5 Makanan yang Menjadi Penyebab Diare

5 Makanan yang Menjadi Penyebab Diare

Masterpendidikan.com – 5 Makanan yang Menjadi Penyebab Diare – Hampir setiap orang pernah mengalami diare, mulai dari diare ringan hingga diare berat. Keluhan diare sering kali disertai dengan nyeri perut, perut kembung, dan demam. Bila Anda tidak cepat mengobatinya, diare dapat menyebabkan berbagai komplikasi. Salah satunya adalah dehidrasi, yaitu kekurangan cairan tubuh.

Banyak penyebab diare dari mulai gaya hidup tidak sehat hingga tanda penyakit serius. Sayangnya, banyak orang masih menganggap penyakit ini sepele. Padahal diare apabila dibiarkan tanpa pengobatan yang tepat bisa berlangsung lama dan berakhir pada komplikasi serius.

Selain gaya hidup tidak sehat, diare juga bisa disebabkan oleh makanan yang anda komsumsi. Makanan yang dapat memicu diare cenderung mengandung bahan buatan, minyak, rempah-rempah, atau stimulan. Dikutip dari Healthline, berikut sejumlah makanan yang seringkali memicu diare, yaitu:

5 Makanan yang Menjadi Penyebab Diare

Hindari makanan atau minuman berikut ini:

  1. Bumbu Pedas
  2. Pemanis Buatan
  3. Susu
  4. Kopi
  5. Bawang-bawangan.
  • Makanan yang sulit dicerna agar gejala diare tidak semakin memburuk yaitu makanan keras, mentah, banyak bumbu, pedas, banyak bumbu, dan berserat tinggi.
  • Buah dan sayur seperti brokoli jagung, dan kol yang mengandung gas.
  • Alkohol dan kafein, termasuk kopi, teh, soda, serta susu.
  • Permen karet yang mengandung sorbitol.
  • Hindari mengonsumsi susu atau produk olahan setelah gejala diare hilang selama 3 hari. Namun, Anda dapat memakan keju atau yogurt yang mengandung probiotik.

Sesuaikan Pola Makan

Pastikan anda jangan terlalu banyak makan karena bisa memaksa otot saluran cerna untuk bekerja lebih aktif. Kondisi ini justru akan memperparah diare. Disarankan untuk makan dalam porsi kecil tetapi sering. Porsi makanan utama bisa dibagi 3 dalam sehari menjadi porsi yang lebih kecil sehingga bisa 5-6 kali makan. Hal ini dilakukan tujuannya adalah untuk meringankan beban kerja usus selama diare.

BACA JUGA :   Pengertian Karbohidrat Dan Fungsinya Bagi Tubuh Lengkap

Nah, itulah cara mengatasi diare dengan makanan yang tepat. Jika belum juga sembuh, pasien harus segera memeriksakan diri ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

You May Also Like

About the Author: admin