10 Dasa Darma Pramuka Beserta Contohnya

10 Dasa Darma Pramuka Beserta Contohnya

Masterpendidikan.com – Bagi kamu yang seorang anak peramuka tentu sudah sering mendengar kata dasa darma. Namun, untuk kita yang masih awam tentu kita akan bingung ketika mendengar kata itu. Untuk itu kali ini kita akan membahas mengenai Dasa Darma Pramuka Beserta Contohnya.

Pertama tentu kita harus tau pengertian pramuka dahulu. Pramuka adalah sebuah perkumpulan atau organisasi nonformal, perkumpulan ini nantinya akan menyelenggarakan pendidikan kepanduan khususnya di Indoensia.

Dasa Darma Pramuka Beserta Contohnya

Lantas apa itu dasa darma pramuka ? Ialah kumpulan sikap atau perbuatan yang wajib di miliki oleh anggota pramuka itu sendiri. Jadi sikap apa saja yang harus ada pada para anggota pramuka? Berikut penjelasannya.

10 Dasa Darma Pramuka Beserta Contohnya
10 Dasa Darma Pramuka Beserta Contohnya

Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

Pertama, adalah kita harus bertaqwa kepada tuhan yang maha esa. Karena menurut undang-undang dan pancasila yang ada, seluruh warga indonesia di wajibkan untuk memeluk agama yang di akui.

Cinta Alam dan kasih sayang sesama manusia

kegiatan pramuka hampir seluruhnya berada di alam dan berkelompok. Karena itu, setiap anggota pramuka wajib memiliki sikap cinta alam dan kasih sayang antar sesama.

Patriot yang sopan dan ksatria

Menjadi seorang putra dan putri yang terus mengabdi, berbaaksi dan selalu membela ib pertiwi. Serta, memahami dan menghormati lambang negara seperti lagu kebangksaan, sangsaka merah putih.

BACA JUGA :   Manfaat Keanekaragaman Hayati Bagi Manusia

Patuh dan suka bermusyawarah

Musyawarah merupakan ciri khas dari penduduk Indonesia, dan juga patuh. Untuk itu anggota pramouka harus menjadi orang yang selalu menepati janji, tidak melanggar aturan, dan selalu menghargai pendapat orang lain.

Rela menolong dan tabah

Sikap ini wajib di miliki oleh seleuruh manusia khususnya rakyat Indoensia. Dan tentunya anggota pramuka. Karena kita merupakan makhluk sosial, jadi kita akan selalu membutuhkan pertolongan orang lain dan juga harus menolong orang lain.

Rajin, terampil dan gembira

Untuk menjadi individu yang unggul, kita harus menjadi orang yang rajin dalam hal apapun. Serta terampil dan gembira. Dengan demikian kita akan dapat selalu menyelesaikan hambatan yang ada di depan dengan baik.

Hemat, cermat dan bersahaja

Point di atas adalah cerminan untuk perbuatan yang selalu tidak membuang-buang waktu, selalu melalukan hal dengan benar dan tidak ceroboh, dan tentunya membiasakan diri untuk menabung.

Disiplin, berani, dan setia

Memiliki sifat yang selalu taat aturan, serta keberanian dalam membela dan melakukan hal yang benar. Dan selalu menjadi individu yang sangat patuh dengan pertimbangan diri sendiri serta keyakinan.

Bertanggung jawab dan dapat dipercaya

Hal yang harus dimiliki oleh semua individu adalah bertanggung jawab dan dapat dipercaya, dan tentunya sikap ini wajib ada pada setiap anggota pramuka.

Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan

Dan untuk dasar darma yang terakhir adalah selalu memikirkan akibat serta hikmah dari apa yang akan kitaperbuat atau kita katakan. Selalu menghindari melakukan atau mengatakan hal ayng menyakiti orang lain.

Demikianlah artikel yang berisikan informasi mengenai Dasa Darma Pramuka Beserta Contohnya, semoga dapat membantu kamu.

BACA JUGA :   Pengertian Pencemaran Tanah dan Dampaknya Lengkap

You May Also Like

About the Author: yudha