Pengertian, Fungsi dan Manfaat Google Drive

Pengertian, Fungsi dan Manfaat Google Drive

Masterpendidikan.com – Pastinya Google Drive tidak akan asing lagi bagi pengguna perangkat smartphone. Selain dapat kita gunakan pada smartphone, layanan milik google ini juga dapat kita akses melalui komputer ataupun web. Tempat penyimpanan yang dapat kamu akses secara online ini sudah memiliki banyak pengguna karena pengoperasiannya yang mudah. Cepat dan memiliki ruang penyimpanan yang sangat besar.  Namun, selain untuk penyimpanan, Google Drive ternyata memiliki fungsi dan manfaat lainnya yang tentunya perlu kamu ketahui. Dan berikut ulasan lebih lanjutnya mengenai pengertian, fungsi dan manfaat Google Drive.

Apa itu Gogle Drive?

Google Drive merupakan layanan untuk menyimpan file ataupun dokumen secara online dan berbasis cloud yang milik Google yang telah diperkenalkan dan dikembangkan sejak 24 April 2012. Google Drive memungkinkan kita untuk menyimpan berbagai macam file seperti gambar, audio, video ataupun dokumen lainnya dengan kapasitas gratis yang diberikan sebesar 15 GB.

Layanan Google Drive ini juga merupakan pengganti fitur Google Docs. Sehingga URL yang biasanya kamu gunakan untuk mengakses Google Docs sekarang sudah beralih dan secara otomatis masuk ke menu atau fitur Google Drive. Layanan satu ini juga memungkinkan penggunanya untuk membuat slide presentasi, mengedit gambar, mengetik data dan lain sebagainya.

BACA JUGA :   Pengertian Pramuka serta Sejarah Pramuka di Dunia dan Indonesia

Fungsi dari Google Drive

Google drive memiliki beberapa fungsi lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh para penggunanya, seperti berikut ini yang perlu kamu tahu.

Sebagai Penyimpan Data

Ini merupakan fungsi utama dari layanan Google Drive yakni, kamu dapat menyimpan berbagai file dalam bentuk gambar, foto, desain, cerita, video, dan lainnya.

Bisa Mengedit dan Membuat Dokumen

Selain untuk penyimpanan data, layanan ini juga memungkinkan kamu untuk membuat dokumen baru dan mengedit dokumen yang kamu simpan sebelumnya.

Dapat diakses kapan dan dimana saja

Layanan Google Drive ini juga dapat kamu akses menggunakan berbagai macam perangkat seperti smartphone, laptop ataupun tablet. Bahkan kapanpun kamu dapat mengakses layanan ini asalkan terhubung dengan internet.

Dapat terhubung dengan fitur google lainnya

Dengan layanan ini kamu juga dapat terhubung dengan layanan atau fitur google lainnya seperti Gmail, Google Plus, Google Broswer dan lainnya. Sehingga kamu bisa mensinkronisasikan file yang kamu simpan di Google Drive secara otomatis pada Google Plus misalnya.

Dapat membagikan file dan folder yang ada

Layanan ini juga memungkinkan kamu untuk membagikan file dan folder yang ada kepada orang lain. Sehingga orang lain dapat juga melihat, dan mengunduh file tersebut tanpa perlu kamu bagikan lagi menggunakan lampiran yang ada pada email.

Manfaat Google Drive

Selain memiliki fungsi yang mempermudah kita dalam penyimpanan data, Google Drive juga memiliki manfaat yang tentunya dapat kamu nikmati seperti berikut ini:

Untuk file dengan ukuran yang besar

jika kamu sering berbagi file dengan ukuran besar, kamu bisa menggunakan Google Drive. Karena dengan layanan ini, kamu bisa membagikan file tersebut hanya dengan menggunakan link atau tautan yang dapat penerima buka kapan dan dimanapun.

BACA JUGA :   20 Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Untuk membackup data

Dengan Google Drive, kamu juga dapat membackup segala data atau file yang penting seperti ijazah, transkip nilai dan lainnya tanpa khawatir adanya virus yang mengkontaminasi.

Sebagai penerjemah file

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Google Drive ini juga dapat terhubung dengan fitur Google lainnya. Jadi kamu juga dapat terintegrasi dengan Google Translate untuk menerjemahkan file kamu.

Sebagai Hosting Website

Kamu juga bsia memanfaatkan Google Drive untuk mendapatkan hosting dengan gratis yang tentunya ini sangat perlu khususnya untuk kamu yang merupakan Web Developer.

Demikianlah ulasan singkat mengenai pengertian, fungsi dan manfaat dari Google Drive yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat dan dapat menambah informasi khususnya bagi kamu yang sedang memerlukan.

You May Also Like

About the Author: Herianto Fitriadi