Manfaat Mandi Air Dingin Untuk Tubuh

Manfaat Mandi Air Dingin Untuk Tubuh

Masterpendidikan.com – Umumnya kita sering mendengar mengenai tempat pemandian air panas yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Padahal, tidak hanya air panas yang memiliki manfaat, air dingin pun demikian. Dan jika kamu sering enggan untuk mandi air dingin saat baru bangun tidur di pagi hari, maka perlu untuk mengetahui manfaat dari mandi air dingin untuk tubuh. Berikut penjelasan lebih lanjutnya.

Beberapa Manfaat Mandi Air Dingin

Banyak orang yang tidak mau mandi menggunakan air dingin, salah satu alasannya karena dapat membuat tubuh menggigil. Padahal, mandi dengan air dingin memiliki manfaat yang tak kalah menguntungkan jika kita bandingkan dengan mandi menggunakan air panas. Berikut beberapa manfaat mandi air dingin yang perlu kamu ketahui.

  1. Mampu mencegah stres

Mandi dengan air dingin ternyata mampu menurunkan hormon kortison yang mana merupakan hormon yang lepas saat seseorang merasakan stres. Sehingga dapat kita artikan, mandi dengan air dingin mampu meredakan dan mencegah stres.

  1. Mampu meredakan rasa nyeri

Pada tahun 2014, penelitian menyimpulkan bahwa mandi dengan air dingin mampu memicu respons SIA atau Stres Induced Analgesia. Yakni respons turunnya rasa nyeri pada tubuh saat terkena air dingin.

  1. Mampu meningkatkan metabolisme tubuh

Dengan mandi air dingin 2 hingga 3 kali seminggu, dipercaya mampu meningkatkan daya metabolisme tubuh. Bahkan air dingin juga sudah terbukti dapat melepaskan hormon tertentu hingga mampu melancarkan sistem pencernaan dan menurunkam berat badan.

  1. Mampu meningkatkan rasa kewaspadaan

Sering kali saat kita mandi air dingin, tubuh kita measa dingin hingga menggigil. Padahal ini merupakan pertanda impuls listrik menuju otak yang akhirnya meningkatkan kewaspadaan kita.

  1. Melindungi tubuh dari penyakit
BACA JUGA :   Struktur Otak Manusia

Saat kita mandi menggunakan air dingin, sel darah putih kita pun ikut terangsang dan inilah yang menjadi pelindung tubuh dari segala macam penyakit. Bahkan sebuah penelitianpun mengatakan tubuh akan lebih kuat jika mandi dengan air dingin.

Resiko Mandi Air Dingin

Meski memiliki banyak manfaat, namun bila terlalu lama kita mandi dengan air dingin maka akan menimbulkan resiko. Terlebih jika suhu sudah mencapai dibawah 32.2 derajat celsius, maka gejala lainnya pun akan muncul, seperti:

  • Detak jantung jadi tidak teratur.
  • Tekanan darah menurun.
  • Lemahnya pernapasan.

Namun, selamat kamu tidak berlama – lama mandi di bawah air dingin dan menjaga temperatur suhu, maka tidak perlu khawatir dengan resiko tersebut. Karena kamu hanya akan mendapatkan manfaat kesehatan bagi tubuh.

Itulah beberapa hal yang perlu kita ketahui. Bagaimana? Masih enggan untuk mandi menggunakan air dingin?

You May Also Like

About the Author: Herianto Fitriadi