polos yang berada pada dinding rahim dan saluran cerna. Beberapa tanda mengalami kondisi ini adalah perut kembung, demam, pembengkakan di bawah kulit berat badan menurun hingga kelelahan.
  • Gastroparesis, gangguan pada otot polos yang berada di saluran cerna, tepatnya di lambung yang bisa membuat proses pencernaan terganggu. Beberapa tanda mengalami kondisi ini adalah mual, muntah, kembung dan mudah kenyang.
  • Gagal ginjal, otot polos yang terganggu pada sistem saluran kemih menjadi penyebab penyakit ini.
  • Aterosklerosis, gangguan pada otot polos yang berada di pembuluh darah.
BACA JUGA :   Beberapa Cara Mengatasi Mata Lelah

Penutup

Manusia mengandalkan otot dalam beraktivitas, mulai dari berdiri, berjalan, berlari, jongkok dan sebagainya. Untuk itu pula kita patut menjaga kesehatan otot agar tidak berdampak pada kesehatan tubuh. Kita bisa mengonsumi minuman yang mengandung protein guna menjaga kesehatan otot, misalnya saja Anlene Actifit yang mengandung sekitar 5000 mg protein. Selain itu, susu ini juga memiliki kandungan kalsium dua kali lipat lebih banyak dan 330 mg kolagen. Dengan begitu, otot, tulang dan sendi akan lebih sehat dan kuat.

You May Also Like

About the Author: Herianto Fitriadi